Manfaat VItamin B11 dan Sumber Bahannya


Manfaat VItamin B11 dan Sumber Bahannya

Manfaat VItamin B11 dan Sumber Bahannya. Vitamin B11 bagian dari vitamin B komplek yang memiliki peran penting dalam sintesis RND dan DNA. Menurut Dr Yuneldi, SpS harus mengonsumsi vitamin neurotopik dimana vitamin ini terdiri dari B11, vitamin B6 dan B12. Semua vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga dan menormalkan fungsi saraf dengan memperbaiki gangguan metabolisme sel saraf dan memberikan asupan gizi yang dibutuhkan supaya saraf dapat berkerja dengan baik.

Vitamin B11 (asam Pteryl-hepta-glutamic) merupakan bentuk Vitamin B9 (asam folat), satu dari lima folat yang diperlukan untuk manusia, dan sekarang dikenal sebagai faktor pertumbuhan growth anak ayam. Vitamin B11 juga disebut asam salisilat, berasal dari vitamin B9. Ini adalah folat esensial yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja dengan baik. Tidak banyak informasi tersedia tentang vitamin B ini. Kita tahu bahwa itu terlibat dengan metabolisme lemak dan protein. Ini juga penting untuk produksi sel darah merah.

Vitamin B11 berperan dalam perawatan jerawat. Manfaat vitamin B11 ini dapat mengurangi jerawat. Di samping itu, vitamin B11 ini juga penting bagi janin karena dapat membantu perkembangan saraf pada janin. Ibu menyusui juga bagus mengonsumsi asupan vitamin B11 karena dapat meningkatkan produksi air susu. Manfaat vitamin B11 selain berperan dalam sintesis RNA dan DNA juga berperan terhadap pembentukan sel darah merah.

Asam folat merupakan salah satu dari sedikit vitamin yang tidak selalu cukup bagi Belanda untuk masuk, terutama wanita hamil. Asam folat juga disebut vitamin B11. Folat terjadi secara alami pada sayuran, terutama varietas hijau, produk gandum, roti, daging, dan susu. Dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi, siapa pun dapat memperoleh asam folat yang cukup, kecuali wanita hamil.

Asam salisilat (asam ortohidroksibenzoat) merupakan asam yang bersifat iritan lokal, yang dapat digunakan secara topikal. Terdapat berbagai turunan yang digunakan sebagai obat luar, yang terbagi atas 2 kelas, ester dari asam salisilat dan ester salisilat dari asam organik. Di samping itu digunakan pula garam salisilat. Turunannya yang paling dikenal asalah asam asetilsalisilat.

Asam salisilat mendapatkan namanya dari spesies dedalu (bahasa Latin: salix), yang memiliki kandungan asam tersebut secara alamiah, dan dari situlah manusia mengisolasinya. Penggunaan dedalu dalam pengobatan tradisional telah dilakukan oleh bangsa Sumeria, Asyur dan sejumlah suku Indian seperti Cherokee. Pada saat ini, asam salisilat banyak diaplikasikan dalam pembuatan obat aspirin.

Salisilat umumnya bekerja melalui kandungan asamnya. Hal tersebut dikembangkan secara menetap ke dalam salisilat baru. Selain sebagai obat, asam salisilat juga merupakan hormon tumbuhan.

Manfaat Vitamin B11

Apa saja manfaat vitamin B11? Berikut liputannya :

  1. Merawat jerawat
  2. Berguna dalam sintesis RND dan DNA
  3. Menjaga dan menormalkan fungsi saraf
  4. Memperbaiki gangguan metabolisme sel saraf
  5. Sebagai faktor pertumbuhan anak ayam
  6. Terlibat dalam dengan metabolisme lemak dan protein
  7. Berperan dalam pembentukan sel darah merah
  8. Meningkatkan produksi ASI
  9. Membantu meningkatkan keinginan untuk makan bagi mereka yang kehilangan nafsu makan
  10. Bertindak sebagai penekan rasa sakit
  11. Meningkatkan kekebalan pada anak-anak
  12. Membantu dalam perang melawan kanker
  13. Berperan dalam pembentukan otak dan sumsum tulang belakang pada janin selama embriogenesis
  14. Berperan dalam proses pembelahan sel
  15. Untuk membantu perkembangan sistem saraf janin
  16. Merupakan elemen penting dari tubuh darah merah dan plasma darah.
  17. Asam salisilat bermanfaat dalam pengobatan psoriasis, jagung, ketombe, kapalan, kutil, dan banyak lagi penyakit kulit lainnya.

Sumber Vitamin B11

Berikut contoh bahan sebagai sumber vitamin B11 :

  1. Dading binatang
  2. Kuning telur
  3. Hati
  4. Unggas
  5. Jeruk
  6. Kentang
  7. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dll.
  8. Biji-bijian
  9. Gula tetes
  10. Telur
  11. Yogurt
  12. Bibit gandum

Baca Juga :

Setelah membaca manfaat vitamin B11 diharapkan Anda semakin yakin akan pentingnya menjaga kesehatan.