Manfaat Vitamin B9 Asam Folat untuk Anemia


Manfaat Vitamin B9 Asam Folat untuk Anemia

Manfaat Vitamin B9 Asam Folat untuk Anemia. Anemia atau penyakit kekurangan darah menjadi momok bila tidak segera di atasi. Anemia berhubungan erat dengan asupan vitamin B9. Dimana kondisi ini ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Penyakit anemia terjadi ketika hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup, seperti protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah. Protein ini membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Apa manfaat vitamin B9? Dalam gangguan anemia maka gejala awal adalah mudah lelah. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi asupan vitamin B9 tiap hari. Vitamin B9 memiki nama lain yaitu asam folat. Vitamin ini sangat berguna pada tubuh dan harus dipenuhi secara cukup. Kegunaan asam folat selain untuk kasus anemia juga banyak hal dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selain anemia vitamin b9 sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Sedangkan bentuk sintesisnya disebut dengan asam folat. Karena vitamin B9 sangat penting untuk ibu hamil dan perkembangan janin, dokter kandungan biasanya menyarankan untuk mengonsumsi vitamin B9 dalam bentuk makanan sehat sumber folat maupun suplemen asam folat.

Mengenal Asam Folat

Asam folat (bahasa Inggris: folic acid, folate, folacin, vitamin B9, vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid) adalah vitamin yang larut air. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homoSistein. Vitamin ini terutama penting pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan asam folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun).

Asam folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects, NTDs) pada bayi, yaitu spina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (kelainan di mana otak tidak terbentuk). Dengan asupan asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan yaitu sekitar 0.4 – 0.8 mg per hari, risiko timbulnya NTDs pada bayi dapat diturunkan hingga 80 %.

Wanita yang berencana hamil perlu mengonsumsi asam folat secara cukup, minimal 4 bulan sebelum kehamilan karena kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (neural tube deffect).

Manfaat Vitamin B9

Berikut manfaat vitamin B9 yang perlu diketahui :

  1. Manfaat vitamin B9 adalah membantu dalam replikasi DNA
  2. Membantu kelancaran metabolisme vitamin
  3. Berguna dalam metabolisme asam amino
  4. Membentuk sel darah merah
  5. Membentuk sistem saraf janin bagi ibu hamil dalam perkembangannya

Contoh Makanan Kaya Vitamin B9

Contoh yang gampang adalah sayuran berdaun seperti bayam, lobak cina, kacang kering dan kacang polong, sereal, biji bunga matahari serta buah-buahan dan sayuran tertentu seperti kentang, tomat, jeruk, adalah sumber yang kaya akan folat. Telur, hati, dan produk-produk gandum juga termasuk bahan makanan yang mengandung banyak asam folat.

Perlu diketahui asam folat sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen dan suhu tinggi. Karna dia juga cepat larut dalam air, jika bahan makanan yang mengandung asam folat dicuci, maka sering terjadi asam folatnya akan hilang terbawa dengan air. Maka itu juga sering orang kekurangan Vitamin B9. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi sayur-sayur yang mengandung asam folat untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah seperti di salad.

Berikut ini berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B9 diantaranya sebagai berikut :

  1. Kacang polong
  2. Kacang hijau
  3. Kentang
  4. Sereal
  5. Asparagus
  6. Bayam
  7. Buncis
  8. Brokoli
  9. Hati
  10. Kubis

Baca Juga :

Manfaat vitamin B9 atau asam folat erat kaitannya dengan pola hidup sehat yaitu sadar gizi. Ketika dengan pengetahuan kecil sebagaimana manfaat vitamin B9 maka akan menjadikan setiap kita mampu secara mandiri menjaga kesehatan.