Manfaat Vitamin B5 dan Contoh Asupannya


Manfaat Vitamin B5 dan Contoh Asupannya

Manfaat Vitamin B5 dan Contoh Asupannya. Vitamin B5 jarang diketahui publik baik secara literasi dan nama familiarnya. Ini bisa dilihat dalam kurikulum pendidikan jenjang SMP-SMA sederajat yang biasanya lebih mengenal vitamin jenis C, A, D, dan E. Lain halnya dengan yang sudah dikenal masyarakat apa kegunaan vitamin b5 dan contoh asupan gizi untuk memenuhi vitamin b5?

Istilah vitamin B5 lainnya adalah asam pantotenat dan pantotenat. Asam ini sangat penting untuk menjaga agar tubuh menjadi sehat. Seperti semua vitamin B kompleks, B5 juga membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Dengan dicukupinya vitamin ini maka tubuh manusia akan terjaga secara baik.

Diliput dalam sumber terpercaya, asam pantotenat (vitamin B5) merupakan salah satu jenis vitamin golongan vitamin B kompleks yang bersifat larut dalam air. Vitamin ini pertama kali ditemukan pada tahun 1933. Di dalam tubuh, asam pantotenat berperan sebagai koenzim A (CoA) yang berperan vital dalam banyak metabolisme pelepasan energi. (wikipedia)

Asam pantotenat dapat ditemukan pada banyak jenis makanan karena pada dasarnya hampir semua makhluk hidup membutuhkannya.[butuh rujukan] Beberapa contoh sumber makanan yang banyak mengandung vitamin ini adalah ragi, kuning telur, brokoli, dan hati. Sumber makanan lain yang juga mengandung vitamin B5 adalah daging ayam, ikan, susu, kacang-kacangan, avokad, dan ubi. Konsumsi asam pantotenat yang dianjurkan perhari adalah 4-7 mg. Koloni bakteri diusus (Enterobakter) juga dapat mensintesis asam pantotenat dalam jumlah sedikit.

Manfaat Vitamin B5 dan Contoh Asupannya

Apa manfaat vitamin B5 yang jarang diketahu publik? Berikut ulasan singkatnya.

  1. Berperan dalam pembentukan sel darah merah
  2. Membentuk hormon yang berhubungan dengan stres dan hormon seks
  3. Mempertahankan saluran pencernaan yang sehat
  4. Memproses vitamin lain, terutama B2 (riboflavin)
  5. Berguna dalam mensintesis kolesterol.

Manfaat vitamin b5 lainnya adalah memperbaiki gejala yang berhubungan dengan ADHD, arthritis, kinerja atletik, masalah kulit, alkoholisme, alergi, rambut rontok, asma, masalah jantung, sindrom carpal tunnel, gangguan paru-paru, saraf kerusakan, radang usus besar, infeksi mata, kejang-kejang, gangguan ginjal, ketombe, depresi, masalah diabetes, fungsi kekebalan tubuh, sakit kepala, hiperaktif, tekanan darah rendah, insomnia, mudah tersinggung, multiple sclerosis, distrofi otot, dan kram otot.

Contoh Asupan Vitamin B5

Contoh vitamin B5 dari beragam jenis makanan terutama sayuran semisal :

  • Brokoli
  • Kubis
  • Ubi
  • Sereal gandum

Makanan lainnya :

  • jamur
  • kacang-kacangan
  • biji-bijian
  • kacang polong
  • daging
  • daging unggas
  • produk susu
  • telur

Baca Juga :

Manfaat vitamin B5 akan menjadi dasar pengetahuan yang baik dalam setiap aktivitas manusia. Dengan memahaminya maka diharapkan kita akan terjauh dari penyakit akan kekurangannya. Cek juga manfaat vitain B4 di laman ini.