Manfaat Ceri untuk Nyeri Otot, Khasiat Buah Cerasus untuk Tubuh


Manfaat Ceri untuk Nyeri Otot, Khasiat Buah Cerasus untuk Tubuh

Manfaat Ceri untuk Nyeri Otot, Khasiat Buah Cerasus untuk Tubuh. Buah Ceri memiliki bentuk bulat, kecil, dan berwarna merah umumnya. Buah ini sering menjadi pelengkap aneka masakan seperti roti, sop buah, dan lainnya. Ceri menjadi buah yang mampu mengatasi keluhan nyeri otot. Di balik kandungannya yang kaya gizi membuat ceri memiliki daya tarik tersendiri. Walau tidak semua orang menyadari bahwa ceri bisa meringankan nyeri otot yang diderita.

Manfaat ceri untuk nyeri otot kali ini diulas lebih panjang mulai dari perkenalan ceri itu sendiri, kandungan yang ada di dalam ceri, dan khasiat buah ceri dalam mengatasi nyeri otot. Dalam takaran kandungannya per satu cangkir atau sekitar 21 buah ceri mengandung 100 kalori dan 15 persen dari kebutuhan vitamin C harianmu.

Ceri merupakan pohon yang sangat disukai di Jepang dan bunganya disebut sakura. Ceri adalah kelompok tumbuhan maupun buahnya anggota marga Prunus. Ceri tidak mencakup satu jenis saja, tetapi ada beberapa, seperti P. cerasus, P. avium, dan P. emarginata.

Pada awal musim semi, di saat bunga ceri bermekaran, orang-orang berpiknik di taman-taman yang ditumbuhi pohon ini. Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, sedangkan di Amerika dan Eropa selatan pada bulan Juni. Produksi di seluruh dunia saat ini tiga juta ton per tahun. Selain itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan makanan atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Selain itu, rutin mengkonsumsi buah ceri setiap hari dapat menurunkan jumlah kadar asam urat dalam tubuh, bahkan dapat menyembuhkan pirai.

Manfaat Ceri untuk Nyeri Otot

Hasil research terbaru di Inggris menerangkan bahwa orang yang minum 100 gram atau satu gelas jus ceri dua kali sehari selama 10 hari, mampu lebih cepat menghilangkan nyeri otot usai olahraga. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung anti-inflamasi dan antioksidan.

Menurut hasil research yang dilakukan oleh Oregon Health dan Sciene University di Amerika menunjukkan bahwa atlet yang minum jus ceri sebelum lari jarak jauh, ternyata lebih sedikit mengalami nyeri otot setelah lomba dibandingkan dengan yang tidak minum jus ceri.

Kaitannya asam urat buah ceri dapat menjadi cara untuk mengatasinya. Menurut penelitian Human Nutrition Research Center di University of California menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi 280 gram tart ceri mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sebanyak 15 persen dalam semalam.

Studi lain tentang asam urat yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism meneliti sebanyak 633 partisipan penderita asam urat yang dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 20 ceri dalam sehari selama dua hari. Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi ceri 35 persen berisiko rendah terkena asam urat.

Ketika ceri dikombinasikan dengan allopurinol – obat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah, ini mampu menurunkan risiko serangan asam urat sebanyak 75 persen lebih rendah.

Baca Juga:

Demikian manfaat ceri untuk nyeri otot baik karena aktivitas olah raga atau efek samping dari asam urat yang berlebih. Silakan segera kunjungi dokter bila memang dibutuhkan. Menjaga diri dari pola hidup sehat akan menambah kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.