5 Cara Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi


5 Cara Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi

5 Cara Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi. Memasuki musim penghujan banyak anak dan bayi yang terserang flu. Perubahan cuaca yang sigifikan menjadi penyebab utama berbagai masalah kesehatan pada bayi dan anak-anak seperti flu, demam, hidung tersumbat, radang tenggorokan, ingusan dan masih banyak lagi. Saat hidung bayi tersumbat pastinya membuat bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya bayi menjadi uring-uringan.

Sebagai orang tua sebaiknya tidak mengabaikan perubahan pada sikecil terutama masalah kesehatannya. Hidung tersumbat adalah penyumbatan saluran hidung biasanya karena selaput yang melapisi hidung menjadi bengkak karena pembuluh darah yang meradang. Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai cara mengatasi batuk pilek pada anak dan dewasa dengan menggunakan bahan alami.

Hidung tersumbat memiliki banyak penyebab dan dapat berkisar dari gangguan ringan hingga kondisi yang mengancam jiwa. Kebanyakan orang lebih suka bernafas melalui hidung (secara historis disebut sebagai ” nafas hidung wajib “).  Hidung tersumbat pada bayi dalam beberapa bulan pertama kehidupan dapat mengganggu pemberian ASI dan menyebabkan gangguan pernapasan yang mengancam jiwa; pada anak-anak yang lebih besar dan remaja sering hanya gangguan tetapi dapat menyebabkan kesulitan lain.

Hidung tersumbat dapat mengganggu pendengaran dan bicara. Kemacetan yang signifikan dapat mengganggu tidur, menyebabkan mendengkur , dan dapat dikaitkan dengan sleep apnea atau sindrom saluran napas atas. Pada anak-anak, hidung tersumbat akibat kelenjar gondok membesar menyebabkan apnea tidur kronis dengan kadar oksigen dan hipoksia yang tidak mencukupi, serta gagal jantung sisi kanan. Masalahnya biasanya sembuh setelah operasi untuk menghilangkan adenoid dan amandel , namun masalahnya sering kambuh di kemudian hari karena perubahan kraniofasial dari hidung tersumbat kronis.

5 Cara Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi

Bayi biasanya jauh lebih sering terkena pilek daripada orang dewasa. Gejala pilek yang dialami Si Kecil, di antaranya hidung tersumbat, bersin, dan demam. Namun, khusus untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, ada 5 langkah yang bisa anda terapkan untuk melegakan hidung tersumbat bayi dan bayi kembali ceria lagi.

Simak juga: manfaat kapulaga untuk kesehatan dan juga manfaat lada hitam untuk mengatasi tukak lambung secara alami.

  1. Buang lendir dari hidung

Jika bayi Anda berusia di bawah 6 bulan, Anda dapat menggunakan alat seperti penyedot ingus bayi untuk membuang lendir dari hidung Si Kecil secara perlahan. Cara ini relatif mudah dilakukan, namun bayi dengan usia yang lebih tua mungkin akan lebih rewel saat menggunakan alat ini.

  1. Menghilangkan kerak lendir

Ketika hidung bayi tersumbat, Anda mungkin akan melihat lendir yang telah kering dan berkerak di dalamnya. Bersihkan lendir tersebut dengan kassa steril dan air hangat untuk mengatasi hidung mampet pada bayi. Lakukanlah secara perlahan untuk mencegah iritasi pada kulit bayi. Selain itu pembersihan lubang hidung akan membuat bayi nyaman, karena bayi akan bernafas dengan leluasa.

  1. Menghirup uap hangat

Jika Anda tidak punya humidifier, Anda bisa menggunakan air mendidih dalam baskom atau wadah lainnya agar bayi bisa menghirup uap hangat tersebut. Biarkan Si Kecil menghirup uap selama beberapa menit agar hidung tersumbatnya bisa hilang. Namun, hati-hati saat melakukan hal ini, pastikan anak tidak terkena air panas tersebut.

Baca Juga:

4. Pastikan bayi tetap terhidrasi

Menjaga tubuh Si Kecil tetap terhidrasi dapat mengurangi lendir di hidungnya sehingga masalah hidung tersumbat pada bayi dapat diatasi, tetap susui bayi dan pada bayi yang sudah MPASI Anda dapat memberikan air putih.

  1. Pastikan bayi istirahat dengan cukup

Tindakan ini akan membantu mengalirkan lendir dalam hidung. Dorong Si Kecil untuk melakukan hal-hal yang melelahkan, seperti bermain ayunan misalnya, sampai ia mengantuk sehingga Anda bisa menidurkannya.

Untuk membantu bayi bernapas dengan nyaman ketika tidur, usahakan agar posisi tidur bayi mempermudah lendir mengalir keluar dari hidungnya. Anda juga dapat menyangga kepala bayi saat tidur dengan selimut atau bantal, guna mempermudah Si Kecil bernapas. Pastikan Anda selalu mengawasinya.

Simak Juga:

Hidung tersumbat juga dapat menyebabkan sakit wajah dan kepala ringan , dan tingkat ketidaknyamanan, sering karena alergi atau pilek. Selalu jaga kesehatan buah hati agar terhindar dari berbagai penyakit menular seperti flu, flu singapura, demam atau batuk pilek.