Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya


Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya

Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya. Latihan Kegel , juga dikenal sebagai latihan dasar panggul , melibatkan kontraksi berulang-ulang dan mengendurkan otot – otot yang membentuk bagian dari dasar panggul , sekarang kadang-kadang secara sehari-hari disebut sebagai “otot Kegel”. Latihan ini dapat dilakukan berkali-kali setiap hari, selama beberapa menit pada satu waktu, tetapi perlu satu hingga tiga bulan untuk mulai memberikan efek.

Senam Kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah bermanfaat untuk memperbaiki kondisi yang dapat menurunkan kekuatan otot panggul bawah, seperti persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, serta operasi dapat menurunkan fungsi serta kekuatan otot panggul bawah.

Senam Kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini bermanfaat mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar. Senam ini memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah mengurangi risiko terjadinya ruptur perineum.

Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya

Latihan Kegel bertujuan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul. Otot-otot ini memiliki banyak fungsi di dalam tubuh manusia. Pada wanita, mereka bertanggung jawab untuk: mengangkat kandung kemih manusia, mencegah inkontinensia stres urin (terutama setelah melahirkan), prolaps vagina dan uterus. Pada pria, otot-otot ini bertanggung jawab untuk: kontinensia, kontinensia feses, dan ejakulasi . Ada beberapa alat untuk membantu latihan ini, meskipun berbagai penelitian memperdebatkan keefektifan relatif alat yang berbeda dengan latihan tradisional.

Manfaat senam Kegel bagi wanita

  • Merapatkan vagina setelah proses persalinan normal.
  • Mempercepat pemulihan vagina setelah episiotomi (gunting vagina saat melahirkan). Pasalnya, senam Kegel bisa meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke area vagina. Darah yang mengandung oksigen dan berbagai nutrisi sangat diperlukan untuk meregenerasi beragam sel dan jaringan vagina yang mengalami kerusakan akibat episiotomi.
  • Membantu mengatasi wasir (ambeien), terutama setelah melahirkan lewat vagina. Ini lantaran Kegel bisa melancarkan peredaran darah menuju dubur dan vagina.
  • Mengencangkan vagina yang sudah mengendur, misalnya pada saat wanita memasuki usia menopause. Manfaat ini bisa membantu mewujudkan performa seksual yang lebih memuaskan.
  • Membantu mengatasi gejala-gejala prolaps organ panggul. Prolaps organ panggul yaitu kondisi saat otot dan ligamen yang menopang organ-organ di area panggul melemah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian oleh para ahli dari Norwegia tahun 2012. Penelitian ini dimuat dalam Journal of Urology.

Baca Juga :

Manfaat senam Kegel untuk pria/Laki laki

  • Membantu meredakan inkontinensia urine. Inkontinensia urine adalah kondisi sulit menahan buang air kecil atau selalu merasa ada desakan untuk buang air kecil, baik pada pria maupun wanita. Keberhasilan Kegel untuk mengatasi masalah ini pernah dibahas dalam sebuah penelitian tahun 2009 yang telah dikupas tuntas oleh Cochrane, yaitu organisasi internasional yang bergerak dalam bidang informasi medis.
  • Melancarkan peredaran darah sehingga penis bisa ereksi lebih kuat saat berhubungan seks. Sebuah tim ahli dari Israel menemukan bahwa latihan otot panggul bawah ini bisa membantu pria dengan disfungsi ereksi (impotensi) agar bisa mempertahankan ereksinya. Para ahli meyakini bahwa latihan ini bisa membantu mengendalikan fungsi dan respon seksual Anda lebih baik lagi.
  • Mencegah dan membantu mengatasi ejakulasi dini. Efek latihan Kegel dalam menangani ejakulasi dini dibuktikan dalam International Journal of Andrology. Menurut penelitian ini, melakukan latihan Kegel selama kurang lebih dua belas minggu mampu membantu lebih dari 50 persen pria dengan masalah ejakulasi dini untuk menunda orgasme sehingga seks terasa lebih memuaskan.
  • Mencegah kencing tidak tuntas atau post-micturition dribble (urine masih menetes setelah buang air kecil) terutama pada pria. Penelitian dalam jurnal BJU International mengatakan bahwa senam ini memang mampu membantu pria mengendalikan keluarnya urine, terutama setelah menjalani operasi prostat.
  • Menjaga kesehatan prostat pria. Senam ini baik untuk melatih otot-otot yang ada di sekitar prostat sehingga bisa menopang berbagai organ reproduksi pria dengan kuat.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam Kegel tidak membutuhkan tahapan dan instruksi yang rumit, atau ruangan dan pakaian khusus. Sebagai langkah awal, senam Kegel dapat dilakukan sambil berbaring dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi bagian yang disebut otot panggul bawah. Caranya adalah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat Anda buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah Anda. Pada pria, jika Anda mengencangkan otot panggul sambil berkaca, bagian bawah penis Anda akan bergerak ke arah perut dan testis akan naik.
  2. Kosongkan kandung kemih. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah Anda, tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 4-5 kali. Kemudian tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik.
  3. Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, serta tetaplah bernapas dengan santai.
  4. Ulangi gerakan ini tiga kali sehari dengan pengulangan setidaknya sebanyak 3×10 kali. Namun hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena justru dapat melemahkan otot panggul serta justru berisiko mengidap infeksi saluran kencing.

Simak Juga:

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gerak tubuh ini sebaiknya dilakukan setiap hari. Anda tidak memerlukan waktu dan ruang khusus untuk melakukannya. Senam Kegel bahkan dapat dilakukan ketika Anda sedang duduk mengetik atau dalam perjalanan. Setelah otot panggul Anda makin kencang, cobalah untuk melakukan senam Kegel sambil berdiri atau berjalan.

Semoga artikel tentang manfaat senam kegel dan cara melakukannya diatas membantu anda untuk mendapatkan elastisitas otot panggul anda. Lakukan senam kegel sesering mungkin, kapanpun dan dimanapun anda berada.