Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil


Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil

Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil. Latihan Kegel bertujuan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul. Otot-otot ini memiliki banyak fungsi di dalam tubuh manusia. Pada wanita, mereka bertanggung jawab untuk: mengangkat kandung kemih manusia, mencegah inkontinensia stres urin (terutama setelah melahirkan), prolaps vagina dan uterus. Pada pria, otot-otot ini bertanggung jawab untuk: kontinensia, kontinensia feses, dan ejakulasi . Ada beberapa alat untuk membantu latihan ini, meskipun berbagai penelitian memperdebatkan keefektifan relatif alat yang berbeda dengan latihan tradisional.

Latihan Kegel , juga dikenal sebagai latihan dasar panggul , melibatkan kontraksi berulang-ulang dan mengendurkan otot – otot yang membentuk bagian dari dasar panggul , sekarang kadang-kadang secara sehari-hari disebut sebagai “otot Kegel”. Latihan ini dapat dilakukan berkali-kali setiap hari, selama beberapa menit pada satu waktu, tetapi perlu satu hingga tiga bulan untuk mulai memberikan efek.

Senam Kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah bermanfaat untuk memperbaiki kondisi yang dapat menurunkan kekuatan otot panggul bawah, seperti persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, serta operasi dapat menurunkan fungsi serta kekuatan otot panggul bawah.

Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, senam kegel sangat dianjurkan di trimester tiga. Ibu hamil bisa melakukannya disaat waktu santai seperti saat duduk, saat tidur bahkan saat alan santai. Berikut manfaat senam kegel yang didapatkan bagi ibu hamil.

Pada dasarnya, senam Kegel dapat disebut juga latihan dasar panggul. Tak hanya baik untuk kesehatan, senam Kegel juga merupakan olahraga yang mempunyai pengaruh besar pada saat proses persalinan nanti.

Baca Juga :

Senam ibu hamil ini sangat praktis karena dapat dilakukan kapan dan di mana saja, bahkan tanpa diketahui orang. Secara signifikan, senam Kegel dapat mengurangi gejala inkontinensia urine.

Manfaat lain dari senam ibu hamil adalah membantu memperkuat otot-otot rahim, kandung kemih, usus, serta otot-otot vagina. Dengan memperkuat otot-otot tersebut selama kehamilan, maka akan membantu Anda mengembangkan kemampuan untuk mengontrolnya pada saat persalinan.

Kemampuan mengontrol otot ini juga akan meminimalisir dua masalah umum selama kehamilan yaitu penurunan kontrol kandung kemih dan wasir.

Selain pada saat hamil, dianjurkan pula untuk melakukan senam Kegel setelah persalinan sebagai upaya penyembuhan perineum, mengembalikan fungsi kandung kemih, serta memperkuat otot-otot dasar panggul.

Setelah mengetahui berbagai manfaat senam ibu hamil, kini saatnya Anda mempelajari bagaimana teknik melakukannya.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam Kegel tidak membutuhkan tahapan dan instruksi yang rumit, atau ruangan dan pakaian khusus. Sebagai langkah awal, senam Kegel dapat dilakukan sambil berbaring dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi bagian yang disebut otot panggul bawah. Caranya adalah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat Anda buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah Anda. Pada pria, jika Anda mengencangkan otot panggul sambil berkaca, bagian bawah penis Anda akan bergerak ke arah perut dan testis akan naik.
  2. Kosongkan kandung kemih. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah Anda, tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 4-5 kali. Kemudian tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik.
  3. Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, serta tetaplah bernapas dengan santai.
  4. Ulangi gerakan ini tiga kali sehari dengan pengulangan setidaknya sebanyak 3×10 kali. Namun hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena justru dapat melemahkan otot panggul serta justru berisiko mengidap infeksi saluran kencing.

Simak Juga:

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gerak tubuh ini sebaiknya dilakukan setiap hari. Anda tidak memerlukan waktu dan ruang khusus untuk melakukannya. Senam Kegel bahkan dapat dilakukan ketika Anda sedang duduk mengetik atau dalam perjalanan. Setelah otot panggul Anda makin kencang, cobalah untuk melakukan senam Kegel sambil berdiri atau berjalan.

Semoga artikel tentang manfaat senam kegel dan cara melakukannya diatas yang kami rangkum dari beberapa sumber membantu anda untuk mendapatkan elastisitas otot panggul anda. Lakukan senam kegel sesering mungkin, kapanpun dan dimanapun anda berada.