Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan, Mampu Mengontrol Kolesterol dan Kesehatan Jantung


Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan, Mampu Mengontrol Kolesterol dan Kesehatan Jantung. Kapulaga merupakan salah satu rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Manfaat kapulaga sudah diketahui banyak orang bahkan dinegara lain seperti India dan Arab sudah lama menggunakan kapulaga untuk pengobatan tradisional. Tanaman kapulaga sebenarnya berasal dari India dan sekarang banyak tumbuh di Indonesia. Tak heran bila masakan masyarakan India yang begitu khas dengan menonjolkan rempah-rempah yang satu ini.

Kapulaga merupakan sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini merupakan tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan; biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil. (wikipedia)


Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum); keduanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Kapulaga India diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum Perang Dunia I. Kini Guatemala menjadi penghasil kapulaga terbesar di dunia, diikuti oleh India. beberapa negara seperti Sri Lanka dan Indonesia juga membudidayakannya. Polong biji Elettaria berwarna hijau terang, sementara polong biji Amomum lebih besar dan berwarna cokelat tua. Kini kapulaga merupakan rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla.

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Terlengkap

Setelah kita mengulas sedikit tentang kapulaga, berikut akan kita ulas manfaat kapulaga untuk kesehatan yang terbukti memiliki banyak khasiat untuk pengobatan tradisional dan pengobatan alami.

  1. Manfaat kapulaga dapat menurunkan resiko kanker
  2. Manfaat kapulaga baik untuk kesehatan jantung
  3. Manfaat kapulaga untuk mengobati kejang otot
  4. Manfaat kapulaga untuk mengobati sakit gigi
  5. Manfaat kapulaga untuk mengobati asma
  6. Manfaat kapulaga untuk mengobati nyeri sendi
  7. Manfaat kapulaga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh
  8. Manfaat kapulaga untuk meningkatkan sirkulasi darah mengontrol kolesterol
  9. Manfaat kapulaga untuk anti-depresan
  10. Manfaat kapulaga untuk mengobati gangguan kemih
  11. Manfaat kapulaga untuk menurunkan resiko penyakit gastrointestinal
  12. Manfaat kapulaga untuk antimikroba
  13. Manfaat kapulaga untuk mencegah mual dan muntah
  14. Manfaat kapulaga untuk meningkatkan gairah seksual
  15. Manfaat kapulaga untuk mengobati sakit tenggorokan
  16. Manfaat kapulaga untuk mengobati cegukan
  17. Manfaat kapulaga sebagai penyegar nafas
  18. Manfaat kapulaga untuk mencegah pembekuan darah
  19. Manfaat kapulaga untuk mencegah osteoporosis
  20. Manfaat kapulaga untuk mengobati flu dan batuk
  21. Manfaat kapulaga untuk mencegah penuaan dini
  22. Manfaat kapulaga untuk merawat rambut

Baca Juga:

Demikian tadi manfaat rempah kapulaga untuk kesehatan yang mampu menyembuhkan serta meringankan berbagai macam penyakit pada tubuh kita. Selalu gunakan herbal alami untuk menjaga kesehatan tubuh dan pengobatan berbagai penyakit, serta konsultasikan dengan dokter keluarga sebelum menggunakan sesuatu.