Manfaat Cengkih Untuk Kesehatan, Cara Alami Menjaga Kepadatan Tulang


Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat Cengkih Untuk Kesehatan, Cara Alami Menjaga Kepadatan Tulang. Cengkeh, salah satu rempah-rempah Indonesia ini lebih sering digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan. Cengkih juga bisa digunakan untuk pengobatan tradisional dengan menambahkan beberapa rempah lai seperti kayu manis, kunyit, daun sirih atau yang lainnya.

Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar, selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka.

Cengkeh dapat digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan di Eropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkih digunakan sebagai bahan rokok kretek. Cengkih juga digunakan sebagai bahan dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang. Minyak cengkih digunakan di aromaterapi dan juga untuk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai pestisida nabati dan efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dengan memberikan 50-100 gram daun cengkih kering per tanaman.

Manfaat Cengkih Untuk Kesehatan, Cara Alami Menjaga Kepadatan Tulang

Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkih yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga digunakan dalam campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; “chōji” berarti cengkih; “yu” berarti minyak) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat permukaan pedang mereka.

Baca Juga:

Manfaat lain dari cengkih untuk kesehatan antara lain

Mencegah Infeksi Bakteri

Cengkeh mengandung senyawa anti bakteri yang mampu mencegah dan mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Cengkeh mampu mengatasi infeksi bakteri gram negatif seperti bakteri kolera yang bersifat mematikan.

Menyembuhkan Kanker Stadium Dini

Fakta mengejutkan juga terdapat pada cengkeh, cengkeh memiliki efek kemoterapi atau mampu menyembuhkan kanker terutama kanker paru-paru maupun kanker organ pernafasan yang disebabkan oleh radikal bebas dan asap rokok pada stadium dini.

Melindungi Organ Hati

Selain mengandung senyawa anti bakteri dan anti kanker, cengkeh juga kaya akan senyawa antioksidan yang memiliki sifat hepatoprotektif atau senyawa yang mampu melindungi organ hati, mengkonsumsi minyak cengkeh secara teratur telah terbukti mampu mengatasi masalah dan memperkuat fungsi organ hati secara signifikan.

Menjaga Kepadatan Tulang

Cengkeh mengandung senyawa turunan alkohol atau hidro alkohol seperti Eugene, isoflavon dan flavonoid yang dapat mempertahankan kepadatan mineral dalam tulang sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis atau gangguan tulang akibat kehilangan massanya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bunga cengkeh yang dikeringkan telah lama digunakan dalam pengobatan khas India yakni pengobatan ayurveda karena zat atau senyawa yang terkandung didalamnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Cengkeh telah terbukti mampu meningkatkan jumlah sel darah putih yang merupakan komponen penting sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Gairah Seksual

Sejak zaman dahulu, cengkeh telah dikenal sebagai salah satu jenis aprodisiak atau tanaman yang mampu meningkatkan gairah seksual. Berdasarkan penelitian, kandungan zat aktif dalam cengkeh memiliki efek positif yang hampir sama dengan obat-obatan perangsang yang terbuat dari bahan kimia.

Mengontrol Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit degeneratif yang kini banyak diderita oleh masyarakat. Penyakit ini disebabkan karena organ pankreas tidak mampu menghasilkan hormone insulin, hormon pengatur gula darah dalam tubuh secara normal. Berdasarkan studi para ilmuwan, ekstrak cengkeh mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh secara efektif dan dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes.

Mengobati Sakit Gigi

Karena mengandung senyawa anti bakteri, cengkeh juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah sakit gigi atau masalah mulut lainnya yang disebabkan oleh bakteri. Pantas saja ya kita bisa menemukan rempah yang satu ini sebagai campuran pasta gigi atau obat kumur.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Flatulensi adalah gangguan pencernaan dalam tubuh yang biasanya ditandai dengan seringnya buang gas dan perut yang terasa tidak nyaman. Mengkonsumsi teh yang dicampur cengkeh dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada pencernaan dan mengatasi gejala flatulensi.

Mencegah Peradangan

Masalah peradangan kerap terjadi dalam tubuh dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun pengaruh radikal bebas. Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang mampu berfungsi sebagai zat anti peradangan dan penghilang nyeri. Jika Anda punya masalah dengan peradangan, Anda bisa mengkonsumsi minyak cengkeh atau teh herbal yang dicampur bubuk cengkeh.

Demikian tadi manfaat cengkeh yang luar biasa banyaknya dan masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Semoga ulasan diatas membuka cakrawala dunia, masyarakat lebih peduli dengan rempah yang ada disekitar dan menggunakannya sebagai bahan alami pengobatan tradisional.