Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan, Cara Alami Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat Jeruk Limo Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan, Cara Alami Menjaga Kesehatan Jantung. Jeruk Limau, biasa orang jawa menyebutnya jeruk limo ini sering dianggap sebagai jeruk purut. Jeruk limau dianggap seperti jeruk purut  karena bentuknya yang menyerupai jeruk purut namun dengan ukuran yang lebih kecil. Jeruk limau meskipun memiliki ukuran yang kecil ternyata memiliki manfaat yang luar biasa banyaknya. anda bisa mendapatkan manfaat jeruk limau dengan mengkonsumsinya setiap hari dengan mencampurkan irisan jeruk limau kedalam air putih.

Jeruk sambal disebut juga jeruk limau (lat. Citrus amblycarpa) adalah jeruk yang termasuk bahan bumbu masakan. Makanan yang diberikan jeruk limau akan menambah harum aroma masakan tersebut. Jeruk sambal merupakan anggota marga citrus atau marga jeruk. Nama Jeruk sambal berasal dari daerah Betawi, sedangkan Suku Jawa dan Suku Sunda menyebut jeruk ini sebagai jeruk limo, sedangkan orang melayu lebih sering menyebut jeruk sambal ini dengan sebutan jeruk limau. Banyak orang yang salah mengenai jeruk ini yang menganggap jeruk limau atau jeruk sambal sama dengan jeruk nipis. Jeruk limau/jeruk limo/jeruk sambal hampir mirip dengan jeruk purut, namun bentuknya lebih kecil. Biasa digunakan untuk penambah sedap sambal atau di bumbu somay. Jeruk Limau ini ukurannya lebih kecil daripada jeruk purut.(wikipedia)


Morfologi Jeruk ini yaitu Jeruk sambal atau jeruk limau memiliki pohon berbentuk perdu kecil dengan tinggi 1– 2 m. buahnya berukuran kecil-kecil, yaitu berdiameter 2–3 cm. daun jeruk sambal atau jeruk limau ini merupakan daun majemuk, serta memiliki warna hijau, tipis dan beraroma wangi. Bunga Jeruk sambal atau jeruk limau ini bewarna putih dan beraroma wangi. Buah Jeruk yang masih muda berwarna hijau semakin tua buah akan berubah warna menjadi kuning. Buah jeruk ini berkulit tebal, berkerut-kerut dan beraroma wangi. Daging buah jeruk sambal ini bewarna putih serta memiliki rasa asam. Manfaat jeruk sambal ini adalah Daun dan buah jeruk sambal dipakai untuk menjadi campuran bumbu masak.

Kandungan gizi yang terdapat dalam jeruk limau antara lain antioksidan, jeruk limau juga kaya akan kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin A, B, C, dan D yang penting bagi tubuh. Jeruk ini tak hanya memberikan efek menyegarkan saja namun kandungan gizinya juga dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme tubuh.

Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan Terupdate

Setelah kita mengetahui apa itu jeruk limau, cirri pohon jeruk limau, perbedaan jeruk limau dengan jeruk purut serta kandungan gizi yang terdapat dalam jeruk limau. Berikut akan kita ulas mengenai khasiat jeruk limau untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan?yuk kita simak ulasan lengkapnya.

Baca Juga:

Menjaga fungsi saraf dan mencegah kanker

Dalam jeruk limau tidak hanya mengandung vitamin saja, namun juga terkandung mineral yang berperan penting bagi tubuh. Jeruk limau mengandung kalium yang berguna untuk menjaga tekanan darah dan fungsi saraf. Sementara itu, kandungan antioksidan di dalam jeruk limau bisa membantu memperbaiki sel-sel yang rusak, sekaligus mencegah penyakit kanker.

Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk limau bisa membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan magnesium dan kalium yang dimilikinya. Kalium bisa membantu menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol di dalam pembuluh darah, dan memperlancar peredaran darah. Dengan begitu, risiko stroke dan serangan jantung, dan gangguan jantung lainnya akan menurun.

Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat jeruk limau yang paling dicari oleh para wanita yaitu membantu menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang menjalani program diet bisa mencoba ramuan yang satu ini. Asam sitrat yang terdapat di dalam jeruk limau bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Namun, manfaat jeruk limau tidak akan terlalu signifikan jika tidak diimbangi dengan olahraga secara rutin setiap hari.

Melawan bakteri penyebab infeksi

Bakteri penyebab kolera dapat masuk melalui makanan dan bisa menyebabkan keracunan jika makanan tersebut dikonsumsi. Manfaat jeruk limau juga dapat melawan salah satu jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan yaitu bakteri E.coli. Selain itu, jeruk limau juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk melawan infeksi, baik karena virus maupun bakteri.

Meredakan rasa sakit pada penderita anemia

Jeruk limau bisa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit anemia, khususnya anemia sel sabit. Pada kondisi ini, sumsum tulang belakang justru menghasilkan sel darah merah yang berbentuk sabit dan cacat. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan yang kronis, serta rasa sakit terus menerus. Manfaat jeruk limau dipercaya dapat menurunkan rasa sakit tersebut.

Demikian tadi manfaat jeruk limo yang sudah kita ulas secara rinci yang kita ambil dari berbagai sumber terpercaya. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda dan mampu menambah pengetahuan anda seputar jeruk limau.