Cara Membuat Beras Kencur, Ramuan Herbal Dengan Segudang Manfaat


Cara Membuat Beras Kencur

Cara Membuat Beras Kencur, Ramuan Herbal Dengan Segudang Manfaat. Pernahkan anda mengkonsumsi beras kencur? Ya, minuman yang menggunakan bahan dasar kencur ini memang mampu menghangatkan tubuh. Kencur memiliki khasiat yang sangta banyak. Banyak orang yang mengkonsumsinya dengan cara membuat sendiri maupun pesen pada tukang jamu yang setiap hari keliling rumah maupun pesan antar yang saat ini menjamur dalam bentuk fresh maupun instan.

Beras Kencur

Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), tetapi mudah dibedakan dari daunnya. (Wikipedia)

Nama kencur dipinjam dari bahasa Sanskerta, kachora, कचोर, yang berarti temu putih (Curcuma zedoaria).

Beras kencur adalah minuman penyegar khas Jawa. Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar.

Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar selain itu jamu beras kencur jika diminum secara rutin setiap hari bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag (untuk penyembuhan maag ini tidak boleh dicampur dengan rimpang jahe dan untuk asam kawak boleh sedikit saja). Rasa manis berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang ditambahkan. Kencur menyumbang pada rasa sedikit pedas yang terasa jika beras kencur diminum, untuk menambah rasa pedas jamu beras kencur ini biasanya ditambah rimpang jahe secukupnya.

Ramuan jamu beras kencur selengkanya yaitu terdiri dari: Bahan utama rimpang kencur dan tepung beras, rimpang jahe, asam kawak, biji kedaung, garam dan gula merah atau gula pasir.

Jamu beras kencur secara tradisional dijual bentuk cairan segar, baik di pasar-pasar umum atau oleh penjual jamu keliling. Industri jamu sekarang mengembangkan beras kencur yang dikemas dalam bentuk bubuk atau konsentrat (sirup) dan juga dijual bentuk bubuk kering instan tinggal menyeduh dengan air hangat atau air panas, prosesnya rimpang kencur bersama bahan lainnya kecuali tepung beras dan gula ditumbuk atau digiling sampai halus, dengan air panas diperas diambil sari-sarinya setelah itu tepung beras dan perasan sari kencur dicampur dengan beras dan gula untuk selanjutnya diproses pengeringan dengan cara dipanasi.

Cara Membuat Beras Kencur

Cara membuat jamu beras kencur yang enak sebaiknya pilih kencur segar dan tambahkan dengan sedikit gula. Cara membuat jamu beras kencur tradisional ternyata tidak terlalu sulit, cukup diparut dan dicampurkan dengan beberapa bahan tambahan lain. Ini dia cara membuat jamu beras kencur yang enak:

“Khasiat Dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh”

Bahan Jamu Beras Kencur

  • 150 gr beras, rendam semalam dan tiriskan
  • 1500 ml air
  • 250 gr gula Jawa
  • 250 gr kencur

Cara Bikin Jamu Beras Kencur

  1. Sangrai beras sampai berwarna coklat, dinginkan
  2. Blender semua bahan kemudian saring
  3. Rebus hasil saringan hingga mendidih
  4. Simpan dalam botol kaca dan sajikan

Simak Juga:

Mengonsumsi kencur juga bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu proses penyembuhan batuk yang optimal. Selain memiliki manfaat untuk batuk, kencur juga sering dimanfaatkan untuk suara para penyanyi. Kencur disebut dapat membantu menjaga pita suara sehingga tenggorokan terasa lega. Kencur juga bisa membantu atasi mual, mengobati diare, hingga redakan inflamasi. Selamat beraktivitas dan sehat selalu untuk anda semuanya.