Cara Membuat Minuman Penghangat Tubuh Alami saat Musim Hujan Datang, Resep Aman Ketika Dingin Melanda

Cara Membuat Minuman Penghangat Tubuh Alami saat Musim Hujan Datang, Resep Aman Ketika Dingin Melanda

Cara Membuat Minuman Penghangat Tubuh Alami saat Musim Hujan Datang, Resep Aman Ketika Dingin Melanda. Musim dingin di Indonesia tiada lain adalah musim penghujan. Ini menandakan air yang turun dari langit berlimpah bahkan tak jarang sering melimpas di permukaan jalan. Dinginnya suhu luar ruangan mengakibatkan tubuh membutuhkan semacam minuman penghangat yang siap menemani Anda. Cara membuat minuman penghangat tubuh musim hujan sangat bervariasi tergantung kesukaan masing-masing seseorang.

Minuman penghangat tubuh bukan barang baru melainkan sudah menjadi resep nenek moyang yang turun temurun. Bahkan disalah satu produden minuman sachet mengemasnya menjadi minuman berkelas di kalangan masyarakat seperti jahe, kunyit, bandrek, hingga susu yang siap menemani Anda di waktu dingin datang. Justru yang mejadi pertanyaan sebenarnya apakah mudah membuat minuman penghangat tubuh dari bahan alami? Apakah simpel dan gampang kah? Apakah kita sendiri bisa membuatnya?

Pertanyaan tersebut sangat tepat Anda temukan jawabannya di sini bersama ManfaatCaranya.com. Silakan simak ulasan singkat ini untuk Anda coba resep cara membuat minuman penghangat tubuh alami.

Cara Membuat Minuman Penghangat Tubuh Alami saat Musim Hujan Datang

Kita akan awali dengan resep jadul yang masih ampuh hingga sekarang. Anda boleh mencoba semuanya karena bersifat alami sehingga cocok untuk tubuh kita yang berkarakter alami juga.

1. Minuman Wedang Jahe

Pilihan pertama cara membuat minuman penghangat tubuh alami adalah dengan membuat minuman jahe hangat. Minuman jahe masuk dalam minuman tradisional yang mana minuman ini terbuat dari ekstrak dan sari jahe. Ia merupakan minuman yang pas buat menghangatkan tubuh Anda dan juga menjaga tubuh agar tetap fit. Minuman yang memiliki rasa manis dan pedas khas jahe ini ternyata jadi salah satu minuman favorit di negara bagian barat saat musim dingin juga.

Era modern membuat Anda dimudahkan dengan minuman tradisional ini yaitu gak perlu repot lagi karena Anda bisa seduh sendiri di rumah. Anda bisa memberli sachetan minuman ekstrak jahe baik berupa serbuk atau masih mentahan untuk dibuat. Caranya mudah tinggal sobek dan kasih air panas/hangat lalu aduk dan minuman siap dinikmati.

Bila Anda suka yang tradisional pilihlah jahe (emprit) yang dipercaya memiliki khasiat bagus lalu bakar dan geprek sampai agak remuk. Masukkan di gelas besar anti panas lalu tuangkan air mendidik. Campurkan gula aren, jawa, atau pasir dan aduk. Tunggu sebentar biar tercampur dan agak hangat lalu siap di sruput.

2. Minuman Egg Nog

Minuman ini masuk dalam cara membuat minuman penghangat tubuh alami yang kedua. Walau telur tidak hanya enak saat dijadikan masakan, ia juga nikmat saat diolah menjadi minuman hangat. Namanya egg nog adalah minuman dengan rasa manis ini terbuat dari kuning telur yang dikocok dengan ditambah air dan gula atau susu. Biar rasa nikmat dan khasiatnya semakin terasa.

Perlu perhatian Anda bisa menggunakan susu bebas lemak dengan sedikit gula dan beberapa telur pasteurisasi, lalu biarkan mendidih kira – kira selama 10 menit dan tambahkan sedikit vanili, lalu tinggal Anda sajikan dalam cangkir dengan taburan bubuk pala. Dijamin hangatnya bisa Anda rasakan di sekujur tubuh. Selain hangat, minuman ini ternyata baik untuk kesehatan jantung juga.

3. Minuman Dark Chocolate

Cara membuat minuman penghangat tubuh alami yang ketiga dinamakan dark chocolate atau minuman coklat hangat. Minuman ini terkenal sangat nikmat. Ini adalah pilihan terbaik juga saat dingin melanda. Apa daya Anda bisa menolak minuman ini? Selain citarasa yang nikmat juga sangat lengkap saat kondisi dingin bersama Anda. Nah pasangan kondisi ini adalah minuman coklat panas. Ketika rasa dingin datang maka dengan minuman ini terasa hangat dalam waktu sekejap. Sisi kesehatan lainnya adalah secangkir cokelat hangat ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung bioflavonoid yang bisa menurunkan tekanan darah.

Caranya bisa membuat bubuk dari coklat batangan, atau beli coklat bubuk khusus, kasih air panas dan sedikit gula sesuai kadar minat lalu minum sedikit-sedikit saat hujan atau dingin menyelimuti.

4. Susu Telur Madu Jahe

Cara membuat minuman penghangat tubuh alami kali ini masuk dalam andalan masyarakat jawa. Nama minumannya adalah Susu Telur Madu Jahe alias STMJ. Bahkan dibeberapa jalan besar di kota-kota Jateng sering berjejer orang menjajakan minuman ini. Tak sedikit yang memburunya karena menjadi primadona yang selalu ditunggu.

Merunut dari namanya minuman ini adalah favorit di saat cuaca dingin. Campuran susu segar (kental manis), telur (jawa/arab), madu (sachet/hutan), dan jahe (merah/jawa/emprit) adalah solusi terbaik yang tidak hanya mengatasi kondisi dingin melainkan juga membuat badan yang awalnya lagi drop bisa kembali bugar. Bahkan dibeberapa daerah STMJ mengalami perkembangan menjadi Susu rempah dan lainnya.

5. Minuman Bir Pletok

Nah untuk cara membuat minuman penghangat tubuh alami kali ini tidak seseram nama BIR yang melekat pada “bir pletok”. Ini hanyalah nama karena memang tidak mengandung alkohol minuman ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena minuman asli Betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol dan bagus untuk kesehatan Anda. Ternyata minuman ini terbuat dari rempah – rempah seperti serai, jahe, kapulaga, kayu manis, dan kayu secang. Tidak mengherankan bila cita rasa minuman berwarna merah kecoklatan ini terbilang unik karena ada rasa manis dan sedikit pedas. Dengan menyeruput minuman ini akan membuat tubuh Anda yang kedinginan kembali segar dan sehat. Bila dirasa sulit membuatnya silakan pergi ke beberapa spot penjual di pinggir jalan. Bisa diminum setempat atau dibungkus dibawa pulang.

6. Minuman Bandrek

Selain bir pletok dari jawa bagian barat juga ada minuman bandrek yang khas. Minuman ini berasal dari Jawa Barat yang terkenal ampuh untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin. Secara umum bandrek umumnya terbuat dari jahe dan gula merah namun. Ada juga di beberapa daerah tertentu biasanya menggunakan rempah – rempah lain seperti pandan, serai, merica, telur ayam kampung dan sebagainya untuk menguatkan efek hangat yang dikandungnya. Minuman membantu meringankan berbagai penyakit seperti batuk dan sakit tenggorokan.
minuman penghangat tubuh.

7. Wedang Bajigur

Mungkin bagi Anda nama “bajigur” berkonotasi jelek tetapi nama yang satu ini masuk dalam penyebutan salah satu minuman asli dari Jawa Barat yang merupakan minuman penghangat tubuh. Mirip dengan wedang bandrek hanya saja ada bedanya yaitu bajigur terbuat dari campuran santan, gula merah, jahe, daun pandan, dan garam. Anda tidak perlu bingung sudah ada minuman sachetnya sehingga Anda bisa menikmati dengan membeli di pasar atau warung.

8. Wedang Ronde

Jenis minuman yang satu ini ada ciri khas bola-bola yang ada di dalamnya. Harganya pun juga terjangkau. Tak jarang selain dijajakan di pusat kota ada para penjual naik gerobak dan keliling kampung untuk ditawarkan. Ini menjadi solusi buat yang dirumah terasa dingin saat musim hujan. Wedang ronde sangat kuat sekali aroma jahenya yang dipadukan dengan taburan kacang tanah bakar. Intinya coba saja sendiri maka rasa dingin akan menghilang sekejap.

9. Minuman Sekoteng

Cara membuat minuman penghangat tubuh alami kali ini asli Jawa tengah. Minuman dengan bahan utama jahe ini biasa dihidangkan panas. Yang membuatnya beda minuman sekoteng dengan yang lainnya adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Sekoteng paling enak saat hangat dan malam hari sedang santai.

10. Wedang Secang

Didengar saja minuman ini berbahan kayu secang yang melegenda itu. Kayu yang mampu mengeluarkan aroma khas dan berwarna kemerahan itu sangat cocok menjadi minuman favorit saat musim dingin. Wedang ini biasanya ditambahi gula batu buat pemanisnya. Warna asli merahnya mirip wedang uwuh. Minuman ini berasal dari Yogyakarta.

Minuman tradisional secang diyakini sebagai salah satu minuman favorit Raja Majapahit ini, yang kerap digunakan oleh warga untuk meningkatkan stamina. Minuman secang biasa disajikan pada kondisi hangat, namun minuman ini dapat juga disajikan dalam kondisi dingin. Bahkan untuk meningkatkan kesegarannya, bagi yang menyukai rasa asam dapat menambahkannya dengan air jeruk nipis.

11. Wedang Uwuh

Selain wedang secang juga ada minuman rendaman dedaunan. Uwuh berasal dari bahasa jawa yang berarti sampah. Banyak campuran bahan yang digunakan seperti jahe, secang yang memberi warna merah, cengkeh, buah dan daun pala, kayu manis, sereh, kapulaga dan gula batu.

Minuman wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.

Baca Juga:

Semua cara membuat minuman penghangat tubuh alami di atas adalah pilihan yang akan membuat Anda dimudahkan memilih salah satunya untuk mengusir dingin. Nikmati hidup Anda di saat musim dingin atau hujan datang.

Nantikan resep alami lainnya agar hidup Anda selalu bermakna. Selamat mencoba!