Manfaat Daun Salam dan Jahe Untuk Kesehatan Mengontrol Kadar Kolesterol


Manfaat Daun Salam dan Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam dan Jahe Untuk Kesehatan Mengontrol Kadar Kolesterol. Inilah update informasi mengenai manfaat rebusan daun salam (sereh) untuk obat rematik, maag, telat haid, sakit perut, ramuan penyejuk serta pembasmi kecoa dan masih banyak lagi. Pada kesempatan sebelumnya laman Manfaat Caranya memposting artikel kesehatan seputar manfaat dan khasiat Ciplukan untuk tubuh dan manfaat kulit apel yang belum banyak diketahui.

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum. Daun salam digunakan terutama sebagai rempah pengharum masakan di sejumlah negeri di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayur mayur, maupun nasi. Daun ini dicampurkan dalam keadaan utuh, kering atau pun segar, dan turut dimasak hingga makanan tersebut matang. Rempah ini memberikan aroma herba yang khas namun tidak keras. Di pasar dan di dapur, salam kerap dipasangkan dengan laos alias lengkuas.

Kayunya berwarna coklat jingga kemerahan dan berkualitas menengah. Kayu yang tergolong ke dalam kayu kelat (nama perdagangan) ini dapat dipergunakan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Kulit batang salam mengandung tanin, kerap dimanfaatkan sebagai ubar (untuk mewarnai dan mengawetkan) jala, bahan anyaman dari bambu dan lain-lain. Kulit batang dan daun salam biasa digunakan sebagai bahan ramuan tradisional untuk menyembuhkan sakit perut. Buah salam dimakan orang juga, meski hanya anak-anak yang menyukainya.

EFEK SAMPING

Dibawah ini adalah beberapa efek samping daun salam jika di konsumsi secara berlebihan atau dimanfaatkan dengan cara yang tidak tepat. Berikut beberapa efek yang bisa sobat ketahui sebelum mengolah daun sereh untuk dijadikan obat atau minuman.

  1. Gangguan saluran pencernaan
  2. Radang akut pada saluran pencernaan
  3. Reaksi alergi
  4. Infeksi kulit
  5. Asma
  6. Sesak napas

BACA JUGA: MANFAAT KULIT MANGGIS UNTUK MENJAGA KADAR GULA DARAH

Di laman kesehatan juga bisa sobat menambah pengetahuan mengenai khasiat rebusan daun sirsak, cara mengolah daun salam untuk wanita, harga daun salam, manfaat air rebusan daun sereh dan masih banyak lagi.

MANFAAT DAUN SALAM

Seperti yang telah dijelaskan dalam ahli kesehatan dan herbal dika daun salam mengandung sejumlah komponen aktif yang mudah menguap yang berkhasiat sebagai antiseptik, antioksidan, serta dianggap memiliki sifat anti-kanker. Air rebusan daun salam bisa juga diminum secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya ada empat khasiat yang bisa didapat dengan meminum air rebusan daun salam.

1. Menjaga kesehatan jantung

Caranya dengan Andaa merebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air untuk disaring, kemudian diminum dalam keadaan hangat secara rutin. Kandungan daun salam seperti asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat diyakini bisa membantu mencegah stroke. Kandungan flavonoidnya mampu menstabilkan tekanan darah.

2. Diet

Proses metabolisme tubuh pun akan lebih lancar dan mampu meluruhkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Racun penyebab obesitas bisa dibuang dan berat badan bisa lebih cepat turun bila diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

Cara membuat air rebusan daun salam untuk melancarkan diet bisa dipraktekan dengan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan 30 lembar daun salam dan 2 gelas air putih.
2. Rebus dulu air sampai mendidih, baru masukkan daun salam.
3. Rebus hingga airnya tinggal separuh.
4. Minum air rebusan daun salam dalam keadaan hangat atau sudah dingin.
5. Bisa diminum setiap hari atau sesuai kebutuhan.

3. Mengobati Maag

Penderita maag juga bisa menggunakan air rebusan daun salam sebagai alternatif untuk meredakan gejala mual. Naiknya asam lambung yang membuat perut perih bisa kembali distabilkan dengan minum air rebusan daun salam. Tapi kalau penyakit maag sudah kronis, lebih baiknya untuk berkonsultasi lebih dahulu ke spesialis penyakit dalam.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun salam mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin D. Kandungan vitamin C ini pun bisa berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sehingga kekebalan tubuh atau sistem imun bisa terjaga dengan lebih baik. Tubuh pun jadi nggak gampang sakit.

BACA JUGA: MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK MELANCARKAN PENCERNAAN

Air rebusan daun salam bila dikonsumsi dalam kadar cukup memang bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk bisa membantu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan stres, meredakan batuk, mencegah penyakit kanker, dan mengatasi penyakit asam urat.

Informasi mengenai manfaat dan khasiat rebusan air salam diatas kami kutip dari laman kesehatan di internet. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari keyword manfaat daun salam, khasiat rebusan air salam maupun cara merebus daun salam.