Manfaat Buah Ceplukan untuk Kesehatan, Kandungan Buah Sakti yang Dilupakan


Manfaat Buah Ceplukan untuk Kesehatan, Kandungan Buah Sakti yang Dilupakan

Manfaat Buah Ceplukan untuk Kesehatan, Kandungan Buah Sakti yang Dilupakan. Buah ceplukan mudah dijumpai di sekitar Anda yang hidup dipedesaan. Apa manfaat sebenarnya sehingga buah ini sering dijuluki buah “sakti”. Buah yang memiliki khasiat yang sangat manjur untuk kesehatan baik menjaga dan atau mengobati penyakit. Manfaat buah ceplukan untuk kesehatan adalah bagian dari dorongan pemanfaatan buah di sekitar kita.

Sebenarnya manfaat buah ceplukan untuk kesehatan sudah banyak orang yang tahu hanya saja seiring perkembangan jaman buah ini lama kelamaan sulit dijumpai. Akhirnya muncul ceplukan impor karena permintaan buah ini makin diminati. Ceplukkan berbentuk bulat bila belum matang berwarna hijau dan menguning bila sudah mulai masak. Sebelum jauh membahas ceplukan dan seluk beluknya kita sebaiknya tahu dulu apa itu ceplukan yang dimaksud.


Apa itu Ceplukan?

Ceplukan atau ciplukan merupakan salah satu jenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan pelbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet (Sd.), nyurnyuran (Md.), dan kopok-kopokan (Bl.)

Umumnya tumbuh liar, ceplukan biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari. Buahnya digemari anak-anak. Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Di Pulau Jawa juga diketahui adanya jenis Physalis minima yang mirip bentuknya. Beberapa perbedaannya dengan jenis di atas ialah, P. minima berambut panjang pada bagian-bagian batang dan daun yang berwarna hijau (angulata: berambut pendek atau gundul); tanda V di bawah noda di leher mahkota tidak jelas (angulata: ada kelompok rambut pendek dan rapat membentuk tanda V yang jelas); dan kepala sari berwarna kuning dengan sedikit warna biru.

Ceplukan badak Physalis peruviana dibudidayakan orang di Amerika Selatan, Australia dan Selandia Baru. Buahnya sebagian diekspor ke Eropa. Kandungan yang terdapat di dalamnya berupa asam sitrat dan fisalin dalam buahnya. Selain itu, terdapat pula alkaloid, asam malat, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula buah.

Manfaat Buah Ceplukan untuk Kesehatan

Berikut manfaat buah ceplukan untuk kesehatan dan kandungan yang ada di dalamnya. Di sini ManfaatCaranya.com tidak sebatas membahas sisi buah ceplukan melainkan juga bagian daun an lainnya.

1. Kaya akan Antioksidan

Manfaat buah ceplukan untuk kesehatan yang pertama adalah sisi kandungan antioksidannya yang begitu tinggi sehingga layak dijadikan sebagai sumber alami dalam mencegah beberapa penyakit kronis. Zat antioksidan seperti karotenoid dan polifenol dalam buah ciplukan mampu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan berdasarkan hasil penelitian, kombinasi karotenoid dan polifenol yang terkandung dalam buah ciplukan mampu menghentikan penyebaran berbagai jenis kanker. Berkat kemampuannya tersebut, di beberapa negara, buah ciplukan direkomendasikan sebagai sumber makanan alami antikanker dan sumber makanan yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Sebagai Anti-Inflamasi

Manfaat buah ceplukan untuk kesehatan yang kedua adalah berguna dalam membantu mengurangi peradangan, sebab daun ciplukan memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik yang mampu menenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan. Berbagai masalah kesehatan seperti radang sendi, asam urat dan wasir dapat diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan. Tak cukup sampai disitu, daun ciplukan juga memiliki khasiat yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah atau pun memperlambat perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

3. Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandugnan kolesterol dalam darah yang tinggi acap kali menjadi penyebab terjadinya hipertensi dan penyakit jantung. Oleh karena itu, para pemilik kolesterol tinggi disarankan untuk memperbanyak olahraga dan menjaga asupan makanannya agar kadar kolesterol jahat dalam darah tidak semakin melonjak. Di dalam buah ciplukan terkandung asam oleat dan linoleat yang terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Membuatnya wajib di konsumsi para pemilik kolesterol tinggi.

Baca Juga:

4. Sebagai Makanan Diet

Ada kendala dalam proses penurunan berat badan berlebih? Silakan coba manfaat daun dan buah ciplukan yang satu ini. Buah ciplukan termasuk makanan berkalori rendah, hanya ada sekitar 53 kalori per 100 gramnya. Di tambah lagi, kandungan nutrisi di dalam daun dan buah ciplukan yang terbilang mampu membantu mencukupi nutrisi harian yang dibutuhkan. Jadi, sangat cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan.

5. Berguna dalam Regenerasi dan Perbaikan Sel Tubuh

Adanya zat withanolides yang merupakan senyawa yang termasuk bioaktif steroid ini terkandung di dalam buah ciplukan. Senyawa ini sangat istimewa yaitu termasuk zat antioksidan dan bersifat anti-inflamasi. Senyawa ini bersifat dan mampu merangsang terjadinya apoptosis atau kematian sel terprogram sehingga dapat menghilangkan sel yang tidak diinginkan dan meminimalisir jumlah sel yang terlalu banyak, termasuk sel yang berbahaya bagi tubuh seperti sel kanker.

Apoptosis memiliki peranan penting dalam berbagai proses biologi. Dan kemampuan hebat nan istimewa ini dimiliki oleh ciplukan yang kehadirannya dahulu kerap kita abaikan. Luar biasa bukan!

6. Sebagai Obat Herbal Kanker Payudara

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan fakta bahwa, ekstrak daun ciplukan memiliki efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian pada sel kanker payudara. Dengan kata lain, ciplukan mampu dijadikan alternatif pengobatan penderita kanker payudara yang lebih aman, terjangkau, dan efektif.

7. Berperan dalam Menurunkan Gula Darah

Daun ciplukan diindikasi memiliki kemampuan anti hiperglikemi alias mampu menurunkan kadar gula darah. Dari beberapa senyawa yang ditemukan dalam daun ciplukan diketahui dapat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat sehingga dapat meringankan fungsi insulin dalam mengatur regulasi glukosa darah agar selalu dalam batas fisiologis.

8. Sebagai Obat Herbal Tuberkulosis

Hal ini berdasarkan beberapa hasil uji aktivitas yang telah dilakukan. Bahwa diketahui ternyata ekstrak murni daun ciplukan dapat menghambat pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis sehingga berpeluang besar untuk dikembangkan lebih jauh sebagai obat herbal tuberkulosis.

9. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Kandungan senyawa anti bakteri dalam buah ciplukan yang diduga mampu mempromosikan degradasi dan penyerapan fibrosis hati serta mampu menyingkirkan kelebihan lemak, garam dan racun dari sistem limfatik.

10. Berguna dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid yang tinggi pada ceplukan sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Karotenoid ini berfungsi sebagai pengurang stres oksidatif dalam sistem okular, mencegah timbulnya katarak juga degenerasi makula terkait usia.

11. Peningkat Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah ceplukan untuk kesehatan yang terakhir di sini adalah berkaitan dengan sistem imun tubuh. Selain memiliki karotenoid, ceplukan juga mengandung vitamin C yang akan melengkapi kehebatan dari manfaat daun dan buah ciplukan. Inilah yang dikatankan “sakti”nya buah ceplukan sebagai obat “dewa” bagi kesehatan. Vitamin C dalam ciplukan bersifat antioksidan dan mampu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh.

Diketahui bahwa vitamin C juga memainkan peran penting dalam proses pembentukan kolagen, yakni suatu protein yang membantu mendukung tendon, ligamen, pembuluh darah hingga membantu menjaga kesehatan kulit dan organ tubuh lain secara keseluruhan.

Baca Juga:

Ketika tidak banyak orang mengetahui hebatnya buah ceplukkan, Anda yang membaca tulisan ini akan berfikir ulang dalam merawat dan memiliki beberapa tanaman ceplukkan di sekitar rumah.

Bisa disebut ceplukan sebagai salah satu tanaman obat. Kesadaran tanaman obat ini sangat berguna bagi kesehatan manusia, Anda, dan keluarga yang Anda cintai. Mencintai tanaman herbal seperti mencintai kesehatan itu sendiri. Mahal tapi jarang disadari. Semoga bermanfaat.