Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil, Mampu Mencegah Bayi Terlahir Cacat


Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil, Mampu Mencegah Bayi Terlahir Cacat. Siapa yang tak kenal dengan buah kurma? Buah yang berasal dari daerah timur tengah ini memiliki rasa yang manis. Sekarang banyak sekali olahan yang menggunakan kurma karena khasiat kurma yang sudah diyakini sejak dahulu. Berbagai olahan yang menggunakan kurma antara lain sari kurma, selai kurma, dan masih banyak lagi.

Namun tahukah bahwa manfaat kurma untuk ibu hamil ternyata sangat banyak, tidak Cuma untuk ibu hamil saja bahkan untuk janin dalam kandungan juga mampu merasakan khasiatnya. Sebelum kita membahas secara lengkap tentang manfaat kurma untuk ibu hamil lebih baiknya kita menengok sedikit tentang buah kurma.

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Berikut manfaat kurma untuk ibu hamil dan juga untuk janin hingga mampu mencegah bayi terlahir cacat.

1. Sumber energi

Selama hamil, Bunda membutuhkan energi lebih banyak. Makan kurma setiap hari bisa memberi asupan gula yang dibutuhkan tanpa tambahan kalori.

2. Mencegah Sembelit Saat Hamil

Kurma kaya akan serat sehingga menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan menghindari sembelit yang sering dialami ibu hamil. Selain itu, kurma juga mengenyangkan, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu menjaga berat badan tetap stabil.

3. Protein Yang Dibutuhkan Untuk Produksi Asam Amino

Kurma memberikan asupan protein yang cukup untuk membantu tubuh memproduksi asam amino yang dibutuhkan bagi perkembangan tubuh.

4. Mencegah Terjadinya Cacat Lahir

Kandungan asam folat di dalam kurma sangat bermanfaat untuk mencegah cacar lahir yang bisa menyerang otak dan tulang belakang. Manfaat makan kurma saat hamil bisa membantu mencegah bayi mengalami cacat lahir.

5. Kaya Vitamin K

Vitamin K berguna untuk membantu pertumbuhan tulang. Saat lahir bayi memiliki kadar vitamin K yang rendah. Jika ibu hamil makan kurma, maka tubuhnya memiliki cukup vitamin K untuk diserap oleh bayi saat menyusui.

Baca Juga:

6. Mencegah Anemia

Kurma bisa memberikan asupan zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, sehingga mencegah terjadinya anemia. Zat besi menjaga kadar hemoglobin di tubuh dan menguatkan sistem imun bumil dan bayi di dalam kandungan.

7. Menjaga Keseimbangan Kadar Air Garam

Kandungan potasium di dalam kurma menjaga keseimbangan kadar air garam, mengatur tekanan darah, dan mencegah kram otot. Kekurangan potasium bisa memicu masalah ginjal.

8. Kaya Akan Magnesium

Magnesium menjaga formasi tulang dan gigi pada bayi agar normal. Magnesium juga mengatur kadar gula darah dan tingkat tekanan darah. Kurma membantu mencegah kekurangan magnesium dalam tubuh Bunda, yang bisa menyebabkan kelainan ginjal dan hati.

9. Memudahkan Persalinan

Kurma mendorong oksitoksin untuk melakukan kontraksi di rahim sehingga meningkatkan sensivitas di uterus. Asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh di dalam kurma memberi asupan energi, juga memproduksi prostaglandins yang dibutuhkan untuk persalinan. Selain itu, kandungan serotonin, kalsium dan tanin membantu kontraksi otot rahim sehingga proses persalinan menjadi lebih cepat.

Baca Juga:

Meskipun manfaat kurma begitu banyak untuk ibu hamil, ibu hamil juga perlu membatasi konsumsi kurma. Konsumsilah sesuai aturan dan jangan berlebihan. Sesuatu apapun yang berlebihan pasti hasilnya kurang baik. Demikian tadi manfaat kurma untuk ibu hamil, semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.