10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil, Mampu Mencerdaskan Janin Dalam Kandungan


Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Yang Paling Ampuh

10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil, Mampu Mencerdaskan Janin Dalam Kandungan. Kacang hijau, bahan makanan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan dan minuman ini ternyata memiliki banyak manfaat. kita bisa memperoleh manfaat kacang hijau dengan cara mengkonsumsinya. Manfaat kacang hijau baik untuk kesehatan, kecantikan serta untuk rambut. Namun kali ini kita akan membahas manfaat kacang hjau untuk ibu hamil yang tak kalah banyaknya dengan manfaat bahan makanan yang lainnya.

Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah. (wikipedia)

MANFAAT KACANG HIJAU UNTUK IBU HAMIL. Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam bubur. Tepung biji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun.

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. Tak hanya itu saja kacang hijau juga mengandung kalsium dan fosfor yang mampu memperkuat tulang. Juga mengandung rendah lemak, lemak yang terdapat pada kacang hijau merupakan lemak tak jenuh, mengandung vitamin B1 serta multiprotein yang mampu meregenerasi sel kulit yang mati.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Terupdate

Manfaat mengkonsumsi kacang hijau bagi ibu hamil antara lain:

1. Menjaga Saluran Pencernaan

Ibu hamil seringkali mengalami gangguan pencernaan karena janin semakin besar dan mendesak bagian perut. Apabila seorang ibu mengonsumsi kacang hijau, maka kebutuhan seratnya akan terpenuhi sehingga melancarkan konstipasi dan mengatasi berbagai masalah pencernaan lainnya.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang

Salah satu pertumbuhan penting pada bayi terletak pada tulang. Kacang hijau memiliki kandungan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang sehingga ketika bayi lahir, ia akan mengalami pertumbuhan tulang secara optimal. Selain itu, kebutuhan fosfor yang dapat terpenuhi dapat menghindarkan anak dari berbagai penyakit tulang.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak orang yang berpikir bahwa makanan dengan kandungan lemak sangat beresiko untuk memicu penyakit jantung. Tapi tak perlu khawatir bagi ibu hamil yang mengonsumsi kacang hijau karena makanan ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

4. Menjaga Pertumbuhan Sel

Protein adalah salah satu kandungan dalam kacang hijau yang cukup tinggi. Protein ini bermanfaat dalam pertumbuhan sel pada bayi, bahkan ada yang mengatakan jika kacang hijau dapat menebalkan rambut pada bayi karena pada umumnya orang tua menginginkan anaknya memiliki rambut hitam dan tebal.

5. Perkembangan Saraf Bayi

Selain untuk sang ibu, kacang hijau juga bermanfaat untuk janin di dalam kandungan. Banyak orang tua yang khawatir akan keadaan anaknya setelah lahir. Mereka menginginkan anak yang sempurna, artinya tidak kekurangan orang atau bagian dalam tubuh. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau untuk mengurangi resiko kelainan pada bayi ketika lahir.

6. Sebagai Sumber Energi

Kandungan lain pada kacang hijau yang cukup tinggi adalah karbohidrat. Orang Indonesia pada umumnya akan merasa kenyang jika ia makan makanan berkarbohidrat. Apabila kita mengonsumsi kacang hijau maka energi dalam tubuh akan tetap terjaga. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan menyusui karena tersedianya energi. Apabila seorang ibu menyusui tidak cukup energinya maka kualitas ASI yang diberikan juga tidak berkualitas tinggi.

7. Menjaga Nafsu Makan

Kandungan vitamin B dalam kacang hijau dapat meningkatkan nafsu makan. Salah satu masalah pada ibu hamil karena ia merasa mual dan muntah sehingga menghilangkan nafsu makan. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang hijau akan meningkatkan nafsu makan pada ibu.

8. Mencegah Berbagai Penyakit

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan dalam tubuh. Hal ini akan berdampak pada kemampuan kita dalam menghalau berbagai pernyakit yang akan datang.

Baca Juga:

9. Membantu Penyerapan Protein

Dalam tubuh manusia, terdapat proses penyerapan protein. Vitamin B2 di dalam kacang hijau dapat membantu proses ini. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil 8 bulan akan berperan dalam proses kehamilan juga.

10. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Siapa orang tua yang tidak ingin anaknya tumbuh menjadi seseorang yang cerdas. Kecerdasan pada otak bayi tidak luput dengan nutrisi yang diberikan di dalam kandungan. Kacang hijau salah satu makanan yang dapat meningkatkan kemampuan otak sehingga ketika ia lahir akan menjadi anak yang cerdas.

Demikian manfaat kacang hijau untuk ibu hamil serta juga bagus untuk janin dalam kandungan. Selalu dapatkan informasi menarik lainnya dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com. semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.