Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil, Cara Alami Atasi Morning Sickness

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil, Cara Alami Atasi Morning Sickness. Madu, pengganti gula yang sangat diminati oleh semua kalangan. Bukan Cuma rasanya saja yang manis, madu ternyata bisa dimanfaatkan diberbagai jenis makanan mulai dari kue, minuman serta jenis makanan yang lainnya. Madu juga menyimpan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun kali ini manfaatcaranya.com akan membahas manfaat madu untuk ibu hamil.

Mengingat ibu hamil membutuhkan banyak asupan gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Bumil juga sangat rentang terhadap berbagai jenis makanan dan minuman karena akan berdampak pada janin dalam kandungan. Sebelum kita jauh membahas tentang khasiat madu untuk ibu hamil alangkah baiknya kita mengetahui seputar tentang madu untuk menambah pengetahuan kita.

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6. (wikipedia)

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Terlengkap

Berikut manfaat madu untuk ibu hamil serta untuk janin dalam kandungan yang merupakan makanan yang aman dan sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Baca Juga:

Meringankan Rasa Mulas Pada Ibu Hamil

Mulas merupakan salah gangguan kehamilan yang wajar terjadi pada awal kehamilan. Hormon yang dilepaskan selama kehamilan menyebabkan sphincter diantara kerongkongan dan lambung menjadi lebih lunak. Ketika kondisi seperti ini terjadi maka asam lambung kembali kekerongkongan yang menyebabkan ada rasa terbakar. Kondisi ini bisa terjadi sampai pada bulan-bulan terakhir kehamilan.

Hal ini disebabkan bayi akan mendorong semua organ ke atas. Sehingga efek yang dirasakan juga adanya rasa mulas. Rasa mulas ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi susu, yang ditambah dengan madu. Percampuran antara susu dan madu dapat mentralisir kelebihan asam lambung. Minum segelas susu setiap malam sebelum tidur dengan manfaat madu untuk ibu hamil, dapat mengatasinya.

Menjaga Sistem Kekebalan Ibu Hamil

Pada masa kehamilan ditrimester pertama kekebalan tubuh ibu hamil cenderung turun, salah satu permasalahan kesehatan yang paling sering yaitu influenza atau pilek. Saat pilek, maka ibu hamil akan mengalami hal dimana selaput lendir terjadi pembengkakan yang menyebabkan sulit untuk bernafas. Ibu hamil perlu meningkatkan konsumsi makanan atau minuman yang kaya vitamin seperti buah buahan untuk ibu hamil. Ibu hamil dapat membuat teh dengan tambahan madu untuk meringankan sakit tenggorokan yang tidak nyaman.

Mengatasi Morning Sickness

Mual dan muntah pada trimester pertama masa kehamilan merupakan suatu hal yang wajah, hamper 70% ibu hamil mengalami hal tersebut. Morning sickness dapat menyebabkan penurunan berat badan, bila dibiarkan berkelanjutan dan dapat menyebabkan malnutrisi atau komplikasi kesehatan yang serius, sehingga dapat memengaruhi perkembangan janin. Konsumsi madu mampu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Manfaat madu untuk ibu hamil, mengandung Fe atau Zat besi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah eritrosit pada ibu hamil. Ibu hamil sering kali mengalami anemia, dengan meningkatnya sel darah merah maka akan meningkatkan kadar hemoglobin.

Mengurangi Insomnia Pada Ibu Hamil

Madu akasia diantaranya memiliki khasiat secara khusus untuk menaikkan nafsu makan. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga menyebabkan ibu hamil mudah untuk tidur.

Memperkuat Kandungan Ibu Hamil

Madu apel dapat mengobati rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain itu, madu apel dapat memperkuat kandungan ibu hamil. Madu apel juga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga membantu dalam mempersiapkan persalinan.

Mengobati Maag Selama

Dalam ramuan untuk mengobati maag saat hamil, gunakan kunyit segar sebesar 2 kali ibu jari dan temu putih sebesar ibu jari. Kemudian kedua bahan ini direbus kedalam 500 cc air hingga menjadi berkurang setengahnya. Ambil rebusan air nya kemudian disaring setelah hangat dimasukkan madu perlahan-lahan. Namun harus diketahui dulu perbedaan mual hamil atau maag, sebelum melakukan pengobatan ini.

Aman Untuk Ibu Hamil

Tak perlu takut untuk mengkonsumsi manfaat madu untuk ibu hamil. Dalam sebuah jurnal Canadian Family Physician menjelaskan sistem pencernaan orang dewasa terdapat bakteri yang dapat melindungi dari botulisme atau penyakit yang menyebabkan kekakuan pada otot setelah anak lahir dan berpotensi menyebabkan kematian. Namun toksin dari botulisme sendiri tidak akan sampai kepada plasenta.

Demikian manfaat madu untuk ibu hamil yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Konsumsi madu mulai awal kehamilan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.