Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami


Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami

Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami. Apa penyebab cegukan yang tidak berhenti secara terus-menerus sehingga membuat jengkel. Bagaimana obat alami cegukan tanpa obat yang bisa dilakukan saat itu juga. Lalu tips apa untuk  menghilangkan cegukan(sigultus) pada anak dan orang dewasa. Sebelumnya apa itu cegukan? Cegukan adalah ketika ada kejang pada diafragma, alias otot yang memisahkan rongga dada dari rongga perut. Kejang menyebabkan asupan napas secara tiba-tiba berhenti di penutupan pita suara (glottis), dan kemudian membuat kita mengeluarkan suara seperti “hik!” saat cegukan. BACA: MANFAAT BAWANG UNTUK MEMBERSIHKAN TELINGA DAN EFEK SAMPINGNYA.

Cegukan biasanya sering dialami oleh berbagai kalangan usia, termasuk bayi. Durasi waktu ketika seseorang mengalami cegukan juga bervariasi, namun kebanyakan hanya beberapa menit. Selain hal-hal di atas, cegukan juga bisa dipicu oleh keadaan emosi kita, misalnya perasaan gembira, perasaan sedih, atau stres.

Beberapa penyebab cegukan lainnya yaitu:

  • Rokok
  • Minuman bersoda
  • Minuman panas
  • Minuman beralkohol
  • Makanan pedas
  • Makan terlalu cepat
  • Menelan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin
  • Perut kembung
  • Perubahan suhu yang terjadi tiba-tiba
  • Makan terlalu banyak

Baca Juga:

Beberapa orang juga mengalami hal ini bahkan bisa terjadi hingga berhari-hari, berminggu-minggu dan berbulan-bulan. Referensi keyword di google seperti cara menghilangkan cegukan membandel, cara mudah menghilangkan cegukan dalam 5 detik, cara mengobati cegukan tanpa minum, cara cepat menghentikan cegukan pada bayi, tips mudah menghilangkan cegukan saat puasa, langkah-langkah menghilangkan cegukan bandel dan cara cepat cara menghilangkan cegukan(sigultus) pada anak dan orang dewasa.

Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami

Memang terasa kesal dan jengkel, apalagi saat acara penting mau pidato, sholat, bertemu dengan pacar atau acara penting lainya. Lalu bagaimana cara menghilangkan cegukan dengan cepat tanpa resiko. Cara sederhana untuk mengatasi cegukan (kecuali bila berkepanjangan, Anda harus pergi ke dokter), seperti dilansir NHS.

  1. Minum air dingin sedikit-sedikit.
  2. Menahan napas sebentar
  3. Menggigit lemon.
  4. Menelan butiran gula.
  5. Menelan sedikit cuka.
  6. Bernapas menggunakan kantong kertas.
  7. Tarik kaki Anda ke arah dada dan bersandarlah ke depan untuk menekan dada Anda

Baca Juga:

Jika cara alami dan mudah mengatasi cegukan diatas tidak menyembuhkan silahkan beli obat di apotik seperti Chlorpromazine, Haloperidol, Baclofen. Metoclopramide dan Gabapentin. Sebagai informasi jika semua obat yang digunakan untuk menghilangkan cegukan dapat menimbulkan efek samping. Jadi pastikan berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai efek samping apa yang bisa timbul dan Anda rasakan, sebelum memulai pengobatan.