Manfaat dan Cara Membuat Masker Tomat Mampu Mengecilkan Pori-pori


Manfaat dan Cara Membuat Masker Tomat

Manfaat dan Cara Membuat Masker Tomat Mampu Mengecilkan Pori-pori. Tomat, terkadang seseorang masih ragu mengelompokkan tomat kedalam buah-buahan atau sayuran. Buah dengan lapisan lilin diluarnya ini ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan yang begitu banyak. Tomat yang biasa kita konsumsi atau sebagai tambahan dalam masakan ini ternyata bisa dibuat masker.

Tak hanya tomat saja yang memiliki banyak khasiat, ternyata masker tomat juga menganduk banyak manfaat untuk kulit wajah. Lantas apa ciri-ciri tomat?bagaimana cara membuat masker tomat?manfaat masker tomat untuk kecantikan?. Berikut akan kita ulas lebih lengkap tentang tomat.

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:

  • granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
  • gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar ‘Gondol Hijau’ dan ‘Gondol Putih’, dan keturunan dari kultivar impor ‘Roma’) dan termasuk pula tomat buah,
  • sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
  • ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Nutrisi yang tekandung pada tomat antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, potassium dan masih banyak kandungan lainnya seperti mineral magnesium dan belerang. Selain itu, tomat juga sangat kaya akan serat alami yang bisa mencapai lebih dari 2 gram pada sebuah tomat segar atau lebih dari 7% dari total kebutuhan serat alami yang diperlukan oleh tubuh kita.

Manfaat dan Cara Membuat Masker Tomat Terlengkap

Jadi kandungan nutrisi yang terdapat pada tomat memang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran bila tomat memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat masker tomat untuk kulit wajah yang bisa anda dapatkan dengan rutin menggunakannya.

  1. Menyehatkan kulit
  2. Melembabkan kulit
  3. Mengecilkan pori-pori wajah
  4. Mengembalikan keremajaan kulit sehingga kulit tampak bersinar alami
  5. Mencegah jerawat
  6. Mencegah penuaan dini
  7. Mengontrol minyak pada wajah
  8. Memutihkan kulit
  9. Menghaluskan kulit wajah
  10. Mengelupaskan dan mengangkat sel kulit mati

Cara Membuat Masker Tomat

Mengingat banyaknya manfaat masker tomat yang bisa kita dapatkan, tak heran bila klinik kecantikan banyak yang menawarkan perawatan dengan menggunakan tomat. Namun bagi anda yang ingin membuat masker tomat sendiri, cara membuat masker tomat tergolong sangat mudah dan tidak ribet. Bahan utama yang perlu anda siapkan yaitu tomat. Berikut cara lengkap membuat masker tomat untuk wajah berseri dan bebas dari jerawat.

Simak Juga:

1. Tomat, Oatmeal dan Air Perasan Lemon

Dalam merawat kulit, terutama bagian wajah, memang terkadang Anda harus merogoh kocek banyak kalau harus melakukan perawatan di salon. Supaya lebih hemat dan alami serta aman, tak ada salahnya untuk menggunakan tomat bersama dengan oatmeal dan lemon sebagai kombinasi yang sempurna.

Caranya: Anda bisa membuat jus tomat lebih dulu yang kemudian bisa Anda tambahkan dengan air perasan lemon serta oatmeal sesuai kebutuhan. Aduk-aduklah larutan ini sampai akhirnya merata, barulah Anda balurkan pada bagian leher dan wajah. Hanya saja, jangan sampai masker ini mengenai mata maupun hidung karena bisa mengakibatkan rasa perih. Sesudah 20 menit barulah Anda pakai air biasa untuk membasuh.

2. Tomat dan Maizena

Resep lain yang layak dicoba adalah perpaduan antara tomat dan maizena untuk dijadikan masker wajah. Manfaat tomat untuk kulit wajah sendiri sudah cukup besar, dan ketika mencampurkannya dengan maizena, maka manfaat bagi kulit akan jauh lebih besar lagi.

Caranya: Yang perlu Anda sediakan jelas adalah buah tomat yang masih segar, dan tak lupa tepung maizena yang banyaknya cukup 1 sendok makan saja. Tomat harus Anda haluskan lebih dulu dengan memblender atau menumbuknya barulah ditambahkan dengan sesendok makan tepung maizena tadi. Aduklah rata dan kemudian balurkan ke leher dan wajah. Bersihkan dengan air biasa sesudah lewat dari 20 menit.

3. Tomat dan Madu

Tahukah Anda bahwa mengombinasikan madu serta tomat untuk dijadikan masker wajah adalah ide cemerlang? Manfaat dari kombinasi kedua bahan ini akan lebih besar karena mampu menjadi solusi bagi masalah jerawat, wajah yang kusam serta komedo yang mengganggu.

Caranya: Sediakan seperti biasa bahan utamanya, yakni buah tomat segar 1 saja. Tak ketinggalan, Anda pasti membutuhkan juga 1 sendok makan madu murni. Sesudah tomat Anda bersihkan, maka silakan menghaluskannya dan campurkan bersama madu murni tadi sampai merata. Aplikasikan ke wajah secara menyeluruh dan biarkanlah selama kurang lebih 20 menit sebelum membersihkan menggunakan air biasa.

Anda bisa mengkombinasikan dan membuat campuran masker tomat sendiri dengan bahan-bahan yang tersedia dirumah misalnya susu, yogurt, kentang, mentimun, jeruk nipis, madu, jojoba oil, minyak zaitun dll. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan penggunaan masker omat sebaiknya rutin seminggu sekali.

Demikian cara membuat masker tomat serta manfaat masker tomat untuk kulit wajah dan kulit tubuh. Anda bisa mencoba masker alami lainnya dengan bahan-bahan yang memiliki nutrisi yang banyak untuk kulit. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Dapatkan info menarik seputar kecantikan, gaya hidup, kesehatan dan yang lainnya dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com.