Manfaat Bawang Putih dan Cara Membersihkan Kotoran di Telinga


Manfaat Bawang Putih Dan Efek Sampingnya

Manfaat Bawang Putih dan Cara Membersihkan Kotoran di Telinga. Apakah khasiat dari bawang putih dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan. Bawang putih dikenal sebagai salah satu penambah rasa masakan, tapi juga dipercaya berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Asal Anda tahu jika bawang putih sendiri telah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Bawang putih yang mempunyai nama latin Allium sativum; bahasa Inggris: garlic merupakan nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Kebutuhan bawang putih yang kaya akan manfaat juga mencadi salah satu rempah pokok dalam setiap masakan. Bisa dibilang rasanya yang kuat tentu akan ampuh menambah cita rasa dalam setiap menu masaka. Nah, selain ampuh sebagai bumbu masak makemak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit. Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Simak penjelasan MC (manfaat caranya) berikut ini.

Perlu diketahui jika bawang juga memberikan dampak kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan entah itu sebagai bumbu masak atau kesehatan.

Efek samping bawang putih diataranya:

  • Menyebabkan gangguan pencernaan
  • Penyebab pendarahan berlebihan
  • Menyebabkan bau mulut
  • Menyebabkan bau badan
  • Menimbulkan rasa perih
  • Menimbulkan iritasi pada mata

Manfaat Bawang Putih

Selanjutnya mari kita simak apa saja manfaat dan khasiat bawang putih untuk kesehatan menurut penelitian oleh para ahli. Meski demikian, beberapa penelitian telah menemukan kemungkinan manfaat seperti berikut ini.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Untuk mengetahui kada kolesterol seseorang Anda harus puasa terlebih dahulu. Seperti penelitian yang dilansir Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak.

Sedangkan pakar lain juga memberikan sebuah referensi di Rafsanjan University of Medical Sciences ternyata manfaat bawang putih yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jadi kesimpulanya adalah mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

2. Mengendalikan tekanan darah

Mungkin banyak yang belum tahu jika bawang ini mempunyai kandungan polisulfida yang bermanfaat mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Tak heran jika makan bawang putih rutin selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

3. Menjaga kesehatan otak

Bagi siapa saja yang pernah mengalami permasalahan otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia bisa diobati dengan mengkonsumsi bawang putih. Sebuh penelitian yang dikuak Journal of Neurochemistry membuktikan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia pada bawang putih tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

Baca Juga:

4. Mengatasi jerawat

Seorang dokter kulit sekaligus penulis buku 100 Questions and Answers About Acne, Doris Day, M.D, Jika manfaat dan khasiat bawang putih untuk menghilangkan jerawat mungkin saja berhasil karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang. Menurut salah satu ahli gizi salah satu universitas terkenal luar negeri jika khasiat bawang putih memang dapat membantu melawan peradangan berkat bahan kimia alaminya yang bernama allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih mampu membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh penyebab jerawat

Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Berikut ini adalah cara mudah menanam bawang putih di pot di rumah:

1. Menyiapkan pot
2. Memilih benih yang baik
3. Menyiapkan Media Tanam
4. Penanaman dan Perawatan
5. Pemanenan
6. Pasca panen bawang putih
7. Menyiapkan bakal benih baru

Cara Membersihkan Kotoran di Telinga

Inilah tips membersihkan kotoran di telinga yang cukup mudah dan bisa dilakukan setiap saat.

Diletakkan Pada Telinga

Caranya dengan menaruh bawang putih yang telah dikupas, kemudian memilih umbi bagian tengah yang memiliki warna lebih kuning daripada luarnya (bagian lain jangan digunakan), lalu pasang dengan tidak lupa memaruh benang atau tali kecil sehingga jika sudah tidak nyaman di liang telinga, akan gampang untuk mengeluarkannya.

Lama waktu pemasangan bawang putih pada telinga yang dianjurkan adalah satu malam. Pada saat meletakkan bawang putih di telinga, kita harus pastikan supaya posisi bawang tersebut tidak jatuh dengan sendirinya ketika kita tidur.

Obat Tetes Telinga

Campuran bawang putih dan minyak zaitun berfungsi untuk menyembuhkan infeksi telinga. Bahan yang dibutuhkan adalah satu suing bawang putih segar dan 2 sendok makan minyak wijen atau minyak zaitun. Untuk membuat campuran ini, ada beberapa cara.

Cara pertama yaitu dengan memasukkan bawag putih cincang ke dalam minyak zaitun yang telah dipanaskan, kemudian setelah bawang putih dimasukkan, masih dipanaskan dengan suhu rendah selama kurang lebih 20 menit yang bertujuan minyak menyerap manfaat dari bawang putih.

Kemudian disaring hingga mencapai suhu tubuh, kemudian gunakan sebanyak dua tetes di telinga. Setelah 24 jam, usahakan buat ramuan baru. Karena bakteri bisa timbul dari bawang putih itu sendiri. Cara yang kedua adalah tidak memanaskan bawang putih atau hanya mencincang dan memasukkan ke minyak zaitun yang tidak dipanaskan selama dua atau tiga jam seleum digunakan.

Baca Juga:

Bawang Putih dan Garam

Tiga hingga lima siung bawang putih dimasukkan ke dalam air dan dididihkan sekitar lima hingga tujuh menit.Campuran bawang putih dan garam tersebut dilumat dan dimasukkan dalam kain kasa. Kemudian diletakkan pada arah berlawanan dengan bagian yang terinfeksi selama beberapa menit hingga rasa sakit reda.

Itulah kutipan singkat tentang kesehatan mengenai manfaat bawang putih dan cara membersihkan kotoran di telinga dengan cepat. Jika artikel diatas bermanfaat silahkan share ke teman, sahabat, keluarga melalui WA, BBM, Line, Path Twitter maupun media sosial lainya.