Manfaat Masker Beras Untuk Mencerahkan Kulit Serta Cara membuatnya


Manfaat Masker Beras Untuk Kulit Wajah

Manfaat Masker Beras Untuk Mencerahkan Kulit Serta Cara membuatnya. Beras merupakan makanan pokok bagi warga Indonesia. Selain sebagai sumber karbohidrat berat ternyata memiliki banyak manfaatnya. Ternyata di Jepang beras digunakan sebagai perawatan kulit tubuh dan kulit wajah. Masker beras sangat terkenal dijepang yang dipercaya mampu mencerahkan kulit dan sudah dipakai sejam zaman dahulu kala.

Tak hanya itu saja, masker beras ternyata sangat cocok untuk semua jenis kulit mulai dari kulit kering maupun kulit berminyak. Anda bisa memadukan beras dengan berbagai bahan alami yang juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kulit, misalnya putih telur, madu, lemon, susu, yogurt atau bahan alami lainnya. Namun tahukan anda khasiat atau manfaat lain dari masker beras untuk kulit?. Sebelum kita ulas mengenai manfaat masker beras akan lebih baiknya kita mengetahui pengertian beras dan jenis beras terlebih dahulu.

Beras merupakan bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut ‘palea’ (bagian yang ditutupi) dan ‘lemma’ (bagian yang menutupi).

Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Beras umumnya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi dapat tumbuh hingga setinggi 1 – 1,8 m. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50 – 100 cm dan lebar 2 – 2,5 cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang 5 – 12 mm dan tebal 2 – 3 mm.

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air.

Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat:

  • amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang
  • amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket

Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras.

Manfaat Masker Beras Untuk Mencerahkan Kulit

Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endospermia, dan komposisi pati pada endospermia.

  • Beras putih, sesuai namanya, berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
  • Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
  • Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
  • Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
  • Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam

Sedangkan manfaat masker beras untuk kulit wajah antara lain

  1. Membantu menghilangkan flek hitam
  2. Anti penuaan dini
  3. Mengecilkan pori-pori
  4. Meregenerasi sel kulit yang mati
  5. Mengencangkan kulit
  6. Membantu Mengatasi Jerawat
  7. Memutihkan Kulit Secara Alami
  8. Membantu Menghaluskan Kulit
  9. Membantu Mengurangi Minyak Berlebih
  10. Sebagai Perlindungan Terhadap Kulit Secara Alami
  11. Mengatasi Jerawat
  12. Regenerasi Kulit
  13. Mengangkat Kotoran
  14. Melembabkan Kulit
  15. Memberikan Nutrisi Kulit
  16. Meminimalisir Kerutan
  17. Mengangkat Bekas Make Up
  18. Menghilangkan Komedo

Simak Juga:

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin menggunakan masker beras. Untuk anda yang sudah penasaran dengan cara membuat masker beras berikut cara mudah membuat masker beras dengan tambahan bahan-bahan alami yang mampu menutrisi kulit wajah dan tubuh.

  1. Cuci beras hingga benar-benar bersih
  2. Rendam semalaman
  3. Haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender
  4. Bila langsung dipakai tambahkan bahan-bahan alami seperti madu, putih telur, kopu, tomat, alpukat, bengkoang, susu, yogurt hingga membentuk pasta. Anda juga bisa menyimpan tepung beras dengan cara dikeringkan terlebih dahulu
  5. Aplikasikan pada wajah, namun sebelumnya bersihkan wajah terlebih dahulu
  6. Tunggu hingga 20-30 menit lalu angkat dengan menggunakan air hangat
  7. Untuk mendapatkan hasil terbaik gunakan minimal seminggu sekali.

Demikian tadi manfaat masker beras untuk kecantikan serta cara membuatnya. Anda bisa membuat sendiri dirumah, bila anda ingin membeli masker pabrikan pastikan masker yang anda beli aman bagi kulit anda. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda semua.