8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Mampu Menjaga Kesehatan Hati


8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Mampu Menjaga Kesehatan Hati

8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Mampu Menjaga Kesehatan Hati. Manfaat temulawak untuk kesehatan  tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Temulawak sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal oleh nenek moyang kita. temulawak sendiri sudah dikenal sebagai obat herbal asli Indonesia. Temulawak juga mampu untuk meredakan penyakit hati, jantung dan ginjal. Pada artikel sebelumnya kita mengulas mengenai manfaat memelihara jenggot sesuai dalam ilmu kesehatan.

Temu lawak (Curcuma zanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Nama daerah di Jawa yaitu temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temu lawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur

Minuman ekstrak rimpang temu lawak berkarbonasi (limun temu lawak) juga dikenal di Indonesia, khususnya di Jawa. Minuman penyegar ini diproduksi mulai akhir dekade 1960-an dan mengalami kejayaan di sekitar 1970 sampai 1980-an.

Rimpang temu lawak dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa pengusir (repellant) nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linalool, suatu geraniol yaitu golongan fenol yang tidak disukai Aedes aegypti

8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Mampu Menjaga Kesehatan Hati

Pemanfaatan pada rimpang temulawa yang diproses dan menjadi obat herbal, cara pengolahannya juga berbeda-beda. Ada yang dibuat serbuk, ada yang langsung diseduh dan ada pula yang melalui proses dijemur tapi hal tersebut tidak mengurangi khasiat dari temulawak. Berikut ini ada beberapa manfaat dari tanaman temulawak yang baik untuk kesehatan dan penting untuk Anda ketahui:

LIHAT JUGA:

1. Menjaga kesehatan hati

Temulawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, ini karena temulawak mengandung katagoga. Katagoga inilah yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

2. Mengurangi radang sendi

Temulawak juga mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan Anda, terutama untuk mengurangi radang sendi.

3. Menurunkan lemak darah

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu temulawak dapat menurunkan lemak darah. Temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoid, ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

4. Mengatasi penyakit maag

Untuk mengatasi penyakit maag, siapkan temulawak 1 rimpang. Cuci bersih dan buang kulitnya, iris menjadi tipis-tipis kemudian rebus menggunakan air sebanyak 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin.

5. Melancarkan pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti perut kembung atau masuk angin dapat Anda atasi dengan menggunakan temulawak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi temulawak setiap hari secara rutin.

6. Menyehatkan jantung

Temulawak atau yang juga disebut curcuma ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

7. Mengatasi kanker

Temulawak dipercaya dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan kanker prostat, dimana cara kerjanya yaitu dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

8. Mengatasi gangguan ginjal

Manfaat temulawak untuk kesehatan ginjal juga tidak perlu diragukan lagi, dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin maka gangguan ginjal yang terjadi dapat teratasi dengan baik.

Simak Juga:

Cara Membuat Ramuan Temulawak

Ada banyak cara mengolah temulawak menjadi minuman yang sangat nikmat dengan sejuta manfaat. Bila anda pergi ke jogja maka anda akan menemukan wedang uwuh yang isinya banyak sekali rempah-rempah terutama temulawak. disini kita akan berbagi cara membuat ramuan temulawak yang original. Berikut cara untuk membuat ramuan/seduhan temulawak.

  • Siapkan temulawak sebanyak 2 rimpang, daun kumis kucing 1 genggam, 1 genggam daun meniran dan gula batu secukupnya.
  • Cuci bersih semua bahan kecuali gula batu, temulawak diiris tipis-tipis. Campur semua bahan kemudian rebus menggunakan air sekitar 1000ml. Setelah mendidih tunggu hingga air yang tertinggal hanya tinggal setengahnya, angkat dan saring airnya. Gunakan airnya untuk diminum secara rutin setiap harinya.

Berikut adalah manfaat dari temulawak yang kita ulas, sangat banyak bahan-bahan alam yang berguna untuk kesehatan dan sudah dijadikan sebagai obat herbal. Kita harus lebih menambah pengetahuan untuk mengetahui obat herbal yang ada diindonesia. Dengan obat herbal kita akan terhindar dengan obat-obat kimia. Semoga ulasan diatas bermanfaat.