5 Manfaat Memilihara Jenggot Bagi Kesehatan


5 Manfaat Memilihara Jenggot Bagi Kesehatan

5 Manfaat Memilihara Jenggot Bagi Kesehatan. Jenggot merupakan rambut yang tumbuh pada kedua pipi dan dagu. Belakangan memang lagi ngetrend paa laki-laki memelihara jenggot. Namun dibalik trend tersebut ada manfaat yang tanpa disadari dalam memelihara jenggot. Meskipun jenggot tersebut tipis atau tidak lebat. Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai manfaat wortel, ternyata tak hanya baik untuk mata saja namun juga berkhasiat sebagai anti kanker.

Janggut atau jenggot adalah rambut yang tumbuh pada daerah dagu, pipi, dan leher pria. Rambut di daerah di atas bibir kadang juga dikelompokkan sebagai “janggut” walaupun secara spesifik lebih sering disebut kumis. Ilmu yang mempelajari janggut disebut pogonologi. Sepanjang sejarah, pria berjanggut telah diasosiasikan dengan berbagai atribut seperti bijaksana, maskulin, atau berstatus tinggi, tetapi kadang juga diasosiasikan sebagai kurang rapi atau eksentrik.

Dalam syariat Islam, umat Muslim disunnahkan untuk memotong habis kumis dan memelihara janggut, sekiranya orang tersebut berbakat memiliki janggut. Berjenggot merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Memelihara jenggot merupakan salah satu wujud ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Dengan melaksanakan ketaatan tersebut, seorang muslim mengharapkan ridha dan cinta Rabb-Nya.

5 Manfaat Memilihara Jenggot Bagi Kesehatan

Tak heran bila sekarang banyak dijumpai orang yang memelihara jenggotnya. Bahkan ada perawatan khusus terhadap jenggotnya agar yang empunya lebih kelihatan macho. Berikut manfaat berjenggot dalam ilmu kesehatan.

Baca Juga:

1. Jenggot Pelindung Paparan Ultraviolet

Manfaat pertama dari memelihara jenggot adalah menjadi pelindung dari paparan ultraviolet. Dari hasil penelitian University Of Southern Queensland ternyata jenggot mampu melindungi 95 persen kulit wajah yang rentan terpapar sinar UV. Dengan demikian, jenggot bermanfaat untuk mencegah resiko terjadinya kanker kulit.

2. Menghambat Proses Penuaan pada Kulit

Tenyata kulit yang tertutup jenggot akan terlihat lebih muda. Rambut pada kulit tersebut dapat membuat aliran air berhenti lebih lama hingga akan terjaga kelemabannya kulit. Dengan memelihara jenggot artinya terdapat kelenjar minyak yang tersembbunyi di dalamnya, sehingga membuat kulit di sekitar jenggot memiliki kelembapan alami. Tidak hanya itu, jenggot melindungi kulit dari paparan angin yang bisa membuat kulit infeksi dan kering.

Manfaat dan Khasiat Asam Jawa yang Begitu Dahsyat untuk Kesehatan Tubuh

3. Menjadi Perangkap Sumber Alergi

Selain dapat menghambat proses penuaan pada kulit tenyata memilihara jenggot bisa menjadi perangkap sumber alergi. Sama seperti rambut dalam hidung, jenggot juga bisa menangkap kotoran dan sumber polusi yang sangat berbahaya bagi tubuh. Dengan fungsi ini maka bisa menahan debu dan dapat menghindari dari penyakit asma.

4. Mempercepat Penyembuhan Penyakit Flu dan Batuk

Manfaat selanjutnya adalah dapat mempercepat penyembuhan penyakit flu dan batuk. Jenggot tebal di bawah dagu dan leher sangat membantu menjaga suhu pada leher tetap hangat, hingga akan membantu penyembuhan berbagai penyakit sindrom dingin tersebut.

5. Membuat Pria Lebih Menarik dan Maskulin

Manfaat terakhir dari memelihara jenggot kesehatan bagi lebih menaik dan maskulin. Hasil riset yang dipublikasikan evalution dan human behavior, menyebutkan pria berjenggot dianggap lebih maskulin dan lebih menarik di mata wanita.

Baca Juga:

Setelah mengetahui manfaat dari jenggot, tentunya anda para kaum adam akan lebih tertarik untuk memelihara jenggotnya bukan?. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan mampu menambah ilmu bagi anda semua.