Ketahui 4 Tips Investasi Kripto untuk Anda Para Pemula

Tips Investasi Kripto untuk Anda Para Pemula

Meskipun mata uang kripto atau cryptocurrency merupakan hal baru dalam dunia investasi, nyatanya banyak orang yang sudah melakukan investasi kripto belakangan ini. Ada yang karena memang tertarik terjun ke dunia aset kripto, namun ada juga yang sekedar ikutan-ikutan karena kepanikan dan takut ketinggalan tren atau FOMO (Fear of Missing Out).

Memang tidak dapat dipungkiri, investasi aset mata uang digital atau koin kripto ini mampu memberikan keuntungan yang sangat besar. Namun juga jangan dilupakan bahwa potensi dan risiko kerugiannya pun juga tidak kalah besarnya.

Banyak para pemula karena terburu nafsu ingin cepat kaya dan akibat FOMO menjadi gelap mata, lalu akhirnya mengalami boncos yang menyakitkan.

Tips untuk Pemula yang Ingin Investasi Kripto

Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda para pemula yang ingin berinvestasi pada aset koin atau token crypto.

1. Lakukan Analisis Mendalam

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika sudah memutuskan ingin terjun di dunia kripto adalah menganalisis pergerakan nilai mata uang kripto secara mendalam.

Pelajari dan cari tahu informasi sebanyak-banyaknya terkait tren, pemberitaan tentang kripto, hingga sistemnya itu sendiri. Selain itu, penting juga untuk memilih platform jual beli yang tepat dan aman untuk melakukan investasi crypto, misalnya saja melalui Tokenomy.

Anda pun juga harus menganalisis serta memilah mana saja uang kripto memiliki yang potensi tinggi untuk dibeli, dan golongan kripto tersebut masuk blue chip (beraset besar) atau tidak. Jangan sampai hanya karena sedang tren dan terdorong FOMO, Anda buru-buru ikut masuk tanpa melakukan analisis yang mendalam.

2. Bagi Porsi ke Beberapa Aset Kripto

Tips selanjutnya adalah membagi dana investasi Anda ke beberapa jenis mata uang kripto. Hal ini perlu Anda lakukan sebagai upaya diversifikasi investasi, sehingga penempatan modal atau dana investasi Anda tidak hanya di satu jensi aset kripto saja.

Pembagian porsi ini bertujuan untuk mengurangi risiko boncos di saat ada aset kripto Anda yang nilainya jeblok atau merosot sangat rendah. Dan diharapkan, investasi aset kripto Anda lainnya mengalami peningkatan sehingga bisa menjadi penopang investasi yang Anda lakukan.

3. Tentukan Batas Maksimal

Selain membaginya ke dalam berbagai porsi untuk beberapa aset kripto, Anda juga harus membatasi modal Anda dalam investasi ini. Misalnya Anda memiliki uang bebas (uang dingin) yang dialokasikan untuk investasi kripto, maka jangan langsung Anda masukkan semuanya ke dalam investasi.

Namun Anda bisa memulainya dengan 30% terlebih dahulu untuk Anda investasikan pada instrumen kripto. Lalu tunggu perkembangannya dalam 3 atau 6 bulan ke depan. Selanjutnya jika Anda sudah mendapatkan cuan, serta trennya semakin naik dan positif, maka Anda bisa meningkatkan investasi anda menjadi 50% dari keseluruhan dana investasi yang Anda miliki.

4. Beli Kripto saat Harga Rendah

Tips selanjutnya yang tidak kalah pentingnya dalam investasi kripto adalah membeli atau menambah aset kripto di saat harganya rendah. Pasalnya, hal ini akan dapat memberikan peluang cuan yang besar kepada Anda jika harga aset kripto tersebut mengalami kenaikan.

Dengan kata lain, momen ketika nilai aset kripto melemah dapat Anda manfaatkan untuk membeli atau menyerok, lalu menyimpannya dan menjual aset kripto tersebut di saat harganya naik kembali.