Sunday , April 14 2024
17 Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

17 Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

17 Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui. Bunga yang sering tumbuh dipinggir jalan ini ternyata memiliki khasiat yang belum banyak diketahui orang banyak. Kita sering menemukan sajian kembang turi pada masakan pecel. Bunga yang digunkakan sebagai pelengkap aneka gudangan ini memiliki rasa yang sangat khas. Bagi anda yang belum mengenal kembang turi, sebenarnya seperti apasih kembang turi tersebut?

Kembang Turi

Kembang Turi (Sesbania grandiflora), juga dikenal sebagai bunga turi, adalah sejenis pohon atau semak yang berasal dari wilayah tropis Asia Tenggara. Tanaman ini populer karena keindahan bunga-bunganya yang besar dan harum, serta manfaatnya dalam bidang pertanian dan kedokteran tradisional.

Ciri Kembang Turi

Ciri-ciri tanaman kembang turi adalah tingginya yang bisa mencapai sekitar 10-15 meter dengan daun majemuk berupa daun majemuk menyirip ganda. Bunga kembang turi memiliki kelopak berwarna putih atau merah muda yang membentuk kelopak seperti sayap kupu-kupu, dan bagian tengahnya terdapat benang sari yang panjang. Bunga kembang turi memiliki aroma yang khas dan menyenangkan.

Persebaran Kembang Turi

Tanaman kembang turi biasanya tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis dan subtropis, di tanah yang lembab dan kaya nutrisi. Mereka sangat toleran terhadap berbagai kondisi tanah dan kelembaban, sehingga sering digunakan sebagai tanaman peneduh di sepanjang jalan atau di kebun-kebun.

Manfaat Kembang Turi

Meskipun kembang turi memiliki citarasa yang begitu unik, nyatanya kembang turi memiliki banyak sekali manfaat. Anda bisa mengkonsumsi kembang turi hanya dengan direbus saja dan menambahkannya aneka sambal. Khasiat kembang turi yang masih jarang diketahui diantaranya.

1. Mengobati Sariawan

Sariawan biasanya terjadi karena kekurangan vitamin C, obati saja menggunakan kulit batang bunga turi. Caranya ambil kulit batang pohon bunga turi lalu remas dalam air. Kemudian airnya pakai untuk berkumur, bisa dengan merebus kulit batang pohon turi dan air rebusan diminum

2. Sakit Tenggorokan

Ambil segenggam daun turi dan remas di dalam air matang, Gunakan air untuk berkumur.

3. Mengobati Disentri

Ambil kulit batang pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari, rebus dengan 2 gelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum dan Lakukan 2 kali sehari. Baca Juga: Tips Mengatasi Diare Pada Bumil

4. Mengobati Batuk

Ambil segenggam daun turi merah dan daun inggu. Cuci bersih dan tumbuk sampai halus, tambah perasan air jeruk nipis dan aduk hingga rata.

5. Batuk Berdahak

Selain daunnya, akar turi juga berkhasiat mengobati batuk berdahak. Caranya ambil akar turi dan tumbuk sampai halus, tambah dengan ½ air matang dan 1 sendok makan madu. Aduk rata, serta peras airnya.

6. Demam Nifas

Daun turi tumbuk halus dan tambah ¾  cangkir air matang dan sedikit garam, setelah itu air disaring dan dapat diminum.

7. Hidung berair dan Sakit Kepala

Ambil daun dan bunga turi kemudian tumbuk sampai halus serta tambah setengah gelas air matang, saring dan minum airnya.

8. Cacar air dan demam

Jika Si Kecil mengalami demam karena cacar air, Anda bisa manfaatkan kulit batang bunga turi sebagai obat. Caranya, ambil kulit batang bunga turi sebesar ibu jari, kemudian rebus dengan air. Setelah dingin air disaring.

9. Badan Pegal Linu

Bagi Anda yang sering pegal linu coba obati menggunakan akar turi. Caranya, ambil akar dari pohon turi berbunga yang merah secukupnya dan giling sampai halus serta tambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, gosok ramuan ke bagian badan yang sakit.

10. Menambah dan Melancarkan ASI

Bagi ibu menyusui yang sulit memproduksi ASI atau keluarnya sedikit bisa diatasi dengan mengkonsumsi kembang turi. Caranya gunakan bunga turi putih atau daun turi muda yang dijadikan lalap lalu dimakan seperti makan lalapan biasa.

11. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kembang Turi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid dan fenolik yang terdapat pada kembang turi. Kedua senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada sel-sel tubuh, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik. Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

12. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kembang Turi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada kembang turi dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

13. Menjaga Kesehatan Tulang

Kembang Turi juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang terdapat pada kembang turi dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

14. Menjaga Kesehatan Mata

Kembang Turi juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat pada kembang turi dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

15. Menjaga Kesehatan Kulit

Kembang Turi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan E yang terdapat pada kembang turi dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, sehingga kulit tetap sehat dan terhindar dari keriput.

16. Menjaga Kesehatan Jantung

Kembang Turi juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat pada kembang turi dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit jantung, seperti hipertensi dan stroke.

17. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kembang Turi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada kembang turi dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Meskipun manfaat kembang turi begitu banyak untuk tubuh kita, kita juga perlu membatasi konsumsinya. Konsumsi makanan yang berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan. Pilihlah kembang turi yang masih fresh agar rasa masih segar.