9 Manfaat Kacang Pistachio Mampu Menjaga Kesehatan Jantung dan Sistem Saraf


9 Manfaat Kacang Pistachio Mampu Menjaga Kesehatan Jantung dan Sistem Saraf

9 Manfaat Kacang Pistachio Mampu Menjaga Kesehatan Jantung dan Sistem Saraf. Kacang Pstachio memang cukup asing ditelinga kita bahkan malah ada yang belum pernah mendengar nama ini, tapi sebagian orang sudah mencicipinya yang memiliki rasa renyah dan lezat yang sangat enak dimakan sebagai camilan. Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan kecantikan.

Pistacio (Pistacia vera L., Anacardiaceae) adalah sejenis tanaman penghasil biji-bijian yang dikenal sebagai kacang pistacio. Tumbuh sebagai perdu hingga setinggi 10 m, pistacio biasa ditanam di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Bijinya yang hijau cerah digunakan penghias makanan. Selain dimakan sebagai camilan, kacang ini juga sering digunakan sebagai isi pie, biskuit, es krim atau kue-kue. Seperti halnya almond, pistacio kaya akan protein dan potasium.

Kacang ini dalam 100 gram mengandung 570 kalori. Pistachio juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan juga berbagai jenis vitamin. Jadi sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Kacang Pistachio

Meskipun kacang pistachio masih asing ditelingan kita namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai khasiat dari kacang pistachio yang luar biasa banyaknya. Berikut manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi kacang pistachio.

1. Mampu Mencegah Kanker

Kacang Pistachio juga mengandung karoten dan vitamin E dapat melindungi tubuh dari efek oksidatif radikal bebas. Kacang ini juga mengandung gamma tokoferol yang bisa menghambat penetrasi berbagai radiasi berbahaya di dalam kulit. Dengan mengonsumsi kacang pistachio dapat mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker paru.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung maka salah satu makanan yang wajib di konsumsi adalah kacang Pistachio. Karena kacang ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam darah. Selain itu pistachio ini juga mengandung lemak baik dan bisa membantu meningkatkan kadar HDL didalam tubuh.

Pistachio ini juga merupakan sumber asam lemak tidak jenuh tunggal seperti asam oleat yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Kacang ini juga tidak mengandung natrium sehingga sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Kandungan vitamin A, Vitamin E dan lutein dapat menurunkan akumulasi plak lemak didalam pembuluh darah dan juga meningkatkan kerja sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

3. Mampu Melindungi Sistem Saraf

Kandungan vitamin B6 yang terdapat didalam kacang Pistachio dapat membantu pembentukan asam amino yang pada akhirnya bisa berfungsi sebagai neurotransmiter, Mielin (selaput pembungkus saraf) juga dibentuk oleh vitamin B6 yang memiliki fungsi untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf.

Selain itu vitamin B6 ini juga mampu membentuk Serotonin, melatonin, dan GABA yang ketiganya memiliki fungsi untuk mengurangi stress didalam sistem saraf. Pistachio juga sedikit mengandung tembaga yang penting dalam proses transmisi saraf.

4. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Pistachio dikenal mengandung antioksidan dan mineral yang mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai infeksi.

Simak Juga:

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Pistachio juga mengandung banyak karoten yang berfungsi untuk mencegah efek dari radikal bebas dan sinar UV terhadap mata, yang dapat membantu membuat otot dan jaringan mata tetap kuat. Karoten yang terdapat didalamnya seperti lutein dan zeaxanthin. Karotein ini juga bisa melindungi retina sehingga bisa mencegah degenerasi makula.

6. Membantu Menjaga Berat Badan

Pistachio juga mengandung banyak lemak baik dan cukup banyak kalori. Lemak baik ini dapat larut dalam air sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu kacang ini juga mengandung protein yang bisa membantu membakar lemak. Mengonsumsi Pistachio juga membuat Anda merasa kenyang sehingga dapat mengandalikan nafsu makan Anda yang mencegah terjadinya obesitas dan peningkatan berat badan.

7. Mencegah Anemia

Pistachio dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah sehingga bisa mencegah terjadinya anemia.

8. Menurunkan Risiko Diabetes

Kacang Pistachio ini bisa mencegah terjadinya diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah didalam tubuh secara signifikan, bila dikonsumsi setelah mengonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi. Kacang ini juga bisa mengurangi absorpsi glukosa di dalam darah.

9. Menutrisi Kulit dan Membantu kerja sistem pencernaan

Antioksidan yang terdapat didalam kacang pistachio mampu menjadikan kulit lebih baik dan sehat. Vitamin E menjadikan kulit lebih bersinar dan bisa terlindung dari radiasi sinar matahari. Minyak essensial juga dapat membantu mengatasi kulit kering, mencegah penuaan dini, dan mencegah pembentukan noda hitam pada kulit.

Kemudian Pistachio juga mengandung banyak serat yang baik untuk proses pencernaan makanan dan menjadikan usus lebih kuat. Pistachio juga bisa membantu pertumbuhan bakteri baik didalam usus sehingga memperlanar pencernaan.

Simak Juga:

Demikian ulasan mengenai kacang pistachio yang menawarkan sejuta manfaat untuk tubuh. anda bisa menemukan kacang pistachio di supermarket. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang berbagai macam kacang yang banyak bermanfaat. Baca Juga: Manfaat Kacang Panjang Sebagai Sumber Antioksidan.