10 Manfaat Tidur Siang Yang Jarang Diketahui


Manfaat Tidur Siang Yang Jarang Diketahui

Bagi anak kecil, tidur siang merupakan suatu keharusan yang hrus dilakukan setiap harinya. Para orang tua juga sebisa mungkin menanamkan tidur siang kepada anaknya dengan alasan agar anak tidak merasa capek. Namun tahukah anda, tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa anda dapatkan baik bagi anak, dewasa maupun orang tua.

Padahal banyak orang dewasa yang menyepelekan tidur siang. Bahkan sebagian orang tidak pernah merasakan tidur siang. Namun bila menilik tentang manfaat yang didapatkan dari tidur siang pasti anda akan berfikir ulang. Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Fase peralihan dari sadar ke tidur disebut sebagai pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali ke sadar disebut sebagai postdormitium. Di dalam ilmu kedokteran ilmu yang mempelajari gangguan tidur disebut sebagai somnologie.

Manfaat Tidur Siang

Jadi tidak ada salahnya bila orang dewasa maupun orang tua melakukan tidur siang. Tak hanya baik untuk perkembangan otak anak kecil saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari tidur siang ternyata sangat banyak diantaranya

1. Meningkatkan Daya Ingat

Tidur siang mampu meningkatkan daya ingat, serta membantu mengingat apa yang anda pelajari sebelumnya. Tidur siang juga mampu mencegah anda untu melupakan hal-hal yang anda lakukan dalam hari itu seperti kemampuan motorik halus dan kasar, respon panca indra, maupun ingatan verbal.

2. Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi

Tidur siang juga mampu mengingat apa yang anda lewati dengan baik karena otak menemukan koneksi dari berbagai data atau informasi untuk menemukan “gambaran besar”. Tidur siang mampu dengan mudah untuk mengumpulkan dan mengolah informasi yang telah anda lakukan.

3. Lebih Konsisten

Saat melakukan tugas berulang, kinerja Anda akan menurun seiring berjalannya hari. Beberapa studi menemukan bahwa tidur siang dapat membantu membuat performa kerja lebih konsisten.

Baca Juga:

4. Memperbaiki Suasana Hati

Jika merasa sedih atau tak bersemangat, tidurlah sejenak untuk memperbaiki suasana hati (mood) Anda. Jangankan tidur siang, sekadar berbaring tanpa tertidur juga sama efeknya. Relaksasi yang berasal dari berbaring dan beristirahat adalah pendongkrak suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak.

5. Menambah Tenaga dan Semangat

Tidur siang dapat menjaga tenaga yang tersisa di tubuh sekaligus mengusir rasa kantuk. “Tidur siang singkat juga bisa mengembalikan tenaga dari kelelahan, sehingga semangat jadi bertambah untuk menjalani sisa hari,” kata dr. Jesslyn.

6. Meningkatkan Konsentrasi

“Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah,” ujar dr. Jesslyn. Anda bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar dan lebih fokus.

7. Mengurangi Stres

Beban kerja yang menumpuk, ada masalah keluarga, atau menerima perlakuan semena-mena dari bos di kantor tentu bisa bikin stres. Kata dr. Jesslyn, sebuah penelitian dari Allegheny College, Amerika Serikat, mengatakan bahwa tidur siang singkat dapat membantu tubuh mengatasi kecemasan dan stres.

8. Menyehatkan Jantung

Tidur siang selama 45-60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah melalui stres mental. Artinya, tidur siang dapat membantu tubuh pulih dari situasi yang penuh tekanan.

9. Lebih Kreatif

Pernahkan ketika terbangun dari tidur, ide-ide mengalir deras? Tidur REM, umumnya 70-90 menit setelah tertidur, mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan bahasa visual atau kiasan, serta mimpi. Tidur siang dengan tidur REM membuat membuat Anda mengombinasikan ide-ide dengan cara baru serta menyelesaikan masalah.

10. Tidur Malam Jadi Lebih Baik

Meski kebanyakan berpikiran sebaliknya, tetapi ada satu studi yang menemukan bahwa tidur siang pada orang dewasa yang berusia lebih tua dapat meningkatkan kualitas tidur pada malam hari.

Demikian tadi beberapa khasiat tidur siang yang dapat anda rasakan bila anda melakukannya. Selalu luangkan waktu agar anda bisa melakukan tidur siang walau hanya sebentar saja, dan rasakan berbagai manfaatnya.