20 Buah-buahan Paling Baik Untuk Ibu Hamil Tua dan Muda


Buah Yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

20 Buah-buahan Paling Baik Untuk Ibu Hamil Tua dan Muda. Buah-buahan memang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Didalam setiap buah-buahan terkandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, baik untuk proses regenerasi sel, metabolisme tubuh, pencernaan, kecantikan dan kesehatan secara keseluruhan. Buah-buahan memang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari saat perut masih kosong.

Manfaat buah-buahan juga bisa dirasakan oleh ibu hamil, mengingat ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi yang lebih dibanding orang biasa. Asupan nurtrisi yang diperlukan tak hanya vitamin saja namun juga kalsium, asam folat, kalsium, kalium, zat besi dan masih banyak lagi. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menunjang nutrisi ibu hamil serta janin yang ada dalam kandungan.

Mengingat banyak sekali keluhan yang biasa dikeluhkan oleh ibu hamil baik hamil muda maupun hamil tua, diantaranya morning sicknes, mual dan mutah, anemia, HB rendah, pusing, kaki bengkak, nyeri pada perut bawah, kontraksi palsu dan masih banyak lagi. Bila bumil mengimbangi kebutuhan nutrisi hariannya dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat serta  buah-buahan, maka berbagai permasalahan tersebut akan terlewati tanpa terbebani.

BUAH_BUAHAN PALING BAIK UNTUK IBU HAMIL. Meskipun banyak sekali buah-buahan yang disediakan oleh alam, bagi ibu hamil sebaiknya jeli dalam mengkonsumsi buah-buahan. Ada buah-buahan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil diantaranya cempedak, durian, nangka. Dan ada pula buah-buahan yang berkhasiat meningkatkan kecerdasan janin dalam kandungan. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai buah-buahan super untuk ibu hamil baik untuk janin maupun ibu yang sedang mengandung.

Buah-buahan Paling Baik Untuk Ibu Hamil

Berikut 20 buah paling baik dan paling aman dikonsumsi ibu hamil baik pada trimester pertama, trimester kedua maupun trimester ketiga dalam kehamilannya.

Baca Juga:

1. Apel

Apel merupakan buah yang wajib dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil. Berbagai kandungan vitamin yang terdapat pada apel, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C, akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin. Tak hanya itu apel terutama apel hijau juga kaya serat yang mampu mencegah sembelit serta mengandung asam malat dan tannin yang mampu mencegah pembengkakan pada ibu hamil.

2. Anggur

Meskipun anggur merupakan buah yang mampu menghasilkan rasa hangat dalam tubuh namun kandungan yang dimiliki oleh buah anggur, diantaranya vitamin A, C, dan B1, beta karoten, fosfor, kalsium, zat besi, DHA, magnesium, asam folat, omega 3, dan serat yang sangat dibutuhkan janin terutama otak janin. Sebaiknya dalam mengkonsumsi anggur jangan berlebihan karena akan berdampak kurang bagus bagi janin yang ada dalam kandungan mengingat anggur mampu menghangatkan badan.

3. Buah Naga

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini selain mampu mengatasi masalah panas dalam buah naga ternyata sangat bermanfaat buat ibu hamil. Dalam buah naga terkandung nutrisi diantaranya zat besi, karoten, karbohidrat, folat, serat dan masih banyak lainya. Mengingat folat sangat dibutuhkan ibu hamil terutama pada trimester pertama kehamilannya tak hanya itu kandungan karoten dalam buah naga juga dapat membantu untuk menyempurnakan indera penglihatan janin selama dalam kandungan seperti halnya manfaat wortel untuk ibu hamil.

4. Cherry

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah cherry sangat bermanfaat bagi sang Ibu dan janinnya, seperti zat besi, kalium, tembaga, mangan, dan lainnya. Manfaat yang bisa diperoleh bagi Ibu hamil yang mengkonsumsi cherry, diantaranya membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan membuat kulit bayi sehat dan putih. Jadi, bagi Anda yang menginginkan bayi berkulit putih, cobalah untuk mengkonsumsi buah cherry.

Selain itu, buah cherry juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah serta berperan sebagai garnis bagi makanan yang hendak dikonsumsi oleh Ibu hamil sehingga akan mampu merubah mood sang Ibu menjadi senang ketika sedang makan. Dengan kata lain, buah cherry akan membantu meningkatkan nafsu makan sang Ibu sehingga apabila Ibu mempunyai nafsu makan yang baik, maka nutrisi yang diperlukan olehnya dan juga bayi yang ada dikandungannya akan dapat terpenuhi dengan baik.

5. Alpukat

Kandungan dalam alpukat, seperti asam folat, vitamin B kompleks, serta kalium, akan dapat membantu untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin. Ketiga kandungan tersebut akan sangat membantu dalam perkembangan otak janin dan tulang belakang janin. Selain itu, alpukat juga dapat mengurangi gejala mual yang biasanya dialami oleh sang Ibu. Sedangkan kandungan lainnya yang dimiliki alpukat, seperti kalsium, manvaat vitamin C, manfaat vitamin E bagi ibu hamil, dan K, akan membantu proses pembentukan tulang janin, memperkuat tulang sang Ibu, menghasilkan hormon prolaktin (sebagai pengontrol emosional sang Ibu sehingga mengurangi potensi ibu hamil cepat marah), dan pembentukan sel darah merah. Di samping itu, alpukat juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan lemak rendah.

6. Strawberry

Banyak orang sudah mengetahui manfaat strawberry bagi ibu hamil karena kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti asam folat, kalium, asam ellagic, vitamin B, dan C, akan membantu menjaga kesehatan Ibu dan bayi secara umum. Yang mana, khususnya dengan kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki oleh strawberry dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B-nya dapat mencegah anemia pada Ibu hamil karena membantu pembentukan sel darah merah serta perkembangan sistem saraf, terutama bagi janin. Sedemikian sehingga mencegah resiko bayi terlahir cacat tabung saraf, mencegah kelainan jantung pada bayi baru lahir, dan mencegah lahir dalam kondisi prematur. Ditambah lagi, strawberry dapat membantu untuk menjaga kadar kolesterol dan sistem pencernaan sang Ibu.

7. Jambu Air

Kandungan nutrisi yang dimilikinya, seperti serat, vitamin A, dan C, akan membantu memperlancar sistem pencernaan sang Ibu, termasuk membantu penyerapan zat besi. Selain itu, kandungan vitamin B3 dan B6-nya dapat membantu untuk meningkatkan serta merangsang kecerdasaan otak janin yang masih berada di dalam kandungan.

Kandungan air yang tinggi pada jambu air juga akan mencegah Ibu mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh, di samping untuk memelihara kesehatan organ pencernaan dan ginjal karena proses pencernaan dalam tubuh lancar akibat bantuan air yang mencukupi di dalam tubuh. Satu peran penting lainnya yang biasanya dibutuhkan oleh Ibu hamil ialah mengurangi pembengkakan pada bagi tubuh tertentu sang Ibu, seperti kaki, tangan, dan siku. Hal ini dikarenakan efek dingin oleh air yang terkandung dalam jambu air.

8. Jeruk

Buah jeruk tak hanya bentukknya saja yang mampu memanjakan mata namun manfaatnya yang baik untuk Ibu hamil, diantaranya folat, asam pantotenat kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, vitamin A, C, B1, B2, dan B6. Dari berbagai kandungan tersebut, satu yang paling dikenal ialah vitamin C yang dapat membantu sebagai sumber antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh seperti halnya manfaat daun katuk bagi ibu hamil.

Sedangkan untuk kandungan lainnya seperti folat dapat membantu penyempurnaan sistem saraf janin sehingga terhindar dari resiko terlahir cacat, terutama kecacatan pada sistem saraf seperti pada tabung saraf otak. Di samping itu, mengkonsumsi jeruk secara teratur setiap harinya, di mana 1 buah jeruk biasanya memiliki kandungan 338 miligram kalium, dapat membantu mengatur tekanan darah sang Ibu yang biasanya mengalami perubahan tinggi-rendah selama masa kehamilan.

9. Kurma

Buah yang memang disunahkan dalam agama islam ini memiliki khasiat yang mampu menambah energi bagi tubuh karena kandungan glukosa yang dimilikinya mencapai 60-70%. Sehingga memang cocok bagi Ibu hamil yang membutuhkan asupan energi ekstra dalam menjalan aktivitas sehari-hari selama masa kehamilannya.

Selain itu, kurma juga memiliki manfaat dalam meningkatkan rangsangan saraf sehingga turut membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi dan mempertajam daya ingatnya karena kandungan vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi yang terkandung di dalamnya.

Buah kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa tremister akhir menjelang persalinan karena selain dapat membantu memberikan asupan energi, kurma juga dapat membantu untuk memperkuat dinding rahim.

10. Pisang

Manfaat pisang bagi Ibu hamil ialah dapat mencegah sang Ibu terkena anemia. Yang mana, kandungan zat besi yang terdapat dalam pisang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Pisang biasanya memiliki kandungan rata-rata 3% zat besi dalam 225 gram-nya. Ditambah lagi, pisang juga bisa berperan sebagai oralit bagi Ibu dan bayi dengan kandungan kalium yang dimilikinya. Kalium juga membantu Ibu untuk mengurangi pembengkakan karena kehamilan, sebagaimana telah diteliti oleh American Pregnancy Association.

  • Salak
  • Semangka
  • Delima
  • Papaya
  • Pir
  • Manga
  • Manggis
  • Melon
  • Blueberry
  • Rashberry

Simak Juga:

Demikian tadi 20 buah yang paling baik dikonsumsi ibu hamil muda dan tua yang memang memiliki banyak manfaat untuk janin dalam kandungan dan ibu hamil. Anda bisa mendapatkan info menarik lainnya dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com