Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Secara Alami

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Secara Alami

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Secara Alami. Setelah pada kesempatan sebelumnya manfaatcaranya.com (MC) membahas mengenai cara menurunkan demam pada anak secara alami dan cara mengobati amandel anak umur 5 tahun. kali ini kami akan memberikan cara mengatasi batuk pada bayi umur 3, 6, 7 bulan hingga 1 tahun. Sebenarnya ada cara alami untuk mengobati batuk anak yang mungkin bisa diterapkan para orang tua dirumah sebelum memberikan obat. Batuk pada bayi memang sangat membuat bayi merasa tidak nyaman, tetapi para ibu juga menjadi cemas dan panik.

Penyebab bayi terserang batuk pilek karena bayi dan juga balita sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga rawan terserang penyakit. Batuk umumnya merupakan gejala yang ditimbulkan karena tubuh terinfeksi oleh virus flu. Di mana dari infeksi tersebut juga dapat mengacu pada berbagai risiko yang ditimbulkan seperti batuk rejan, infeksi saluran pernapasan atau tenggorokan, bronchiolitis dan infeksi paru-paru.

Cara mengatasi batuk pada anak saat tidur juga banyak di konsultasikan oleh orang tua kepada para bidan, dokter dan ahli kesehatan. Sebab para orang tua merasa kasihan jika si kecil batuk dan terganggu tidurnya saat malam hari. Sebelum melakukan perawatan ke dokter mungkin bisa mencari bahan-bahan alami yang banyak terdapat di rumah ini ternyata manjur untuk menyembuhkan batuk pada bayi dan balita seperti:

1. Minyak Rosemary
2. Minyak Peppermint
3. Minyak Kayu Putih
Caranya cukup oleskan salah satu jenis minyak tradisional pada dada bayi. Cara ini dapat diterapkan pada bayi dengan usia paling tidak 5 bulan.

4. Bawang Putih
Caranya cukup membakar atau memanaskan bawang putih lalu setelah dingin masukan ke dalam kain. Letakan kain tersebut di tempat tidur si kecil dan pastikan aman dari jangkauannya. Sedangkan untuk bayi yang berusia diatas 6 bulan, para orang tua bisa langsung menggosokkan kain yang berisi bawang putih tersebut ke dada si kecil. Pastikan temperatur atau suhu bawang tersebut sudah benar-benar dingin

5. Madu Dan Air Jeruk Nipis
Campurkan setengah sendok teh madu dan sedikit air jeruk nipis dengan setengah gelas air hangat. Minumkan pada anak sebelum dia tidur. Ramuan ini hanya boleh digunakan pada anak berusia 1-5 tahun.

6. Kunyit
Caranya dapat dengan mengoleskan bubuk kunyit ini pada payudara sebelum menyusui. Atau dengan mencampurkan sedikit bubuk kunyit ke dalam susu si kecil. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

Batuk pilek pada bayi ini bisa datang kapan saja, bahkan bisa menghampiri saat membaur dengan lingkungan sekitar saat acara arisan, kondangan maupun tempat-tempat rekreasi.

Cara Menangani Batuk Pada Bayi

Bayi yang usianya di atas 1 tahun bisa menerima obat alami seperti minuman hangat campuran air perasan lemon dan madu, maka tidak dengan bayi di bawah 1 tahun. Minuman obat tersebut justru bisa membuat bayi di bawah satu tahun keracunan makanan. Karena bayi di bawah 1 tahun belum mampu mengkonsumsi madu atau bahkan minuman dengan rasa yang kuat seperti lemon.

• Pastikan bayi beristirahat dengan cukup
• Berikan asupan ASI yang cukup banyak
• Berada di ruangan yang berisi uap air hangat

Semoga dengan informasi Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Secara Alami diatas dapat meringankan keresahan para orang tua dirumah. Baca juga cara mengobati biang keringat pada bayi dan cara mengobati cacar air pada anak dengan cepat.