Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak dan Orang Dewasa

Cara Mengobati Cacar Air

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak dan Orang Dewasa. Pada postingan sebelumnya laman manfaatcaranya.com telah membahas mengenai bagaimana cara mengobati Ambien, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai cara mengobati cacar air pada anak-anak dengan cepat. Banyak orang tua merasa kebingungan ketika anaknya mengalami penyakit cacar air ini. Langkah awal orang tua biasanya mencari obat cacar air di apotik supaya cepat kering dan anak mampu berkatifitas kembali. Tapi ada juga bapak amupun ibu mencarikan pengobatan tradisional untuk mengobati cacar air tersebut. lantas bagaimana tips tepat untuk mengatasi gejala, penyebab dan mengatasi cacar air secara dini silahkan simak penjelasanya dibawah ini.

Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen. Waktu terekspos sampai kena penyakit dalam tempo 2 sampai 3 pekan. hal ini bisa ditandai dengan badan yang terasa panas namun bukan demam.Pada permulaannya, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.

Pada kesempatan lainya kami juga banyak membantu orang lain untuk menemukan cara mengobati asam urat alami dan tips mengatasi asam lambung akut dan pengalamanya. Kemerahan pada kulit ini lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Ruam kulit ini mungkin terasa agak nyeri atau gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja. Jika lenting ini dibiarkan maka akan segera mengering membentuk keropeng (krusta) yang nantinya akan terlepas dan meninggalkan bercak di kulit yang lebih gelap (hiperpigmentasi). Bercak ini lama-kelamaan akan pudar sehingga beberapa waktu kemudian tidak akan meninggalkan bekas lagi.

Diperlukan cara yang tepat supaya cacar air agar tidak berbekas. Para orang tua jaman dahulu biasanya mencari obat cacar air paling mujarab dengan mencari bahan-bahan alami. Anda mungkin perlu membaca informasi lainya mengenai cara memutihkan gigi secara alami dan cara menghilangkan kantong mata yang hitam.

Cara penanganan cacar air pada anak dan dewasa tentu berbeda. Bisa dilihat pada ketahan tubuh si penderita, jika orang dewasa lebih cenderung bisa menahan rasa sakit tapi jika masih kecih bisa dibilang perlu penanganan yang intensif. Obat paling ampuh untuk mengobati cacar sebenarnya gampang-gampang susah sebab penyakit cacar ini bisa dicegah dengna melakukan penyuntikan sejak dini di bisan, puskesmas maupun rumah sakit.

Cara Mengobati Cacar Air

Berikut ini beberapa tips mengobati cacar air untuk orang dewasa. Perlu diketahui gejala dan penyebabnya terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan. Bisa dilakuanoleh ahlinya sebab cacar air bisa mengakibatkan rasa trauma cukup besar.

Cairan

Pasien cacar air disarankan untuk minum cairan 2-3 liter per hari. Namun, bila sudah ada tanda dehidrasi atau kekurangan cairan seperti jumlah buang air kecil berkurang, tangan dan kaki teraba dingin, maka dokter akan mempertimbangan pemberian cairan melalui infus.

Antipiretik

Penurun demam diberikan ketika pasien mengalami nyeri dan demam. Golongan obat yang dapat diberikan adalah obat yang mengandung asetaminofen. Obat demam ini biasa diberikan bila suhu tubuh lebih dari 37.5 derajat celsius. Bila demam berkepanjangan dan kondisi tubuh semakin lemah, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Penanganan ruam kemerahan secara tepat

Untuk mengurangi gatal, Anda dapat mengompres dingin, atau menggunakan losion berbahan kalamin.
Ruam kemerahan pada cacar air memang terasa sangat gatal, sehingga penderita sering kali menggaruknya. Padahal, garukan tersebut dapat menyebabkan infeksi bakteri dan memperburuk kondisi cacar air.

Antivirus

Obat antivirus seperti asiklovir paling efektif bila diberikan 24 jam, setelah muncul bintik kemerahan.
Vaksin cacar air dapat diberikan sejak anak usia di atas satu tahun, sebanyak satu kali. Untuk usia di atas 13 tahun dan orang dewasa, vaksin dapat diberikan sebanyak dua kali dengan interval waktu 4-8 minggu.

Baca juga:

Gejala cacar air muncul dalam bentuk ruam dan menimbulkan efek yang sangat gatal. Ciri-ciri cacar air bisa menyebar dari di seluruh anggota badan. Ruam yang ditimbulkan menimbulkan benjolan merah yang berisi cairan (vesikel) yang jika pecah bisa menyisakan keropeng. Itulah cara mengobati cacar air pada anak dan dewasa yang telah kami share kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda orang tua.