Cara Mengobati Asam Lambung (Maag) Dengan Bahan Alami


Cara Mengobati Asam Lambung (Maag)

Cara Mengobati Asam Lambung (Maag) Dengan Bahan Alami. Pada kesempatan kali ini Manfaatcaranya.com akan membahas seputar cara menyembuhkan asam lambung, penyebab asam lambung dan cara alami mengatasi maag naik ke dada. Bagi penderita penyakit GERD/maag/asam lambung memang tidak bisa diduga bahkan sering terjadi tiba-tiba. Biasanya gejalan asam lambung terjadi karena telat makan. Bagi penderita disarankan untuk waspada dengan salah satu penyakit yang tidak disangka-sangkan ini.

Banyak orang bisa mengalami penyakit yang satu ini khususnya orang tua. Bahkan menurut penelitan saat ini orang muda juga sering mengalami hal tersebut. Bukan tidak mungkin gejalan asam lambung bisa menyerang siapa saja. Mengobati asam lambung yang sudah akut memang sangat sulit. Bahkan dibidang kedokteranpun sering memberikan resep cara mengatasi bukan mengobati. Jika Anda penganur obat herbal atau orang jawa sering menggnakan bahan alami untuk menyembuhkan salah satu jenis penyakit ini.


Pada kesempatan sebelumnya MC (manfaatcaranya.com) telah membahas mengenai cara mengobati bisul dengan alami dan tips mengatasi diabetes yang sudah parah dengan menggunakan bahan alami.

Cara Mengobati Ambeien

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Penyebab Maag

Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Cara Mengobati Maag

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.

Obat-obatan untuk mengatasi Maag:

  1. Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
  2. Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri(Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat
  3. infeksi bakteri helicobacter pylori)
  4. Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
  5. Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
  6. Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit
  7. pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
  8. Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
  9. Simetidin (Mengobati dispepsia)

Beberapa orang juga sering mencari informasi mengenai obat asam lambung di apotik, makanan penyebab asam lambung, obat asam lambung naik ke dada maupun cara menyembuhkan asam lambung secara total. Untuk mengobati asam lambung diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Yang sering mengalami hal ini bisa juga disangkut pautkan dengan pikiran. Jika sering berfikir keras juga berpengaruh terhadap asam lambung yang naik secara cepat.

CARA MENGOBATI ASAM LAMBUNG LAINYA

Berikut ini beberapa makanan untuk asam lambung yang baik dikonsumsi jika Anda sedang sakit asam lambung:

  1. Pisang. Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2. Hal ini membuatnya dapat menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejala. Selain pisang buah no citrus lainnya seperti melon, apel, pepaya, dan pir juga jadi pilihan terbaik sebagai makanan untuk asam lambung.
  2. Oatmeal. Oatmeal (bubur havermut) mengandung gandum utuh yang kaya akan serat sehingga dapat membantu menyerap asam di lambung sehingga dapat mencegah isi lambung naik kembali.. Pilihan makanan tinggi serat lainnya selain oatmeal adalah roti gandum dan beras whole grain.
  3. Sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, dan lainnya adalah pilihan makanan untuk asam lambung terbaik. Ini karena sayuran-sayuran tersebut rendah akan asam sehingga membuatnya baik dikonsumsi untuk meringakan gejala refluks yang sedang Anda alami.
  4. Jahe. Jahe memiliki sifat antiradang alami yang baik sebagai perawatan untuk sakit asam lambung dan masalah pencernaan lainnya. Anda dapat menambahkan jahe parut atau irisan jahe ke dalam smoothie, teh, atau masakan Anda.
  5. Putih telur. Putih telur rebus adalah pilihan yang bagus sebagai makanan untuk asam lambung. Namun ingat, hindari kuning telur karena mengandung lemak tinggi yang justru dapat memperparah kondisi Anda yang sedang sakit asam lambung.
  6. Daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak adalah pilihan terbaik sebagai makanan untuk asam lambung. Konsumsilah dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak dengan cara dikukus, dipanggang, atau dibakar. Hindari mengolah makanan jenis ini dengan cara digoreng karena minyak dapat memperburuk gejala refluks.
  7. Lidah buaya. Tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan juga perawatan gangguan pencernaan, termasuk untuk GERD.

Baca juga:

Itulah kumpulan obat asam lambung baik minum obat maupun menggunakan cara mengkonsumsi buah, sayur. Jika sakit gerd masih berlangsung silahkan berkonsultasi dengan dokter ahli supaya mendapatkan penjelasan yang lebih tepat dan benar.