Cara Mengobati Sariawan Akut di Lidah dan Gusi


Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan Akut di Lidah dan Gusi. Inilah informasi tepat cara menyembuhkan sariawan pada bibir yang tepat agar tidak kambuh lagi. Dijaman serba modern ini ketika mengalami penyakit ringan, sedang maupun berat selalu mencarinya di internet. Termasuk obat sariawan yang bisa dibeli di apotik. Sariawan sering terasa perih jika dibiarkan begitu saja saat musim kemarau, pergantian musih atau tergigit tidak disengaja.

Pada kesempatan sebelumnya MANFAATCARANYA.COM telah memposting artikel mengenai cara memutihkan gigi secara alami dan cara menghilangkan kantong mata yang hitam. Seriawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria. Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Seriawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut. Stomatitis Aphtous/Ulcer bukan hanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C, namun sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik.

Cara Mengobati Sariawan

Dibawah ini kami kutip dari hallosehat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sariawan dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Cara cepat atasi sariawan membandel dengan berbagai pilihan obat sariawan ampuh berikut ini:

1. Madu

Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut.

2. Air garam

Caranya cukup dengan berkumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit menit dapat meredakan sariawan tanpa obat. Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda berkembang makin parah. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

3. Kelapa

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

4. Lidah buaya

Caranya, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih sebagai obat sariawan di lidah. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri yang alami.

5. Es batu

Mengalami sariawan yang tak sembuh-sembuh memang menjengkelkan karena beraktifitas tidak sebebas biasanya. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Rasa sejuk es batu bisa menjadi obat sariawan alami yang meringankan rasa nyeri. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

Baca juga:

Obat Sariawan di Apotik

  1. Anti inflamasi, seperti: Asam hyaluronat, kortikosteroid, herbal dll
  2. Antibiotik, seperti: Larutan tetrasiklin
  3. Covering Agent, seperti: Orabase & Plester Sariawan
  4. Antiseptik, seperti: Chlorhexidine gluconate

Beberapa orang juga mencari informasi terkait obat sariawan di apotik anak umur 2 tahun, obat sariawan akut, cara mengobari sariawan di bibir luar dan dalam dan obat ampuh menyembuhkan sariawan di pinggir bibir. Sebenarnya sariawan sendiri mudah menyerang siapa saja entah anak-anak, dewasa maupun orang tua karena kekebalan tubuh yang kurang baik. Itulah informasi singkat mengenai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih yang bisa dipraktekan di rumah. Jika ada obat maupun cara lainya silahkan gunakan yang cocok dan terbaik untuk Anda.