Manfaat dan Khasiat Kayu Secang Untuk Perawatan Kulit Bayi


manfaat dan khasiat air secang untuk kulit bayi

Kulit bayi memang sangat sensitif dan kerap terjadi iritasi yang menyebabkan kulit kemerahan dan gatal. Penggunaan bedak maupun pospak (popok sekali pakai) salah satu pemicu timbulnya ruam pada kulit bayi. Bahan alami yang dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit bayi salah satunya air rebusan kayu secang. Ramuan ini, memang sangat efektif untuk menyembuhkan serta mampu merawat kulit bayi dari berbagai iritasi dan masalah kulit lainnya seperti ruam popok, gatal, keringat buntet dan yang lainnya.

Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) adalah perdu anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dimanfaatkan pepagan (kulit kayu) dan kayunya sebagai komoditi perdagangan rempah-rempah.

Asal usul tumbuhan ini tidak diketahui dengan pasti, namun telah sejak lama dibudidayakan orang di wilayah India, Asia Tenggara, Malesia, hingga Pasifik, terutama sebagai penghasil bahan pewarna dan juga bahan obat tradisional. Ia dikenal dengan berbagai nama, seperti seupeuĕng (Aceh); sepang (Gayo); sopang (Toba); sapang, cacang (Mink.); sĕpang, sĕcang (Btw.); sĕcang (Sd.); kayu secang, soga jawa (Jw.); kajo sècang (Md.); cang (Bl.); sĕpang (Sas.); supa, supang (Bm.); sapang (Mak.); sĕpang (Bug.); sèpè (Rote), sèpèl (Timor), hapé (Sawu), hong (Alor); sèfèn (Weda), sawala, singiang, sinyianga, hinianga (aneka dialek di Maluku Utara), sunyiha (Ternate), roro (Tidore); sema (Man.), naga, pasa, dolo (aneka dialek di Sulawesi Utara).[5] Dalam bahasa asing dikenal sebagai sappanwood (Ingg.), dan suou (Jp.).

Meskipun memiliki nama yang begitu banyaknya tak mengurangi khasiat kayu secang. Kayu secang sering digunakan sebagai perawatan kulit mulai dari bayi, anak-anak, dewasa, orang tua. Khasiat kayu secang memang sudah tidak diragukan lagi. Anda bisa dengan mudah menemuan kayu secang dan membuat ramuan dengan kayu secang.

Manfaat dan Khasiat Kayu Secang

Banyak sekali manfaat kayu secang yang bisa kita dapatkan. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit bayi, anak-anak maupun orang tua, kayu secang juga digunakan untuk membuat aneka minuman yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satu minuman yang menggunakan kayu secang antara lain wedang uwuh, bajigur, wedang jahe dan masih banyak lagi. Berikut beberapa manfaat air secang untuk perawatan kulit bayi:

1. Kayu Secang Memiliki Khasiat Sebagai Pengelat (astringensia)

Kandungan utamanya dalam kayu secang antara lain brazilin, yakni zat warna merah-sappan, asam tanat, dan asam galat. Simplisia kayu secang berupa irisan atau keping-keping kecil kayu ini dikenal sebagai Sappan lignum dalam sediaan FMSo (Formularium Medicamentorum Soloensis).

2. Anti Oksidan, Anti Bakteri dan Anti Inflamasi

Brazilin dari kayu secang teruji secara ilmiah bersifat antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, anti-photoaging, hypoglycemic (menurunkan kadar lemak), vasorelaxant (merelaksasi pembuluh darah), hepatoprotective (melindungi hati) dan anti-acne (anti jerawat). Ekstrak kayu secang juga ditengarai berkhasiat anti-tumor, anti-virus, immunostimulant dan lain-lain.

Simak Juga:

Secara tradisional, potongan-potongan kayu secang biasa digunakan sebagai campuran bahan jamu di Jawa. yang dikombinasikan dengan aneka rempah seperti kapulaga, pekak, kunyit, jahe, daun kayu putih, kayu manis, sambiloto, pala dan masih banyak rempah lainnya. Di samping itu, kayu secang adalah salah satu bahan pembuatan minuman penyegar khas Yogyakarta selatan (wedang secang dan wedang uwuh).

Cara menggunakan kayu secang untuk merawat kulit bayi memang sangat mudah. Anda tinggal merebus kayu secang dengan air dan menggunakan air rebusan kayu secang sebagai campuran air mandi. Berbagai permasalahan kulit pada bayi seperti ruam popok, biang keringat, keringat buntet, merah-merah serta iritasi lainnya bisa disembuhkan dengan air rebusan kayu secang.

Demikian tadi cara membuat rebusan kayu secang untuk merawat kulit bayi yang sangat sensitif dan rentan terjadinya iritasi. Rebusan kayu secang bisa digunakan setiap hari pada bayi dan anak-anak karena tidak mengandung bahan kimia atau pewarna buatan. Anda juga bisa mendapatkan info menarik lainnya dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com seperti manfaat sambiloto.