Manfaat Kolang Kaling, Serta Cara Mengolahnya


Manfaat Kolang Kaling Bagi Tubuh

Manfaat Kolang Kaling, Serta Cara Mengolahnya. Dari sejak kecil saya paling suka kalo suruh makan manisan kolang-kaling. Terlebih ketika SD, tetangga saya rutin jualan manisan kolang-kaling di samping sekolah. Kala itu manisan kolang-kaling penyejiannya masih seperti sate. Manisan kolang-kaling paling enak disantap dalam keadaan dingin jadi sensasinya antara kenyel, manis, dingin dimulut.

Cara membuat manisan kolang-kaling tergolong sangat mudah, buah kolang-kaling juga banyak ditemukan dipasar tradisional. Tinggal cuuuzzz kepasar semua bahannya sudah tersedia disana. Dan mulailah membuat manisan kolang-kaling yang mantap.

Kolang Kaling

Kolang-kaling (buah atap) adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harafiah berarti “benda-benda licin kecil” ini dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Kolang-kaling merupakan salah satu buah khas dalam bulan Ramadhan yang disajikan dalam bentuk kolak dan es buah.

Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Khasiat kolang kaling untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Manfaat Kolang Kaling

Maka dari itu simak dibawah ini tentang manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh Anda yaitu diantranya sebagai berikut ini.

Simak Juga:

1. Antiaging

Kolang kaling dipercaya mampu mencegah penuaan karena memiliki sifat antiaging. Menurut jurnal Pharmacognosy Research, kandungan galactomannan dalam kolang kaling membantu proses penghambatan tirosinase lebih dari 50 persen.

Kandungan tirosinase dalam kolang kaling berguna memberikan pigmen berwarna pada kulit Anda. Sifat antiaging pada kolang kaling membantu melawan radikal bebas pemicu penuaan dini.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kolang kaling memiliki manfaat memperlancar sistem pencernaan tubuh Anda. Kolang kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat kasar per 100 gram.

Serat kasar pada kolang kaling mampu mendukung sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses. Serat kasar pada kolang kaling tidak larut dalam air yang bermanfaat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

Kandungan galactomannan pada kolang kaling dipercaya dapat memengaruhi kadar serat pangan. Serat pangan mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh Anda.

Serat pangan di dalam kolang kaling dapat mengurangi risiko penyakit hati, stroke, hipertensi, diabetes, dan obesitas.

3. Mengatasi Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang Anda menurun yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Kolang kaling memiliki 91 kalsium dan 243 fosfor per 100 gram di dalamnya. Kandungan fosfor dan kalsium pada kolang kaling mampu menjaga kesehatan dan tulang menjadi lebih kuat.

4. Mencegah Dehidrasi

Kadar air yang terkandung di dalam kolang kaling relatif tinggi. Kolang kaling mampu membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi.

Selain kandungan air yang cukup tinggi, kolang kaling memiliki kandungan lain seperti vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Dehidrasi adalah kondisi tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang didapatkan.

Namun, mengonsumsi kolang kaling secara berlebihan berisiko membuat Anda mengalami obesitas, dan penyakit kronis lainnya.

5. Menurunkan Berat Badan

Kolang kaling dipercaya memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Dalam penelitian, dalam 100 gram kolang kaling terkandung 0,69 protein, 4 gram karbohidrat, 0,95 serat kasar, dan 1 gram kadar abu.

Kolang kaling bisa membantu mempercepat rasa kenyang dan mengatur nafsu makan Anda. Kadar gelatin yang cukup tinggi di dalam kolang kaling cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

6. Mengobati Radang Sendi

Sifat antianalgesik pada kolang kaling bisa menjadi opsi obat meredakan penyakit radang sendi. Kandungan galaktomannan dalam kolang kaling bermanfaat mengurasi rasa sakit pada radang sendi.

Penyakit radang sendi menyebabkan gejala sakit pada sendi Anda dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda bisa mendapatkan manfaat dari kolang kaling dengan mengonsumsi 100 gram kolang kaling yang direbus tanpa campuran warna dan gula.

7. Mencegah Anemia

Kolang kaling memiliki kandungan zat besi. Zat besi dalam kolang kaling merupakan komponen dari hemoglobin.

Komponen hemoglobin memiliki fungsi memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah tubuh Anda. Mengonsumsi kolang kaling mampu mencukupi kadar zat besi yang di butuhkan di dalam tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi kolang kaling dapat mencegah risiko anemia.

8. Menjaga Imunitas Tubuh

Kolang kaling kaya akan berbagai macam nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti zat nesi, zink, kalium, dan kalsium ada dalam kolang kaling. Kandungan yang ada di dalam kolang kaling bermanfaat membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh Anda.

Baca:

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Berikut cara membuat manisan kolang-kaling agar bisa bertahan lama dalam lemari es dan rasanya tetap mantap “kata anak saya”

Bahan Manisan Kolang-kaling

  • 1 kg kolang kaling
  • 500 ml fanta, warna dan rasa sesuai selera
  • 1 lembar daun pandan
  • 10 lembar daun jeruk
  • air cucian beras dan air panas (mendidih)
  • 250 gram gula pasir

Cara Membuat Manisan Kolang-kaling

  1. Pertama-tama cuci kolang kaling dengan menggunakan air cucian beras hingga bersih, bilas dengan air bersih kemudian tiriskan. Rendam dengan air mendidih dan biarkan beberapa saat, tiriskan.
  2. Sekarang rebus fanta, gula, daun jeruk dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan kolang kaling, masak sampai mendidih dan biarkan beberapa saat. Matikan api lalu dinginkan manisan dan simpan di lemari es.

Baca Juga:

Jika menginginkan warna yang lain / yang lebih tua bisa mengganti fanta dengan menggunakan pewarna makanan. Manisan kolang-kaling bisa bertahan didalam lemari es selama 2 minggu. Jadi jika ingin memasak manisan kolang-kaling tidak prlu khawatir mengenai masa bertahannya. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba.