Manfaat Jambu Air untuk Diabetes, Cara Atasi Gula Darah Tinggi Buah-buahan


Manfaat Jambu Air untuk Diabetes, Cara Atasi Gula Darah Tinggi Buah buahan

Manfaat Jambu Air untuk Diabetes, Cara Atasi Gula Darah Tinggi Buah-buahan. Jambu air adalah salah satu buah-buahan jambu yang kaya air dan menyegarkan. Jambu ini sering diperjualbelikan di minimarket, toko buah, dan pusat buah-buahan. Biasanya yang dijual jenis warna merah dan putih sedangkan untuk yang hijau memang masih jarang. Jambu air memiliki kegunaan yang sangat baik bagi penderita gula darah terlampau tinggi. Manfaat jambu air untuk diabetes terletak pada kandungan

Buah jambu air memiliki rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan yang ditambah dengan kandungan airnya yang melimpah. Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya.

Nama-nama lainnya adalah jambu ayer mawar (Malaysia), jambu aie (Min.), jambu cai (Sd.), jambu wer (Jw.), jhambhu wir (Md.), nyambu er (Bl.), kumpas, kumpasa, kombas, kembes (bahasa-bahasa di Sulut), jambu jene, jambu salo (Sulsel), jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo (aneka bahasa di Seram dan sekitarnya), dan lain-lain. Juga jambu kancing (Ind.), untuk kultivar yang buahnya kecil-kecil.

Di negara-negara lain, jambu ini dikenal sebagai machom phupa atau chomphu pa (Thai), tambis (Fil.), bell fruit, water apple(Ingg.) dan lain-lain. (wikipedia)

Manfaat Umum Jambu Air untuk Tubuh Kita

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang terkandung di dalam jambu air:

  • Menurut pengobatan tradisional kuno, jambu air sangat baik untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare.
  • Biji jambu air putih ternyata kaya akan kalsium, protein dan karbohidrat.
  • Biji jambu air dapat menjadi bahan untuk bubuk pencahan jika dicampur dengan garam batu.
  • Jambu air dapat mengobati infeksi tenggorokan dan gangguan pernafasan
  • Konsumsi jambu air dengan teratur dapat mengurangi munculnya perut kembung

Manfaat Jambu Air untuk Diabetes

Pada penderita diabetes, manusia mengalami gangguan pada pankreas sehingga akan mengalami sulitnya mengkonversi pati menjadi gula. Biji jambu air memiliki glukosa di dalamnya yang disebut jamboline yang dapat dikeringkan dan ditumbuk jadi bubuk. Bubuk ini dapat ditambahkan dengan air dan diminum tiga sampai empat kali sehari untuk membantu mengurangi gula dalam urin.

Jambosine merupakan jenis alkaloid yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Hal ini merupakan perkembangan yang sangat penting bagi penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko mengembangkan diabetes. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung tentang dampak jambosine pada kontrol gula darah.

Kondisi ini mempengaruhi pankreas penderita diabetes dan memblok konversi pati menjadi gula. Biji jambu air memiliki glukosa di dalamnya yang disebut jamboline yang dapat dikeringkan dan ditumbuk jadi bubuk. Bubuk ini dapat ditambahkan dengan air dan diminum tiga sampai empat kali sehari untuk membantu mengurangi gula dalam urin.

Caranya mengkonsumsi jambu air antara lain dengan memotong jambu air dan letakkan di mangkok bersamaan dengan buah-buahan citrus dan nikmati sebagai salad buah yang menyegarkan saat musim panas.

Sisi lainnya jambu air putih mentah juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat cuka dan anggur. Selain itu jambu air juga sangat baik untuk penderita diabetes karena dapat memperbaiki kontrol kadar gula darah. Tetapi konsumsinya harus dibatasi jika penderita diabetes tersebut sudah mengalami komplikasi diabetes nefropati atau gangguan ginjal.

Baca Juga:

Dengan mengetahui manfaat jambu air untuk diabetes menjadi angin segar baru dan layak dicoba bagi yang meginginkannya. Ingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsi jambu air. Bila masih berlanjut sakit diabetesnya maka hubungi dokter agar mendapatkan penangan medis yang secepatnya.