Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Jantung. Mengenal jambu kita akan teringat jambu air, jambu biji, dan jambu bol. Khusus jambu biji ternyata membantu pada mereka yang mengalami penyakit jantung. Misalnya jantung mudah berdebar, terasa sakit, dan gangguan lainnya. Manfaat jambu biji untuk kesehatan jantung sering kali bukan menjadi alternatif utama karena penderita lebih cenderung kepada pengobatan medis.

Jambu adalah buah-buahan yang kaya akan kandungan air, mineral, vitamin, dan aneka nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia. Di balik rasa yang manis, segar dan fresh jambu menyimpan pengobatan alami. Anda bisa konsumsi kapan saja atau silakan cek cara memakan jambu biji untuk mengatasi gangguan jantung di bawah ini.

Aneka Buah Jambu

Sedikit mengulas varian jambu yang kita temui di pusat buah-buahan antara lain sebagai berikut:

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.

Jambu biji dalam bahasa latin, buah berbentuk bulat ini disebut psidium guajava L. Buah yang dalam bahasa inggris disebut Lambo guava ini berasal dari Brasi, kemuadian
tersebar ke Thailand dan negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Kandungan vitamin C jambu biji ini dua kali lipat dari jeruk manis. Vitamin C tersebut terdapat pada kulit dan daging bagian luarnya. Jambu biji juga dikenal sebagai buah yang mampu mempercepat penyembuhan penyakit diabetes (gula darah atau kencing manis) dan demam berdarah. selain buahnya, daunnya juga bermanfaat. dau jambu biji sering digunakan sebagai obat diare, maag, disentri, perut kembung, sariawan, batuk, ambeien, dan luka pada kulit.

Jambu Air (Latin Eugenia aquea burm) yang di Thailand, jambu ini disebut champu pa sedangkan di Filipina disebut tambis, dan dalam bahasa inggris disebut water apple. Jambu asalnya dari pulau-pulau di pasifik, alu tersebar ke Asia Tenggara. Buah yang mengandung banyak air ini kaya vitamin C dan protein nabati.

Alasan di atas membuat jambu ini sangat bermanfaat misalnya untuk mempercantik dan mempertahankan kekencangan kulit wajah. kandungan seratnya yang tinggi juga dapat mencegah gangguan pencernaan (gangguan buang air besar). Jambu air juga bisa digunakan untuk mengobati bengkak ringan, yaitu dengan mengompreskan irisan jambu air pada bagian yang sakit atau bengkak.

Jambu bol atau dersana atau nama latinnya syzygium malaccence L. Yang membedakan jambu jenis sebelumnya adalah bentuknya lebih bulat dibandingkan jambu air. Bila saatnya matang, jambu bol berwana semburat kemerahan. Hal ini mirip jambu air,jambu bol juga mengandung cukup banyak air. Selain itu, jambu bol mengandung yang serat dan zat gizi yang cukup lengkap. Manfaat jambu dersana dipercaya cukup berkhasiat untuk  mengatasi sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, dan radang saluran pernafas.

Kandungan Jambu Biji

Berikut manfaat kesehatan dari jambu merah, seperti dilansir Livestrong.

  1. Kalori
  2. Serat
  3. Lemak jenuh
  4. Vitamin A
  5. Vitamin C
  6. Kalium

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Jantung

Jambu merah ternyata kaya akan serat dan rendah kalori. Kandungan vitamin dan mineralnya juga berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Jantung. Makan satu buah jambu biji setiap pagi bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Nutrisi yang ada di dalam jambu biji bahkan dipercaya mampu menormalkan detak jantung yang tidak teratur, mengatasi kecemasan dan membuat pikiran lebih rileks.

Cara menjadikan jambu biji untuk obat jantung: Ambil jambu biji 2butir, lalu ambil daun ceri 15 lembar. Siapkan jahe secukupnya. Cuci bersih daun ceri, jambu biji, dan jahe yang sudah disiapkan, lalu kupas jambu biji tersebut. Selanjutnya rebus semua bahan dengan 4 gelas air dan tunggu prosesnya. Pastikan air yang tersisa hanya 1 setengah gelas.

Cara lainnya adalah, jambu biji bisa membantu sistem pencernaan, antikanker, dan kesehatan jantung. Siapkan jus jambu biji 200 ml, jus apel 400 ml, jus melon 200 ml, dan madu murni 100 cc. Kemudian blender semua bahan sampai halus kemudian simpan di lemari pendingin. Minum secara teratur setiap pagi dan sore masing-masing 300 cc.

Silahkan konsumsi di pagi hari, sebelum Anda konsumsi apa-apa, dan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal konsumsilah minimal 1 atau 2 minggu 1x.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Jantung. Hasil penelitian para ilmuwan dan mereka percaya percaya bahwa tingginya kadar antioksidan dan vitamin di daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung kita dari kerusakan oleh radikal bebas. Semakin tinggi kadar serat kalium dan larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji telah dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah, penurunan kolesterol “jahat” LDL, dan peningkatan kolesterol HDL “baik”. Karena tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL yang tinggi terkait dengan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih tinggi, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat memberi manfaat yang luar biasa.

Sebuah studi 12 minggu pada 120 orang menemukan bahwa makan jambu biji sebelum makan menyebabkan penurunan tekanan darah secara keseluruhan sebesar 8–9 poin, penurunan kolesterol total sebesar 9,9%, dan peningkatan kolesterol HDL “baik” sebesar 8%. (tribunnewsbogor.com)

Baca Juga:

Setelah Anda tahu manfaat jambu biji untuk kesehatan jantung alangkah baiknya secara preventif (pencegahan) bisa dilakukan mulai saat ini juga. Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu cara terbaik dalam menjaga tubuh ini.