Manfaat Jarak Mengatasi Sembelit (Konstipasi), Solusi Susah BAB dengan Alami Herbal


Manfaat Jarak Mengatasi Sembelit (Konstipasi), Solusi Susah BAB dengan Alami Herbal

Manfaat Jarak Atasi Sembelit (Konstipasi), Solusi Susah BAB dengan Alami Herbal. Jarak adalah tanaman yang sering kita jumpai di sekitar kita. Di balik tumbuhan jarak ada manfaat luar biasa untuk manusia dalam mengatasi susah Buang Air Besar (BAB). Ini penting menjadi pembahasan karena solusi yang ditawarkan dari tumbuhan alami alias herbal. Apa manfaat jarak mengatasi sembelit? Dan seperti apa resep dalam mengkonsumsi tumbuhan jarak untuk ini.

Menarik disimak karena solusi sehat menggunakan herbal menjadikan setiap kita merasa penting untuk mengetahuinya dengan tujuan agar pola hidup sehat selalu hadir dan menjadi arti penting dalam kehidupan. Bila membicarakan manfaat jarak mengatasi sembelit maka kita akan sedikit membahas cara herbal atau obat herbal.


Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.

Jarak (Ricinus communis) merupakan salah satu tumbuhan liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7 – 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genusRicinus, subtribe Ricininae.

Sebutan untuk pohon jarak di Indonesia berbeda-beda di setiap daerah. Di Jawa Barat disebut Kaliki. Di Sumatera, jarak dikenal dengan nama Dulang ada juga yang menyebutnya dengan Gloah. Di Madura, jarak disebut dengan Kalĕkĕ.

Mengenal Jenis Tumbuhan Jarak

Sebelum membahas manfaat jarak mengatasi sembelit kita kenalkan dulu jenis pohonnya. Ada 4 macam pohon Jarak yang tumbuh di Indonesia yang tersebar diseluruh daerah di Nusantara, berikut penjelasannya:

Jarak Pagar (Jathropa Curpas L ). Jarak Pagar merupakan Pohon Jarak yang banyak dikenal oleh masyarakat karena, memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan 3 Pohon jarak lainnya.

Pohon Jarak Pagar memiliki batang yang kokoh dengan Jarak yang tidak beraturan. Batang kayunya bulat dan banyak mengandung getah, daunnya tunggal, lebar, menjari, dan berlekuk – lekuk sebanyak 3 – 5 buah. Bunganya berumah satu dan uniseksual, kadang – kadang ditemukan bunga hermaprodit, yang berwarna kekuningan.

Buahnya bulat halus, tidak berbulu, buahnya sama seperti buah jambu, ketika muda warnanya berwarna hijau, dan berangsur-angsur berubah menjadi berwarna kuning kecoklatan ketika menua.

Jarak Kepyar  ( Riccius Communis Linn ). Pohon jarak kepyar sangat berbeda dengan jarak pagar, dari sisi batang, daun, bunga hingga buahnya, lebih mirip seperti tumbuhan singkong. Buah Jarak Kepyar hampir mirip seperti buah rambutan kecil. Pohon Jarak Kepyar banyak ditemukan dipinggiran pantai atau hutan liar.

Jarak model ini sangat banyak di daerah pantai yang masih asri , terutama pada daerah perdesaan yang lingkungannya masih belum terjamah oleh berbagai aktivitas manusia. Jarak kepyar juga dapat di manfaatkan untuk berbagai keperluan seperti yang di sebutkan di atas.

Jarak Wulung ( Jathropa gossyphofolia L. ) Pohon Jarak Wulung adalah pohon jarak yang berasal dari Amerika Serikat. Tanaman biasanya tumbuh di daerah yang terkena sinar matahari langsung, seperti di tepi jalan, pekarangan rumah atau dipinggir lapangan rumput.

Pohon Jarak wulung, memiliki batang yang berkayu, bulat, warnanya kecoklatan. Daunnya saat muda berwarna keunguan, dan daun muda berwarna ungku kecoklatan. Buahnya hampir mirip dengan pohon jarak pagar hanya saja lebih kecil. Biji Buah jarak wulung banyak mengandung minyak, sama seperti biji buah jarak pagar.

Jarak Bali ( Jatropha Podagrica Hook ). Jarak bali disebut juga jarak hias, sehingga tidak heran banyak yang menanamnya di dalam pot, dan digunakan sebagai tanaman hias. Karena, bentuknya yang menarik seperti bunga hias.

Jarak bali memiliki pangkal batang yang menyerupai umbi, daun jarak bali bertangkai yang panjangnya 20 – 30 cm,  bunganya berwarna merah oranye, bermata rantai bunga jantan dan betina tumbuh dalam satu tangkai. Buahnya berbentuk elips, berkendaga tiga, panjang 1,5 cm, bijinya berbentuk bulat, lonjong.

Manfaat Umum Jarak

Manfaat umumnya tanaman jarak adalah sebagai sumber minyak jarak, dan mengandung zat ricin, sejenis racun yang mematikan. Pohon jarak merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan suatu asam lemak hidroksi, yaitu asam ricinoleat. Kehadiran asam lemak ini membuat minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu tinggi sehingga minyak jarak dipakai sebagai campuran pelumas.

Manfaat lain selain di atas adalah bagi kesehatan. Namun tidak semua pohon jenis pohon jarak memiliki manfaat bagi kesehatan, hanya pohon jarak pagar yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Faktanya, jarak memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah, hingga bijinya. Pada bagian biji terdapat pada getah ricin yang terdapat di jarak pagar dan Jarak wulung. Sehingga pohon jarak wulung dan pohon jarak pagar banyak dibudidayakan oleh masyarakat saat ini.

Manfaat Jarak Mengatasi Sembelit (Konstipasi)

Pada kasus sembelit yang merupakan penyakit yang bisa dialami oleh semua kalangan dari orang dewasa hingga anak-anak. Khusus sembelit maka ada cara mengatasinya dengan menggunakan daun jarak pagar.

Berikut caranya sebagai jawaban manfaat jarak mengatasi sembelit:

  • Umur Orang dewasa : tumbuk 8 – 10 biji jarak kemudian, beri sedikit air panas dan peras, dan minum sekaligus air perasan tersebut.
  • Umur Anak-anak : Ambil beberapa helai daun jarak yang masih muda kemudian layukan dengan api, tempelkan daun jarak tersebut ke perut anak menggunakan minyak kelapa.

Baca Juga:

Gunakan secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan khasiat jarak secara maksimal. Manfaat jarak mengatasi sembelit akan membuat Anda nyaman dan tenang karena bersifat alami. Bila masih berlanjut susah BABnya segera hubungi pihak kesehatan (dokter, puskesmas, rumah sakit) untuk tindak lanjut medis. Semoga bermanfaat!