Manfaat Jeruk Limau Atasi Asam Urat, Solusi Kelebihan Purin pada Tubuh dengan Alami

Manfaat Jeruk Limau Atasi Asam Urat, Solusi Kelebihan Purin pada Tubuh dengan Alami

Manfaat Jeruk Limau Atasi Asam Urat, Solusi Kelebihan Purin pada Tubuh dengan Alami. Jeruk Limau atau jeruk Sambal adalah salah satu jenis jeruk yang bisa Anda gunakan dalam mengobati penyakit asam urat. Yang sering dikenal dari jeruk limau di masyarakat adalah sebagai bahan memasak alias bumbu dapur. Dibalik bentuknya yang mungil, permukaan buahnya bergelombang, warna hijau, dan aromanya khas menyimpan khasiat penting dalam kesehatan. Contohnya manfaat jeruk limau untuk asam urat.

Penyakit asam urat berawal dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Zat ini diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Asam urat merupakan penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.

Data kesehatan menunjukkan ada sekitar 1 dari 200 orang dewasa mengalami penyakit asam urat. Kondisi ini dapat memengaruhi semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin, tetapi pria lebih mungkin mengalaminya daripada wanita. Islilah orang umum kadang disebut sebagai penyakit encok yang menyerang kelompok usia 30-50 tahun pada laki-laki, sementara pada perempuan lebih banyak ditemukan pada mereka yang telah mengalami menopause. Sedangkan, kelompok usia remaja dan anak-anak sangat jarang mengalami penyakit ini.

Manfaat Jeruk Limau secara Umum

Jeruk limau adalah salah satu buah citrus yang sering digunakan sebagai penambah rasa dalam makanan. Buah satu ini paling umum digunakan dalam masakan Meksiko, Vietnam, dan Thailand.

Jeruk limau kaya akan C dan sangat berlimpah. Bisa dikatakan satu jeruk limau dengan diameter sekitar 5 cm sudah memenuhi  32 persen kebutuhan harian vitamin C Anda. Kandungan vitamin C dan berbagai nutrisi penting lainnya dalam jeruk limau membuat buah satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Setidaknya ada 5 manfaat jeruk limau secara umum. Berikut daftarnya:

1. Meremajakan kulit

2. Melancarkan pencernaan

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

5. Menjaga kesehatan jantung

6. Mencegah kanker

Manfaat Jeruk Limau untuk Asam Urat

Penanganan asam urat biasanya bisa dengan cara obat-obatan atau alami. Bila Anda lebih memilih dengan cara alami asam urat bisa menggunakan jeruk limau. Manfaat jeruk limau untuk asam urat akan menjadi solusi terbaik jika dikerjakan secara konsisten.

Rasanya yang kecut memiliki khasiat baik dalam menangani asam urat. Untuk penderita asam urat, jeruk limo merupakan salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk meredakan gejala nyeri dan juga sakit pada persendian karena asam urat.

Anda bisa memakainya dengan mengiris-iris kecil dikasih air hangat dan dibiarkan beberapa waktu baru diminum. Atau bisa diambil air jeruknya dibuat minuman dicampur jahe atau sereh.

Baca Juga:

Selamat mencoba. Semoga manfaat jeruk limau untuk asam urat benar-benar membantu Anda dalam menjalani pola hidup sehat.