Manfaat Terong untuk Mengatasi Kolesterol, Buah Lezat Solusi Sehat


Manfaat Terong untuk Mengatasi Kolesterol, Buah Lezat Solusi Sehat

Manfaat Terong untuk Mengatasi Kolesterol, Buah Lezat Solusi Sehat. Terung atau terong masuk dalam buah-buahan hanya saja pemanfaatannya sering dipakai sebagai sayuran. Khasiat yang terkandung dalam terung sangat banyak. Misalnya mulai dari sebagai sumber antioksida, mencegah penuaan dini, menguatkan gigi, menjaga kesehatan gusi, meningkatkan sistem imun, menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit, dan mengendalikan kadar kolesterol. Khususnya manfaat terong untuk mengatasi koleserol ini akan menjadi pembahasan agak panjang di sini.

ManfaatCaranya.com akan mencoba secara spesifik membedah khasiat terung yang berkaitan dengan kolesterol jahat dalam tubuh. Buah ini berbentuk memanjang dan bundar.  Ada yang berwarna hijau, ungu, bahkan gelap. Rasa yang uni dan khas saat di masak menjadikan terung menjadi primadona tersendiri dalam citarasa kuliner nusantara. Manfaat terong untuk mengatasi kolesterol jahat akan menambah semangat setiap pembaca dalam menjadi tubuh agar tetap sehat.

Kolesterol sering dikaitkan dengan berat badan, resiko penyakit jantung dan lainnya. Terung selain murah juga mudah ditemui di pusat-pusat sayuran seperti pasar, mall, hingga pasar tumpah pagi hari di depan rumah. Dengan mengetahui manfaat terong untuk mengatasi kolesterol akan membuat kesadaran menjaga pola makan sehat selalu tercapai.

Senang atau tidak senang rasa olahan terung tidak menjadi masalah ketika fokus pada khasiatnya. Ketika Anda ingin mengatasi masalah kolesterol dalam tubuh maka berlatihlah untuk membiasakan diri mengkonsumsi terong. Bagi anda yang suka makan terong maka anda akan terbebas dari masalah kolesterol.

Walau memang diakui kebanyakan orang akan mengkonsumsi terong sebagai campuran sambal yang sangat nikmat. Tak hanya itu, terong juga bisa dioseng atau diolah dengan cara lainnya agar memiliki cita rasa yang enak untuk dikonsumsi. Tak disangka, dibalik kenikmatan dari sayuran ini, terong ternyata kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Terong untuk Mengatasi Kolesterol

Bagaimana cara kerja terung dalam mengatasi kolesterol berlebih? Usahakan tidak dalam bentuk gorengan tetapi memanggangnya. Memanggang terung pada 400 derajat selsius, dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Sekali lagi jika digoreng maka terung tidak akan memberi manfaat karena menyerap lemak dari minyak goreng.

Merujuk pada sebuah studi Mosby’s Manual of Diagnostic and Laboratory Tests, disebutkan bahwa kadar kolesterol yang dianggap normal dalam tubuh adalah yang tidak melebihi angka 200 mg/dL darah. Jika kadar kolesterol lebih tinggi dari angka tersebut hingga 239 mg/dL, maka dianggap sudah dianggap tinggi dan berlebihan. Jika angka kolesterol bahkan melebihi 240 mg/dL darah, maka kita akan mengalami kondisi yang disebut sebagai hiperkolesterolemia yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Solusinya dalam menurunkan kadar kolesterol ini hingga 20 mg/dL maka Anda hanya perlu rajin-rajin mengkonsumsi terong setiap hari, tepatnya terong air selama satu bulan penuh. Terong ini disebut-sebut memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga membuat tubuh akan lebih baik dalam mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu, terong mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan drastis.

Ada kandungan terong lainnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh adalah serat, vitamin B, tembaga, vitamin B1, vitamin B6, vitam K, asam folat dan kalium. Selain itu, terdapat pula kandungan yang sangat menyehatkan bagi organ otak kita seperti fitonutrien berjenis nasunin dan asam chlorogenik.

Air Terong

Ada metode lain dalam mengambil manfaat terung untuk mengatasi kolesterol yaitu dengan membuat rebusan air daun dari terong. Khasiat lainnya juga dapat melancarkan buang air kecil, menyembuhkan sakit perut, batuk, dan mampu pula menurunkan tekanan darah tinggi serta bermanfaat mengurangi jumlah sel darah putih dalam tubuh. Ternyata potensi terong sebagai penyembuh berbagai penyakit, saat ini hangat dibicarakan.

Di Nigeria, buah terong mendapat tempat yang cukup baik di masyarakat. Sayuran buah terong digunakan sebagai alat kontrasepsi, terutama bagi kaum pria. Khasiat lain dari sayur terong yang sering dilalap ini, adalah sebagai zat antirematik. Pengobatan tradisional di Nigeria percaya, bahwa terong dapat menyembuhkan atau setidaknya mengurangi serangan rematik tertentu. Bahkan tidak hanya di Nigeria terong diyakini memiliki khasiat obat, di Korea terong dikenal punya keajaiban untuk mengobati beberapa  gangguan kesehatan Sayuran yang telah dikeringkan, termasuk buahnya, bisa dikonsumsi untuk mengobati sakit pinggang, encok, pinggang terasa kaku, dan nyeri lainnya.

Cara membuat air terung

Bahan

  • 1 terung organik
  • satu sendok makan perasan lemon
  • 1 liter air
  • 1 gelas air

Cara pembuatan

  1. langkah awal, cuci bersih terung dengan cuka sari apel atau baking soda. Setelah itu iris terung dan tempatkan potongan dadu kecil terung ke dalam wadah dan tambahkan air. Tambahkan perasan lemon dan simpan minuman ini di lemari es, biarkan semalaman.
  2. Manfaat khusus diet dan mengontrol kolesterol, Anda bisa minum ini selama tujuh hari berturut-turut, setiap bulan. Tapi bantu juga dengan 30 menit olahraga rignan setiap hari.
  3. Peringatan bahwa terung tidak boleh dimakan mentah karena mengandung alkaloid yang dikenal sebagai solanin, yang menyebabkan muntah dan diare.

Baca Juga:

Seiring sejalan pola makan yang sehat, pola hidup, dan hindari stress akan menjadi obat mujarap. Manfaat terong untuk mengatasi kolesterol bisa dipraktekkan kapan saja dan dimana saja. Seyogyanya menikmati kelezatan terong seiring dengan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari terong itu sendiri.