Manfaat Buah Cranberry untuk Darah Tinggi, Si Mungil Kaya Khasiat Atasi Hipertensi


Manfaat Buah Cranberry untuk Darah Tinggi, Si Mungil Kaya Khasiat Atasi Hipertensi

Manfaat Buah Cranberry untuk Darah Tinggi, Si Mungil Kaya Khasiat Atasi Hipertensi. Buah Cranberry atau di Indonesia sering dipanggil Kranberi merupakan buah bukan asli Indonesia. Walau tak sedikit yang menggemarinya, buah ini kaya manfaat yang baik buat tubuh manusia. Contohnya dengan khasiatnya mengatasi darah tinggi. Penyakit ini walau memiliki riwayat diturunkan juga ada faktor lain seperti pola hidup tidak sehat sebagai pemicunya.

Buahnya berwarna merah segar dan kecil-kecil. Sering juga buah ini disebut sebagai buah manisan. Walau di lidah atau mulut terasa asam hanya di balik rasa yang demikian tersimpan manfaat yang sangat banyak buat tubuh. Secara umum buah kranberi mempunyai aneka khasiat yang sangat banyak. Untuk penjelasannya bisa di lihat di bawah.

Kranberi merupakan buah yang dijadikan sebagai pelengkap hidangan pada hari-hari perayaan tertentu di Amerika. Buah ini termasuk ke dalam golongan buah beri dan termasuk ke dalam makanan sehat, dalam satu cangkir kranberi hanya mengandung 25 kalori.

Kranberi merupakan buah asli dari Amerika dan dipanen pada bulan September dan Oktober saja, buah ini dapat disimpan hingga dua bulan lamanya.

Kandungan Nutrisi Buah Kranberi dan Manfaatnya

Tak berbeda jauh dengan buah-buah lainnya, kranberi memiliki kandugnan gizi yang baik seperti vitamin, mineral, dan nutrisi penting. Berikut secara umum kandungan buah kranberi:

  • Vitamin A, terkenal sebagai vitamin mata karena mengandung senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok, seperti retinil, retinol, retinil asetat dan palmitat. Senyawa retinol mempunyai peran aktif dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sehat.
  • Vitamin B-12, tergolong ke dalam vitamin B komplek yang turut serta dalam produksi sel darah merah dalam tubuh. Fungsi esensial dari vitamin B12 adalah menjaga sistem saraf tetap sehat dan memperlancar produksi DNA.
  • Vitamin C, senyawa antioksidan yang berperan penting untuk mencegah radikal bebas pemicu kerusakan organ dan memiliki kemampuan dalam meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas). Selain dalam dunia kesehatan, kranberi juga sering digunakan untuk penghilang tanda penuaan dini. Biasanya buah ini dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan masker anti aging.
  • Vitamin E, senyawa yang bekerja sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, antioksidan ini mudah larut dalam lemak. Kandungan vitamin E yang begitu tinggi membuat buah ini dianggap memiliki keutamaan dan manfaat dalam menjaga kulit tetap elastis dan terhindar dari keriput dan garis halus.
  • Vitamin K, vitamin yang larut dalam lemak (serupa dengan vitamin E) yang tugas utamanya adalah membantu proses pembekuan atau penggumpalan darah yang dapat menghentikan pendarahan atau menurunkan kadar darah yang keluar akibat luka.
  • Fiber atau serat, merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh untuk menjaga sistem pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, darah tinggi, obesitas, diabetes, dan lain sebagainya.
  • Studi di Amerika Serikat mengatakan jika kandungan bahan aktif proanthocyanidins pada dua genggam (42,5 gram) cranberry dapat mengurangi bakteri E.coli pada sempel urin wanita dengan infeksi tersebut.

Manfaat Buah Cranberry untuk Darah Tinggi

Secara umum cranberry mampu mengatasi berbagai macam keluhan penyakit seperti kanker, infeksi saluran kemih, menurunkan tekanan darah, peradangan, dan iritasi.

Khususnya dalam mengatasi tekanan darah tinggi buah kranberi kadang diindektikan dengan buah penurun marah. Ini karena dianggap orang suka marah karena darah tinggi dan darah tinggi karena mengalami hipertensi.

Selain itu pola hidup sehat jauh daru asupan makanan. Buah Cranberries dapat melancarkan aliran darah dan menstandarkan HDL kita. Hal ini berhubungan dengan tingkat kolesterol terhdapa tekanan darah tinggi.

Baca Juga:

Caranya adalah Anda bisa membuat jus buah kranberi. Dalam sebuah jurnal dikatakan,segelas jus cranberry ternyata memiliki efek menurunkan tekanan darah. Hal ini sesuai dengan studi Journal of Agricultural and Food Chemistry, minuman ini mengandung antioksidan yang disebut proanthocyanidins, yang dapat menghambat sintesis dari senyawa yang disebut ET-1 yang berperan meningkatkan tekanan darah.

Demikian manfaat buah cranberry untuk darah tinggi. Semoga bermanfaat.