Khasiat dan Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui


Khasiat Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui. Tahukah sobat jika ternyata daun mint atau mentha memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Siapa sangka daun yang memiliki sensasi rasa dingin menyegarkan ini nyatanya memiliki segudang khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.

Walaupun daun mint memiliki ukuran daun yang kecil, namun kandungan nutrisinya beraneka ragam. Mulai dari vitamin A yang dikenal sangat baik untuk kesehatan mata, hingga sarat akan antioksidan yang dapat membantu dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

Dua jenis daun mint yang sangat populer adalah spearmint dan peppermint. Masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Diketahui dalam dua sendok makan daun peppermint segar memiliki kandungan nutrisi antara lain adalah sebagai berikut:

  • 2 kalori
  • 0,48 gram karbohidrat
  • 0,03 gram lemak
  • 0,12 gram protein
  • 0,30 gram serat
  • Kandungan lainnya seperti kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Sedangkan dalam 14 gram daun spearmint terkandung berbagai nutrisi seperti berikut ini:

  • 6 kalori
  • 1 gram serat
  • 9% zat besi
  • 8% mangan
  • 4% folat
  • 12% vitamin A

Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan

Nutrisi yang terkandung dalam daun mint membuatnya memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Daun mint dapat memberikan senasi segar pada mulut dan pernapasan. Maka ada baiknya jika sobat memilih pasta gigi dan obat kumur yang mengandung daun mint. Disamping menyegarkan, ternyata daun mint juga dapat membunuh bakteri yang dapat mengganggu kesehatan mulut, gusi dan gigi.

Simak juga: manfaat kapulaga untuk kesehatan dan juga manfaat lada hitam untuk mengatasi tukak lambung secara alami.

2. Meringankan Keluhan Kram saat Menstruasi

Sobat sering mengalami kram saat menstruasi? Jangan cemas, karena sobat bisa mengatasinya dengan mengonsumsi minuman teh yang ditambahkan dengan daun mint. Dengan cara ini keluhan kram yang sobat saat haid akan teratasi.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Minyak daun mint ternyata juga bisa digunakan untuk membantu dalam mengatasi gangguan pencernaan, termasuk keluhan yang dipicu oleh adanya irritable bowel syndrome (IBS), yakni suatu gangguan kronis pada pencernaan khususnya yang menyerang bagian usus besar. Pasalnya, daun mint mengandung menthol yang secara alami akan memberikan efek relaksasi pada otot saluran pencernaan. Efek serupa juga bisa didapatkan dari minuman teh yang dicampur dengan daun mint.

4. Meredakan Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang tegang dapat terjadinya adanya stres atau tingkat kecemasan yang berlebih. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa penggunaan minyak daun mint yang dioleskan di area dahi dan pelipis dapat membantu dalam meredakan rasa sakit kepala. Sakit kepala akan berangsur berkurang sehingga sakitnya akan reda.

Baca Juga: Manfaat Jahe Merah untuk Mengatasi Penyakit Stroke

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian dan studi mencatat bahwa dengan menghirup aroma khas minyak daun mint akan dapat membantu dalam meningkatkan fungsi otak sobat, khususnya dalam hal mengingat serta membuat lebih rileks. Namun hal ini masih membutuhkan studi dan penelitian lanjutan untuk memastikan kevalidannya.

Berbagai manfaat yang dimiliki daun mint membuatnya sering digunakan dalam membuat ramuan, minuman dan obat herbal. Namun demikian, walaupun daun mint mempunyai berbagai khasiat, ternyata juga dapat menimbulkan efek samping yang perlu sobat waspadai. Efek samping tersebut seperti rasa gatal, sesak napas akibat alergi, serta terjadinya nyeri ulu hati. Jika sobat mengalami gejala efek samping setelah mengonsumsi dan menggunakan daun mint, maka sobat sebaiknya menghentikannya dan segera konsultasi dengan dokter.