Aneka Manfaat Sawo mulai Kesehatan hingga Kecantikan

Aneka Manfaat Sawo mulai Kesehatan hingga Kecantikan

Aneka Manfaat Sawo mulai Kesehatan hingga Kecantikan. Sawo adalah buah berwarna coklat, manis, dan rasanya khas. Sawo yang dikenal selama ini mungkin dalam benak pembaca berwarna coklat, sebesar telur ayam jawa kurang lebihnya. Tetapi ternyata jenis sawo ada banyak dan memang tak banyak orang yang tahu.

Asal Sawo dari Amerika Tengah dan Meksiko. Di India, Sri Lanka, Filipina, Meksiko, Venezuela, Guatemala, dan Amerika Tengah, buah sawo sudah dibudidayakan secara komersial. Di Indonesia, sawo umumnya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk dinikmati buahnya, terutama di daerah Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Di Indonesia sawo yang sering ditemu berjenis Sawo Manilla. Sawo manila (Manilkara zapota) adalah pohon buah yang berumur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama seperti sawo (Ind., Jw.), sauh atau sauh manila, atau ciku (Mly.).

Sedangkan apa saja nama-nama sawo di berbagai belahan negara. Berikut kita ketahui seperti chico (Filipina), ciku (Malaysia), chikoo atau sapota (India), sofeda (Bangladesh), xa pô chê atau hồng xiêm (Vietnam), rata-mi (Sri Lanka), lamoot (ละมุด) di Thailand, Laos dan Kamboja, níspero (Venezuela), sugardilly (Kep. Bahama), naseberry (Hindia Barat), sapote (Nicaragua), sapoti (Brazil), sapotillier (bahasa Perancis) dan sapodilla (bahasa Inggris).

Jenis Sawo

Ada beberapa jenis sawo yang ada di pasaran. Ada yang berjenis Sawo Mentega, Sawo Manila, Sawo Kecik, dan Sawo Duren.

Kandungan Nutrisi Sawo

Kandungan gizi dalam satu buah sawo (-+241 gram) terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori (200 Kcal)
  • Serat (12,8 g)
  • Lemak (2,65 g)
  • Protein (1,06 g)
  • Karbohidrat (48,1 g)
  • Kalsium (51 mg)
  • Air (187,98 g)
  • Magnesium (29 mg)
  • Zat besi (1,93 mg)
  • Potassium (465 mg)
  • Fosfor (29 mg)
  • Asam Pantothenic (0,607 mg)
  • Vitamin C (35,4 mg)
  • Folat (34 mcg)
  • Niacin (0,482 mg)
  • Vitamin A (7 mcg)

Aneka Manfaat Sawo mulai Kesehatan hingga Kecantikan

Berikut aneka manfaat sawo mulai kesehatan hingga kecantikan.

1. Kesehatan Tulang

Adanya kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada buah sawo memang sangat baik untuk kesehatan tulang kita hingga tua nanti, kesehatan tulan merupakan hal penting dan dapat dikatakan sebagai aset paling berharga pada saat tua kelak.

2. Sebagai Pembentukan Sel Darah Merah

Adanya zat besi dalam kandungan gizi sawo membantu tubuh dalam memproduksi sel-sel darah merah. Kandungan zat besi juga berguna untuk berbagai kesehatan misal anemia dan juga peredaran oksigen dalam tubuh

3. Berguna Untuk Ibu Hamil

Vitamin B pada buah sawo dipercaya mempu untuk mencegah mual yang kerap dialami pada periode morning sickness. Ini pada 3 bulan pertama biasanya ibu hamil sering mengalami mual pada masa-masa awal kehamilan.

4. Solusi Sembelit

Saat terjadi sembelit buah sawo akan menjadi pahlawan alami mengatasinya. Kandungan serat pada buah sawo pastinya akan mampu mengatasi sembelit, untuk sobat yang sedang mengalai sembelit pastikan sering mengkonsumsi buah-buahan seperti sawo.

5. Sebagai Pencegah Animea

Adanya kandungan zat besi sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan juga pembentukan sel darah merah.

6. Mengatasi Radang Mulut

Sebagai solusi bau yang tidak enak saat berbicara penyakit radang mulut juga membuat sobat sulit untuk makan, buah sawo juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi radang mulut namun kali ini menggunakan sawo yang belum matang, caranya adalah rebus sawo yang belum matang namun sebelum dierbus dipotong kecil-kecil setelah itu rebus kurang lebih 3 menit, lanjutkan dengan air rebusan tadi sebagai obat kumur.

7. Sebagai Obat Diare

Caranya sebagai obat diare tradisional dengan menggunakan buah sawo, caranya dengan menggunakan 15 tetes getah buah sawo muda lalu seduh dengan menggunakan air panas satu gelas saja, sobat bisa meminumnya saat air sudah dingin.

8. Kesehatan Mata

Buah dengan bentuk lonjong pada umumnya bisa sebagai cara menjaga mata agar tetap sehat.

9. Mengatasi sariawan

Kandungan vitamin c pada sawo dipercaya sebagai obat sariawan.

10. Mencegah Terjadinya Infeksi

Selain vitamin C juga ada vitamin A terbukti mampu untuk mencegah terjadinya infeksi, selain itu Vitamin A yang terkandung dalam buah yang satu ini juga mampu membuat menyehatkan kulit.

11. Kekebalan Ibu Hamil

Sebagi nutrisi untuk ibu hamil dan sangat dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan juga vitamin seperti buah sawo.

12. Obat Pendarahan

Di masyarakat sering menggunakan bagian daging buahnya saja yang saat masih mentah. Anda yang mengalami luka pendarahan kecil bisa menggunakan getah buah sawo muda untuk mengobati luka tersebut.

13. Penambah Energi

Adanya kabrohidrat yang terkandung dalam buah sawo juga berguna untuk memberi tambahan energi, sobat bisa memanfaatkannya buah ini saat teras lemah contonya saja setelah lembur menyelesaikan tugas

14. Bagus Untuk Kesehatan Gigi

Kandungan fosfor yang ada dalam buah berwarna coklat dan adanya kalsium yang terkandung dalam buah ini semakin melengkapi manfaatnya dalam menjaga kesehatan gigi.

15. Mencegah Osteoporosis

Ini sangat membantu karena sawo mengandung fosfor dan juga kalsium dalam buah sawo memang sangat membantu memberiken kesehatan dan kekuatan pada tulan dan juga gigi. dengan tulang yang sehat pastinya akan membuatnya terhindar dari osteoporosis dimasa mendatang.

16. Mengobati Disentri

Ambil sawo yang masih muda lalu haluskan dan campur menggunakan garam secukupnya, ramuan atau jamu ini bisa dikonsumsi 2x sehari.

17. Mencegah Kanker Usus

Tidak sekedar serat saja yang dibutuhkan untuk menangkal kanker usus melainkan berbagai vitamin dan protein lain yang juga terkandung dalam buah sawo.

18. Menjaga Kesehatan Kulit

Diyakini dengan adanya kandungan Vitamin A dan C yang cukup tinggi dimana dua vitamin ini sangat baik untuk peremajaan kulit serta mampu menjaga kulit agar tetap sehat

19. Menjaga Kulit Tetap Mulus

Buah sawo untuk kecantikan dengan adanya vitamin A dan C.

20. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ini diatasi dengan peremajaan kulit karena adanya vitamin A dan C.

Baca Juga :

Perhatian yang Harus Dihindari dari Buah Sawo

Bagi penderita diabetes sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi buah sawo matang, rasa manis dan kadar gula yang terkandung dalam buah sawo memang tidak baik bagi pengidap penyakit jenis ini akibatnya bisa sangat fatal apabila penderita diabetes mengkonsumi buah Sawo ganguan Perut sampai dengan jantung bisa menyerang kapan saja setelah mengkonsumsi buah-buahan yang terlalu manis.

Silakan share artikel aneka manfaat sawo mulai kesehatan hingga kecantikan ini bila dirasa bermanfaat. Gunakan artikel lain di hellosehat, manfaat.co.id, helodokter, sehatq, dan health.detik.com serta situs kesehatan lainnya untuk meyakinkan.