Cara Mengobati Asam Urat Alami Tanpa Resep Dokter


Cara Mengobati Asam Urat

Cara Mengobati Asam Urat Alami Tanpa Resep Dokter. Banyak orang mencari bagaimana menyembuhkan asam urat pada kaki tanpa obat alias tradisional. Sering kali dokter memberikan resep obat asam urat generik namun hanya memberikan efek sementara. Sebelum mengobati asam urat tentu wajib tahu apa penyebab asam urat itu sendiri dan penanganan lebih lanjutnya. Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup.

Lalu bagaimana cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat serta penanganan yang tepat. Sebelum melakukan pengobatan bagi Anda yang belum terjangkit penyakit ini lebih baik melakukan pencegahan terlebih dahulu. Penyebab orang terkena asam urat biasanya datang dari makanan berminyak berlebihan tanpa adanya pembakaran melalui olahraga. Penyakit asam urat biasanya menyerang seseorang ketka mulai berumur kepala tiga. Tapi bukan tidak mungkin seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan kadar minyak berlebih juga bisa terserang juga.

Pada kesempatan sebelumnya kami telah mengulas beberapa tips dan cara mengobati bisul dengan alami dan tips mengatasi diabetes yang sudah parah dengan menggunakan bahan alami.

Cara Mengobati Ambeien

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Pantangan atau Larangan Penderita Asam Urat

Jika Anda sudah terkena gejala asam urat sebaiknya segera menghindari berbagai macam makanan dan minuman yang ManfaatCaranya.com dibawah ini.

  • Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.
  • Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  • Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  • Bebek, angsa dan kalkun.
  • Burung dan kelelawar.
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  • Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein, lemak dan darah.

Obat Asam Urat

Ada baiknya jika Anda maupun keluarga ataupun teman yang terkena salah satu penyakit ini kami sarankan untuk mengikuti beberapa tips kesehatan dibawah ini.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti tomat, kentang, yogurt dan pisang.
  2. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  3. Buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  4. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong/ubi dan roti.
  5. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
  6. Jangan minum aspirin.
  7. Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
  8. Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tetapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  9. Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.

Untuk menyembuhkan penyakit ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

  • Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), hindari makanan laut (udang, kerang, cumi, kepiting); makanan kaleng (kornet, ikan sarden dan ekstrak daging), kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Menghindari makanan seperti emping/melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong/ubi, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol. Hindari kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom) dan susu kedelai.
  • Menghindari makan buah durian, avokad, nanas, air kelapa.
    Makanan yang aman dimakan, beberapa di antaranya adalah: nasi, ikan yang bersirip dan bersisik, daging ayam, telur, keju, susu dan beberapa buah-buahan.
  • Hindari minuman dan makanan beralkohol.
  • Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit, maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  • Banyak minum air putih minimal 8 – 10 gelas per hari, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Cara Mengobati Asam Urat Alami

Untuk dapat menyembuhkan asam urat secara total dan tradisional memang perlu dilakukan kesabaran yang tinggi. Apalagi bagi penderitanya wajib menghindari beberapa macam makanan yang memang menjadi primadona. Tentu untuk mengobatu suatu penyakit menggunakna bahan herbal diperlukan kesabaran ekstra. Inilah beberapa tips untuk mengatasi asam urat yang kami kutip dari laman kesehatan di internet.

1. Rajin Konsumsi Air Lemon

Menurut ahli pengobatan herbal, dr B.N Sinha menyarankan untuk meminum air lemon setidaknya dua kali dalam sehari. Lemon diketahui mengandung asam sitrat yang mampu mengusir asam urat dari tubuh. Selain itu gunakan buah lemon yang segar agar mampu mereleksasikan pikiran saat menyedunya.

2. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur kaya antioksi

Penderita asam urat harus mengonsumsi banyak buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu buah dengan yang kaya antioksidan adalah Beri. Beri dengan warna gelap mengandung flavonoid yang disebut dengan anthocyanin. Sedangkan untuk jenis sayuran yang baik dikonsumsi penderita asam urat yaitu tomar dan paprika karena mampu menyeimbangkan kadar asam urat dalam tubuh.

3. Makanan Kaya Serat

Nama buah yang buah yang mempunyak kandungna serta tinggi adalah oat dan pisang disebut sebagai sumber serat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

4. Hindari Gula Tambahan Pada Makanan

Nah, selanjutnya untuk Anda yang ingin terhindar dari asam urat sebaiknya mengurangi atau mengontrol konsumsi minuman yang mengandung gula berlebih.

5. Minum air mineral

Meminum banyak air mineral dapat membantu ginjal untuk mengeliminasi asam urat dari tubuh dengan lebih cepat. Rutin minum air mineral minimal delapan gelas per hari, zat yang tak terpakai dalam tubuh akan terangkut keluar. Beberapa ahli juga percaya bahwa minum air mineral turut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

6. Hindari minuman beralkohol
7. Mengontrol berat badan

Sebagaimana telah disebutkan di atas, obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu penyebab kadar asam urat yang tinggi.
Baca juga:

Itulah beberapa tips dan cara mengobat asam urat dengan menggunakan bahan alami yang bisa ditemukan di sekitar Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga teratur dan istirahat yang cukup.