6 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Wajib Diketahui

Cara Tips Menjaga Kesehatan Mata

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Wajib Diketahui. Memiliki mata yang sehat menjadi dambaan bagi setiap orang. Pasalnya jika mata sedang sakit maka penglihatan akan terganggu. Apalagi jika mata Anda sudah rabun atau mengalami penyakit mata lainnya akan menjadi repot. Untuk itulah sangat wajib untuk menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi normal.

Menjaga kesehatan mata juga menjadi sangat penting jika Anda sedang mencari pekerjaan. Pasalnya sekarang ini banyak perusahaan yang mementingkan kesehatan penglihatan. Bahkan banyak perusahan yang tidak menerima karyawan yang menggunakan kacamata. Sebelumnya juga sudah kami hadirkan artikel tentang cara mengobati mata bintitan secara alami dan juga cara mengatasi kantong mata yang hitam.

Apakah Anda pernah mengalami saat melamar kerja tetapi tidak diterima karena mata Anda sedang bermasalah atau sakit? Disinilah pentingnya menjaga kesehatan mata, tidak hanya untuk mencari pekerjaan, namun juga agar memudahkan sobat untuk melihat segala sesuatu tanpa alat bantu, seperti kacamata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Untuk itu sebelum terlambat Anda harus mulai menerapkan tips-tips menjaga kesehatan mata seperti yang kami sampaikan berikut ini.

1. Makanan yang Baik untuk Mata

Mulailah melindungi mata Anda melalui makanan sehat seperti:

  • Sayuran berdaun hijau: bayam, kangkung dan sawi.
  • Ikan: Salmon, tuna, dan ikan ber omega-3 lainnya
  • Telur, kacang-kacangan, dan sumber protein non-daging lainnya.
  • Jeruk dan wortel.

Omega-3, asam lemak, lutein, seng, dan vitamin C dan vitamin E dapat membantu mencegah masalah-masalah yang berkaitan dengan usia visi/mata seperti degenerasi makula dan katarak. Makan secara teratur makanan ini dapat membantu mengarah pada kesehatan mata yang baik. Makanan diet seimbang ini juga dapat membantu Anda menjaga berat badan secara sehat.

2. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan organ dalam badan, tetapi juga pada keseluruhannya. Merokok dapat membuat Anda lebih mudah terkena katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula.

Mungkin berhenti merokok bagi Anda yang sudah terbiasa sangatlah sulit, bayangkan bila bukan Anda yang terkena dampak buruk merokok, tetapi anak atau saudara dekat Anda lainnya. Pikirkan secara matang apa saja dampak rokok bagi kesehatan, tidak sulit bukan? Bila Anda terus mencoba Anda pasti berhasil.

BACA JUGA: CARA MENYUSUI BAYI YANG BAIK DAN BENAR

3. Pakailah Kacamata Anti Sinar UV

Kacamata hitam dapat membantu Anda melindungi mata dari sinar ultraviolet matahari (UV). Terlalu lama terkena paparan sinar UV dapat membuat Anda dengan mudah terkena katarak dan degenerasi makula. Pilih kacamata hitam yang dapat menghalangi 99% dari UVA dan UVB.

4. Batasi Screen Time

Buatlah Jarak saat Anda membaca atau menggunakan Komputer. Menatap layar komputer terlalu lama atau membaca terlalu dekat dapat menyebabkan:

  • Kelelahan mata
  • Pandangan kabur
  • Kesulitan fokus pada jarak tertentu
  • Mata kering

Berikut langkah-langkah melindungi kesehatan mata saat menggunakan komputer:

  • Pastikan kacamata atau lensa kontak tepat dan memadai untuk penggunaan komputer
  • Posisikan layar komputer Anda lebih ke bawah agar Anda melihat sedikit turun pada layar.
  • Gunakan layar anti-silau pada layar komputer bila perlu
  • Jika mata Anda kering, berkediplah lebih sering
  • Istirahat setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat 20 meter lebih jauh selama 20 detik.

5. Lebih Hati-hati dalam Memilih & Memakai Lensa Kontak

Sebenarnya jika Anda ingin menggunakan atau memakai lensa kontak itu tidak ada salahnya. Namun Anda harus ekstra hati-hati dalam pemilihan dan pemakaian lensa kontak. Pasalnya memakai lensa kontak sangat berbeda dengan penggunaan kacamata, karena aksesoris ini berkontak langsung dengan kornea Anda. Selain itun jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum memegang lensa kontak.

Dan yang paling penting adalah, pastikan Anda sudah mencopot lensa kontak sebelum tidur. Cara menjaga kesehatan mata bagi yang suka memakai lensa kontak ini juga berlaku sekalipun Anda memakai lensa kontak berlabel ‘breathable’. Hal itu dikarenakan, semua jenis lensa kontak memiliki risiko untuk membuat mata Anda mengalami iritasi hingga infeksi.

6. Periksa Mata Anda Minimal 6 Bulan Sekali

Pergilah ke dokter mata, konsultasi dan periksa mata Anda. Bila ada yang Anda kawatirkan, langsung bicarakan pada dokter dan tanya solusi terbaik.

Nah itulah enam (6) tips untuk menjaga kesehatan mata yang harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar mata Anda terhindar dari segala penyakit mata. Sebagai manusia tidak ada salahnya untuk berusaha, dan serahkan hasilnya pada sang pencipta. Jangan lupa lihat juga tips cepat hamil setelah menikah dan juga cara mengatasi rambut rontok secara alami yang harus Anda coba.