Cara Membersihkan dan Merawat Kuku Tangan Serta Kaki Secara Alami


Cara Merawat Kuku Dengan Bahan Alami

Cara Membersihkan dan Merawat Kuku Tangan Serta Kaki Secara Alami. Cara mudah membersihkan kuku agar telihat bersih, kuku yang bersinar merupakan dambaan semua orang terutama kaum hawa. Manicure pedicure dilakukan untuk mendapatkan kuku yang indah. Namun tak jarang pula banyak yang memelihara kesehatan kuku dengan bahan alami. Kuku yang merah merona tanpa adanya polesan kutek merupakan tanda kuku anda sehat.

Kuku merupakan tulang yang tumbuh pada ujung jari tangan maupun ujung jari kaki dengan ukuran yang tipis dan sedikit melebar tergantung dengan ukuran jari. Fungsi utama dari kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang merupakan tempat kumpulan syaraf penting bagi tubuh agar tidak terluka. Kuku biasanya tampak kemerahan karena dibawahnya terdapat pembuluh kapiler untuk menerima suplai darah. Orang terkadang melupakan cara merawat kuku jika melihat pertumbuhan kuku yang cepat dibanding tulang lain yaitu ½-1.5 mm per satu minggu.

Biasanya, kebanyakan orang melakukan cara perawatan kuku dengan manicure pedicure di salon. Meskipun cara tersebut membuat anda nyaman dan gag mau ribet, bahan lebih memberikan perlindungan yang lebih aman bagi tubuh anda. Anda bisa melakukan perawatan sendiri dirumah dengan bahan rumahan yang banyak ditemui dan tidak memberikan efek jangka panjang.

Cara Membersihkan dan Merawat Kuku Tangan Serta Kaki Secara Alami

Cara Merawat Kuku Kaki dan Tangan dengan bahan alami yang mudah ditemui disekitar kita.

  • Membersihkan dan merapikan kuku dengan gunting kuku.
  • Hindari memotong kutikula karena berfungsi sebagai penahan alami kuku agar terhindar infeksi.
  • Mendorong dengan lembut kutikula dengan stik khusus untuk kutikula.
  • Rendam jari selama 10 menit sambil dipijat dan disikat dalam air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis, olive oil, garam dalam baskom.
  • Keringkan dengan handuk dan gunakan pelembab kuku.
  • Untuk kuku kaki, rendam dalam air garam dan kelopak mawar lalu sikat untuk menghilangkan sel kulit mati.
  • Membersihkan dengan scrub dan mengoleskan pelembab.
  • Bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Jika tidak dapat melakukan manicure dan pedicure di salon, alam menyediakan bahan-bahan alami yang ada disekeliling kita yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan kuku. Pertumbuhan kuku yang cepat dan tergantung dari suhu tubuh, menyebabkan perawatan yang dilakukan sendiri lebih efektif dan menghemat biaya. Misalnya saja dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, karena kandungan mineral dapat membuat kuku tidak mengering, namun juga dapat memperkuat dan membuat kuku terlihat mengkilap.

Simak Juga:

Bahan-bahan dari alam yang dapat membantu dalam cara perawatan kuku diantaranya yaitu:

  • Menggunakan lidah buaya dengan mengoleskannya secara merata.
  • Mencampurkan 1 sendok perasan lemon dengan pasta gigi pemutih dan oleskan ke kuku. Diamkan hingga kering, bilas dengan air hangat. Dan lakukan minimal seminggu sekali.
  • Bawang putih yang mengandung zat untuk penguat kuku cukup diparut dan dioleskan. Tunggu dan bersihkan. Atau dengan menggosokkannya langsung ke kuku Anda.
  • Mencampur 2sdm madu dan minyak zaitun ke panci, panaskan dan aduk merata. Lalu campur kocokan telur dan aplikasikan merata. Diamkan sekitar 10-15 menit. Bersihkan.
  • Menggosokkan kulit semangka di kuku lalu tunggu hingga kering sebelum dibilas.
  • Belimbing wuluh yang sudah dipotong lalu digosokkan ke permukaan kuku hingga bersih dan mengkilap.
  • Menggunakan getah pepaya juga dapat membantu membersihkan kulit sehingga kulit luar kuku tidak mudah mengelupas dan pecah.

Selain melakukan perawatan dari luar, sebaiknya dilakukan juga perawatan dari dalam. Tidak hanya meminum air putih namun juga dapat meminum susu dan mengkonsumsi makan yang mengandung kalsium dapat juga untuk memperkuat kuku. Misalnya makanan seperti keju, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

Baca Juga: Manfaat Buah dan Sayur Berwarna Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Hal lainnya yang dapat dilakukan sebagai tips merawat kuku antara lain yaitu dengan memotong kuku yang terlihat terlalu panjang dan sebaiknya dilakukan secara berkala. Karena, kuku yang terlalu panjang akan mengganggu aktivitas Anda dan rawan patah selain itu juga menjadi sarang kuman yang bisa mengganggu kesehatan. Kuku bisa rusak dan terlihat tidak rapi sehingga. Membersihkan kotoran dari kuku dengan menggunakan alat yang tidak melukai bagian dalam. Jika kuku tidak dibersihkan, akan menjadi sarang cacing yang nantinya dapat masuk ke tubuh dan menyebabkan penyakit. Dan menggunakan sarung tangan terutama yang memiliki alergi. Dilakukan untuk menghindari kerusakan kuku yang dapat terjadi misalnya ketika mencuci piring.