6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tidak Sedap dengan Sederhana

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tidak Sedap dengan Sederhana

Salah satu bagian tubuh manusia yang paling bau adalah ketiak. Untuk mengatasinya, maka dibutuhkan cara menghilangkan bau ketiak agar masalah tersebut tidak semakin mengganggu. Pasalnya, bau ketiak yang tidak sedap dan menyengat bisa mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

Selain itu, aroma tidak sedap yang dihasilkan oleh ketiak bisa menurunkan rasa percaya diri saat Anda berdekatan dengan orang lain, ataupun saat berinteraksi dengan teman, partner kerja dan lainnya.

Mengapa Ketiak Bisa Bau?

Ketiak merupakan area tubuh yang memiliki kelenjar apokrin dalam konsentrasi yang besar. Karena itulah sehingga ketiak lebih mudah menghasilkan bau tidak sedap. Sejatinya kelenjar tersebut mengeluarkan cairan yang tidak berbau. Hanya saja cairan ini akan menimbulkan bau tidak sedap adanya bakteri pada kulit ketiak.

Kelenjar-kelenjar tersebut umumnya akan mulai aktif ketika seseorang memasuki masa pubertas. Maka tidak mengherankan jika ketiak mulai mengeluarkan bau tidak sedap di kala seseorang menginjak usia remaja. Selain itu, bau tidak sedap di ketiak juga dapat dipicu karena berat badan berlebih (obesitas), gangguan kesehatan, akibat mengkonsumsi makanan dan minuman serta jenis obat-obatan tertentu.

Cara Sederhana untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Berikut ini adalah berbagai cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau ketiak yang tidak sedap.

1. Menjaga Kebersihan Ketiak

Cara sederhana untuk menghilangkan masalah bau ketiak adalah dengan rajin menjaga kebersihan ketiak itu sendiri. Anda bisa memakai sabun antibakteri untuk membersihkan area ketiak. Pasalnya, penggunaan sabun antibakteri mampu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau ketiak.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mandi sebanyak dua kali sehari di pagi dan sore hari. Hal ini juga berguna dalam meminimalisir pertumbuhan bakeri di kulit ketiak.

2. Gunakan Deodoran

Salah satu cara yang ampuh dan efektif dalam menghilangkan bau ketiak adalah dengan menggunakan deodoran. Sebelum Anda mengaplikasikan deodoran di kulit ketiak, ada baiknya jika Anda cuci dulu area ketiak dengan sabun antibakteri. Pasalnya, memakai deodoran ketika kulit ketiak dalam keadaan kotor justru akan menambah ketiak semakin bau.

Penggunaan deodoran selain akan membantu dalam mengurangi jumlah produksi keringat, juga akan menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap. Namun bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan seperti hiperhidrosis, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Mencukur Rambut Ketiak

Mencukur rambut ketiak juga bisa mengendalikan bau ketiak yang tidak sedap. Dengan mencukur rambut ketiak, maka penguapan keringat akan lebih mudah dan leluasa. Berbeda dengan permukaan ketiak yang tertutup rambut ketiak, maka proses penguapan keringat pun akan menjadi terhambat.

4. Pilih Pakaian Berbahan Katun

Pemilihan jenis pakaian yang tepat ternyata juga bisa mengatasi masalah bau ketiak. Misalnya saja dengan memilih pakaian dari bahan katun. Pasalnya, pakaian yang terbuat dari bahan serat alami seperti katun akan memberikan ruang bernapas bagi kulit. Dengan demikian keringat menjadi lebih mudah menguap sehingga potensi munculnya bau ketiak bisa diminimalisir.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Tertentu

Jenis makanan tertentu disinyalir bisa menjadi pemicu munculnya aroma tubuh yang kurang sedap. Misalnya makanan pedas, rempah-rempah, dan bawang serta daging merah yang menurut para ahli dapat meningkatkan risiko ketiak menghasilkan bau tidak sedap.

6. Hindari Stres

Stres yang tidak terkendali mampu mempengaruhi kelenjar keringat dalam memproduksi keringat yang dapat menyebabkan bau ketiak tidak sedap. Untuk itu ada baiknya jika Anda sebisa mungkin menghindari stres, atau mengontrol tingkat stres dan kecemasan agar masalah bau ketiak Anda tidak semakin parah.