Cara Menyusui Bayi Yang Baik dan Benar


Cara Menyusui Bayi Yang Baik dan Benar

Cara Menyusui Bayi Yang Baik dan Benar. Detik-detik menjelang kelahiran buah hati, tak sedikit para ibu merasa khawatir. Banyak hal yang dikhawatirkan terkait buah hati tercinta. Produksi ASI yang kurang, bayi terlahir normal, bayi lahir sehat, perkembangan bayi, factor tumbuh kembang bayi, berat badan bayi baru lahir, bayi kalung usus atau masalah kelahiran lainnya. Sebelum melahirkan alangkah baiknya bagi seorang calon ibu memiliki pedoman untk menyusui bayinya.

Menyusui yang aman dan nyaman akan mempengaruhi psikologi bayi serta factor tumbuh kembangnya. Pastikan anda memilih posisi yang paling nyaman untuk menghindari bayi tersendak dan akhirnya bayi gumoh. Jadi perjuangan menyusui bayi menjadi sia-sia belaka. Tak hanya itu saja factor makanan yang dikonsumsi ibu hamil juga mempengaruhi produksi ASI.

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin, serta banyak mengandung protein yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Asupan cairan ibu menyusui juga perlu diperhatikan agar terhindar dari dehidrasi yang akan membuat tubuh menjadi lemas dan kurang keseimbangan. Konsumsi buah-buahan, semua buah buahan sangat baik untuk ibu menyusui namun bagi anda yang baru melahirkan sebaiknya mengkonsumsi papaya agar terhindar dari sembelit. Pada artikel sebelumnya kita membahas cara memompa ASI agar hasil melimpah.

Cara Menyusui Bayi Yang Baik dan Benar

Untuk bunda semuanya agar supaya ASI keluar dengan lancar dan bayi dapat menyusui dengan tenang dan nyaman, bunda harus memperhatikan hal-hal yang dapat memberikan kenyamanan dan ketengan itu sendiri dengan sebaik-baiknya buat bayi anda yang masih butuh penanganan yang intensif sebagai berikut :

  1. Hendaknya posisi menyusui cukup santai, sehingga bayi dapat leluasa dan nyaman untuk menyususi itu sendiri.
  2. Peluklah bayi dan letakkan kepala bayi menghadap anda.
  3. Usahakan bayi menghisap dan memasukkan ke dalam mulutnya, seluruh bagian hitam (areola) anda tidak hanya bagian punting saja.
  4. Dan jangan lupa untuk berdoa sebelum melakukan hal tersebut.
  5. Susukan bayi dengan bergantian 10-15 menit sampai bayi merasa kenyang.
  6. Tataplah mata bayi dan usapkan kepala bayi perlahan-lahan dengan penuh kasih sayang agar bayi merasa aman dan tentram.
  7. Setelah bayi anda merasa kenyang usaplah mulut bayi dengan kain halus yang telah dibasahi dengan air hangat.
  8. Sendawakan bayi setelah menyususi.

Dan Berikut Ini Adalah Cara Menyusui Bayi :

  • Menyusui dengan cara berbaring – Menyusui dengan cara berbaring dan disaat terbangun dari tidur adalah tidak nyaman bagi sang ibu, akan tetapi harus dilakukan dengan baik yaitu posisi sejajar antara mulut bayi dengan punting anda.
  • Menyusui dengan cara duduk – Cara yang dilakukan dengan posisi duduk santai yang perlu diperhatikan adalah bayi tidak kesulitan menjangkau punting anda, dapat disiasati dengan memberikan ganjalan bantal, artinya dengan posisi ini kepala lebih tinggi dari pada badannya.

Oke bunda, sedikit informasi yang kami berikan berikut ini semoga memberikan hal yang dapat menambah perbendaharaan ilmu bunda-bunda yag akan dan baru menyusui buat bayi anda. Tidaklah menjadi masalah ketika bunda semuanya yang lagi menyusui bayinya hanya satu. Akan tetapi, akan menjadi permasalahan tersendiri apabila bunda semuanya mempunyai anak kembar yang tidak di susui dengan posisi seperti diatas dengan nyaman.

Simak Juga:

Akan tetapi, seperti berikut penjelasannya yaitu letakkan bayi anda di meja setinggi dengan payu [email protected] anda dan telah dialasi dengan bantal masing-masing di samping kanan dan kiri. Posisi anda hendaknya duduk, jangan lakukan sambil berdiri karena akan mengakibatkan kelelahan.