13 Cara Turunkan Darah Tinggi Secara Alami, Jurus Jitu Atasi Hipertensi (HTN)


13 Cara Turunkan Darah Tinggi Secara Alami, Jurus Jitu Atasi Hipertensi (HTN)

13 Cara Turunkan Darah Tinggi Secara Alami, Jurus Jitu Atasi Hipertensi (HTN). Hipertensi menjadi momok di usia tertentu. Walau memang sering ditemui diusia tua darah tinggi bisa juga menyerang seseorang di saat muda. Ada 13 cara turunkan darah tinggi secara alami yang aman dan sehat untuk Anda. Cek dan simak satu per satu agar Anda benar-benar menemukan satu obat alami dalam mengatasi hipertensi.

Banyak penyebab munculnya penyakit hipertensi bisa dari makanan, keturunan, pola hidup, dan pola kerja. Semua bisa diatasi bila kesadaran memiliki kesehatan yang prima menjadi prioritas yang menyenangkan. Mengapa menyenangkan? Karena tak sedikit orang menganggap kesehatan bukan sesuatu yang menyenangkan atau tidak menjadi prioritas. Agar kesehatan benar-benar berharga maka kesadaran harus dibangun sebelum penyakit atau gangguan kesehatan datang.

Pola hidup sehat menjadi perhatian saat ini. Dimana teknologi kesehatan semakin canggih maka deteksi hipertensi sangat mudah dilakukan termasuk setiap orang bisa mengontrolnya. Ada yang berupa alat cek tekanan darah berupa digital atau masih manual. Kecenderungan manusia modern dalam menjaga kesehatan khususnya darah tinggi tidak terlepas dari aktivitas harian yang ia geluti.

Apa itu Hipertensi (darah tinggi)?

Tekanan darah tinggi atau sering disebut Hipertensi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole).

Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Hipertensi terbagi menjadi hipertensi primer (esensial) atau hipertensi sekunder. Sekitar 90–95% kasus tergolong “hipertensi primer”, yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, atau sistem endokrin menyebabkan 5-10% kasus lainnya (hipertensi sekunder).

13 Cara Turunkan Darah Tinggi Secara Alami

Berikut ini ada 13 cara turunkan darah tinggi secara alami. Anda boleh mencobanya dari beberapa poin berikut ini.

1. Mengkonsumsi Jus Seledri

Walau seledri sering diindektikkan dengan bahan masakan sayur ternyata seledri mampu mengatasi darah tinggi dengan alami. Ini telah lama dipakai di dalam penyembuhan tradisional China. Dalam penelitian telah dibuktikan bahwa minum jus seledri setiap hari sepanjang satu pekan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini didukung oleh tingginya kalium, mineral serta antioksidan yang ada di dalam seledri.

Seledri juga diketahui memiliki kandungan senyawa 3-N-Butilphthalide (BNP) yang berguna untuk merenggangkan atau melebarkan otot-otot dinding arteri hingga memungkinkan darah mengalir lebih lancar. Pthalides juga bisa mengurangi hormon stres yang dapat mengakibatkan pembuluh darah mengerut.

2. Lakukan Olahraga Rutin

Teknik lainnya menurunkan darah tinggi adalah dengan berolahraga ringan misalnya joging. Hal ini dilakukan secara rutin agar manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat jantung Anda.

3. Mengkonsumsi Bawang putih

Adanya zat alisin dalam bawang putih mampu menyembuhkan darah tinggi. Hal ini berguna dalam melebarkan serta menghindar pembekuan darah, penyebab berlangsungnya hipertensi. Karakter bawang putih lainnya yang baik untuk menghindari darah tinggi yaitu kemampuannya menghancurkan lemak serta turunkan kandungan kolesterol jahat (LDL).

4. Mengatasi Dengkuran dikala Tidur

Mendengkur keras dikala tidur merupakan salah satu gejala sleeping apnea. Hal ini adalah penyebab tekanan darah tinggi. Dengan mengatasi dengkuran keras saat tidur harus dilakukan seperti dengan mengatur posisi tidur, cukup minum air, hindari alkohol dan obat tidur. Lakukan kebiasaan ini secara rutin dalam mengatasi darah tinggi. 13 cara turunkan darah tinggi secara alami tidak melulu soal pola hidup sehat tetapi juga pola makan.

5. Konsumsi Yoghurt dengan Cukup

Perkembangan ilmu kedokteran terbaru dari para ilmuwan telah menemukan cara mengatasi darah tinggi dengan yoghurt. Mereka menyebutkan bahwa yoghurt kaya akan kalsium mampu membuat pembuluh darah Anda lebih lentur. Hal ini pun akan bermanfaat untuk sirkulasi darah di dalam tubuh Anda. Artikel terkait Cara Membuat Obat Darah Tinggi dengan Daun Salam Manfaat yang Terlupakan.

6. Sering Mengkonsumsi Buah Pisang

Pisang adalah buah yang murah dan mudah ditemui. Oleh karenanya memakan buah ini menjadikan kesehatan Anda menjadi perhatian. Khususnya dalam hal menjaga tekanan darah tinggi. Pisang mengandung kalium yang merupakan mineral pentung untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan membantu mengatasi darah tinggi.

7. Mengkonsumsi Asupan Makanan yang Kaya Magnesium (Mg)

Menjadi perhatian lainnya dalam mengatasi tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi makan yang mengandung magnesium. Mengapa magnesium? Karena magnesium adalah mineral penting yang membantu pembuluh darah rileks. Sementara kekurangan magnesium cukup langka, banyak orang tidak mendapatkan cukup.

8. Mengindari Kerja Lembur Berlebih

Ibarat mesin manusia harus didinginkan saat terlalu panas. Ini menajadi sorotan karena bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki jadwal kerja yang teratur, para pekerja yang bekerja lembur berpotensi untuk terkena tekanan darah tinggi hingga 29%. Di saat lembur membuat Anda sulit mempunyai waktu untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Solusinya adalah lakukan tidur secara teratur untuk mengatasi darah tinggi.

9. Membatasi Makanan yang Tinggi Asupan Garam

Asupan garam dari makanan selalu menjadi kontrol saat akan disantap. Hal ini untuk menjaga kondisi tekanan darah agar stabil. Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri Anda. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan. Jurus 13 cara turunkan darah tinggi secara alami saat ini adalah hal paling dicari khalayak.

10. Jaga Berat Badan Ideal

Kegemukan atau terlalu kurus juga membuat tubuh mudah diserang penyakit. Menjaga agar berat badan selalu normal menjadikan tekanan darha tinggi juga bisa diatasi dengan baik. Khususnya berat badan yang berlebih turut menyumbang naiknya tekanan darah. Kelebihan berat badan akan membuat jantung Anda bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

11. Berhenti dari Kebiasaan Merokok

Dalam 13 cara turunkan darah tinggi secara alami khususnya rokok ini menjadi perhatian juga. Zat nikotin dalam tembakau rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan membuatnya bekerja keras. Jadi, berhenti merokok menjadi salah satu cara menyembuhkan darah tinggi.

12. Mengurangi Konsumsi Kafein Berlebih

Kafein yang banyak ditemui di dalam minuman berbahan kopi harus menjadi perhatian juga. Apalagi bagi Anda yang penikmat kopi ini menjadi perhatian bersama. Mengurangi kafeein dengan mengontrol minum kopi merupakan salah satu cara menyembuhkan darah tinggi. Hasil research dari Duke University Medical Center, Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi kafein sebanyak 500 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

13. Mengelola Stres

Kondisi psikologi yang turut andil dalam peningkatan tekanan darah adalah stres. Oleh karenanya manusia harus pintar mengelola stres bukan menghilangkan stres. Ternyata stres menjadi penyebab utama tekanan darah tinggi. Stres ini ibarat tekanan hidup yang bertubi-tubi dan sulit dihindari.

Sangat menarik ketika Anda mengalami stres kronis, tubuh berada dalam mode fight-or-flight (melawan atau menyerah) yang konstan. Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung yang lebih cepat dan pembuluh darah yang terbatas.

Ketika mengalami stres, Anda mungkin juga lebih cenderung terlibat dalam perilaku lain, seperti minum alkohol atau makan makanan yang tidak sehat, yang dapat berdampak negatif terhadap tekanan darah. Beberapa penelitian telah meneliti bagaimana mengurangi stres dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Berikut adalah dua cara menyembuhkan darah tinggi yang bisa Anda coba:

  • Mendengarkan alunan suara (musik) yang menenangkan. Hal ini akan membantu merilekskan sistem saraf. Penelitian telah menunjukkan ini merupakan pelengkap yang efektif untuk terapi tekanan darah lainnya.
  • Sejenak kurangi aktivitas berat. Berhenti dari pekerjaan yang menumpuk beberapa waktu. Bekerja terlalu banyak dan situasi kerja yang penuh tekanan secara umum terkait dengan tekanan darah tinggi.

Baca Juga:

Anda tidak harus menjalankan semua dari 13 cara turunkan tekanan darah tinggi di atas. Silakan pilih yang sesuai untuk Anda dan lakukan dengan hati yang ikhlas, rutin, sabar, dan penuh konsentrasi. Bila Anda tergoda kembali melakukan pekerjaan berat di luaran lagi padahal masih dalam hipertensi maka ini ibarat obat tidak akan berguna.

Setelah tahu apa itu hipertensi dan cara alami mengatasinya setidaknya kita akan semakin paham bagaimana cara menjaga kesehatan dengan murah dan kontinu. Semoga 13 cara turunkan darah tinggi secara alami mampu memberikan sumbangsih atas kesehatan Anda.