Cara Atasi Nasi Bau di Ricecooker Tips Mudah Membuat Makanan Awet


Cara Atasi Nasi Bau di Ricecooker Tips Mudah Membuat Makanan Awet

Cara Atasi Nasi Bau di Ricecooker Tips Mudah Membuat Makanan AwetMungkin Anda pernah mengalami kondisi nasi dalam ricecooker atau magic jar cepat bau. Ini jelas tidak enak dan mengurangi selera makan. Biasanya sering dijumpai untuk alat masak nasi listrik yang sudah berumur. Seperti apa cara mengatasi kondisi nasi yang cepat basi dalam rice cooker? ManfaatCaranya.com akan mengurainya untuk Anda.

Cara Atasi Nasi Bau di Ricecooker. Tips ini sebenarnya mudah hanya tinggal mau konsisten atau tidak bagi yang ingin mempraktekkannya. Dari beberapa survei penulis memang ricecooker tidak harus ganti baru ketika Anda mengalami nasi cepat bau/basi. Trik singkat ini meliputi sikap pada beras yang akan di masak, alat listrik yang berangkutan dan juga waktu proses penghangatan nasi di dalam ricecooker.

Sebagian orang terasa menjengkelkan misalnya pagi hari sudah diburu waktu ke kantor mau makan nasinya bau. Ini memang menyebalkan. Selain selera makan hilang waktu terpotong gara-gara tidak jadi makan sarapan. Cara mengatasi nasi bau di ricecooker sederhana dan butuh konsistensi agar alat Anda masih bisa dipakai dan nasi Anda dijamin enak dimakan.

Cara Atasi Nasi Bau di Ricecooker Tips Mudah Membuat Makanan Awet

Magic Com atau magic jar atar ricecooker dikenal luas diseluruh dunia saat era listrik sudah terpakai umumnya. Alat-alat listrik yang bisa mengubah energi listri menjadi energi panas sehingga awalnya beras menjadi nasi yang siap untuk di lahab.

Sebagai gambaran awal masalah yang timbul dari nasi cepat bauk di dalam ricecooker adalah ketika posisi nasi dalam keadaan dihangatkan. Jadi setelah dimasak maka nasi masih bertahan di dalam magic com dalam kurun waktu lebih dari 24 jam. Kadang ada yang menyimpannya sampai 48 jam (2 hari). Untuk alat ricecooker baru memang tidak menjadi masalah tetapi untuk alat yang sudah lama (>5 tahun) akan membuat nasi cepat bau atau basi.

Seperti yang ada dilapangan biasanya yang sering terjadi dari penelisikan redaksi adalah belum 12 jam berjalan kondisi nasi sudah bau. Padahal saat alat baru, pemakaian bida dipakai 24 jam lebih nasi dalam rice cooker tidak menjadi masalah. Misalnya pagi Anda masak dan sorenya sudah berubah warna dan baunya.

Efek perubahan bau, warna, tingkat basi nasi yang ada di rice cooker memang harus segera ditangani. Istilah lainnya meminimalisir tingkat kemubaziran alias boros.

Berikut cara atasi nasi bau di ricecooker:

1. Lakukan pengecekan alat dibagian dalam

Di dalam alat ada satu elemen yang membuat magic com bisa menanak nasi dengan suhu besar. Ini mirip seterika dimana dayanya sangat besar dan tak jarang kapasitas rumah kecil cering anjlok karena tidak mampu memenuhi beban. Alat pemanas di dalam ricecooker sering disebut sebagai heater. Alat ini berbentuk piringan di bawah panci ricerooker sebagai wadah berasnya. Dalam kondisi dingin ketika Anda tekan ada p’er yang bisa kembali ke atas.

Bila pemanas berfungsi baik maka sekitar 3-5 menit sudah mengeluarkan bunyi air yang mendidih. Biasanya saat menit ke-10 uap nasi sudah keluar. Ini berati alat dalam kondisi baik.

Bila Anda tidak ingin repot undang tim teknisi atau tukang servis ke rumah untuk mengeceknya termasuk kondisi koneksi listrik dari rumah utama.

2. Pengecekan kerak nasi dalam alas panci ricecooker dan pastikan beras dalam kondisi bagus

Biasanya ada kemungkinan tidak bersihnya alat panci masaknya sehingga ketika di tumpuk terus dengan pengolahan yang baru akan menjadi kerak nasi. Baiknya kerak ini di bersihkan dengan merendam atau memasukkan air sampai penuh di panci ini. Panci ini ada yang terbuat dari stainlessteel, alumunium, dan alumunium dilapis teflon.

Hati-hati saat membersihkan terutama yang berlapis teplon karena bisa terkelupas. Coba rencam dengan air paling tidak 24 jam maka akan mudah dibersihkan hanya dengan tangan, kuku jari, dan sabut lembut saat mencuci.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa kondisi beras yang mau dimasak dalam keadaan baik.

3. Cek lubang penguapan

Biasanya lubang ini ada di sebelah pinggir salah satu sisi penutup ricecooker. Anda bisa membukanya cukup dengan menariknya ke atas. Bila di situ ada tumpukan nasi yang sudah mengering segra bersihkan. Sedangkan bila tersumbat, tusuk dengan stik bambu atau plastik agar tidak merusak alatnya.

Lakukan dengan hati-hati karena biasanya ada karet bening tipis sebagai penjaga kedap udara luar.

4. Cek kelistrikan rumah

Ini memang tidak semua ahli dalam melakukan pengecekan. Ada alat yang namanya AVO meter yang bila Anda bisa menggunakan bisa mengecek voltase listrik rumah apakah stabil atau tidak.

Bila bingun silakan undang tukang listrik untuk melakukan pengecekan.

5. Mengawetkan nasi tidak lebih dari 12 jam

Cara ini sangat jitu bila memang alat Anda sudah usang/ tua, dan cara nomor 1 hingga 4 sudah Anda lakukan tetapi tetap saja nasi gampang bau dan berubah warna.

Ini bisa jadi karena otomatis heaternya dalam menjaga suhu nasi setelah dimasak tidak stabil. Maka langkah paling jitu adalah melepas stok kontak rice cooker tidak lebih dari dua belas jam (12 jam).

Cara Atasi Nasi Bau di Ricecooker. Saking simpel dan gampag tips di atas sebagian orang tidak sabaran akhirnya alat lama ia masukkan gudang dan jadi rosok untuk diganti dengan alat yang baru.

Baca Juga:

Semoga cara atasi nasi bau di ricecooker di atas bisa membantu Anda dalam menjaga kualitas gizi dalam rumah tangga. Like dan share dari Anda adalah dukungan nyata agar laman ManfaatCaranya.com selalu menjadi situs unggulan.


nasi bau