11 Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Bronkitis Kronis

Cara Mengatasi Bronkitis Kronis Dengan Mudah Picture

Bronkitis kronis merupakan peradangan yang terjadi didalam saluran bronkus dalam paru-paru. Bronkitis kronis biasanya berlangsung sangat lama dan melalui tahapan awal yang jarang diketahui. Karena keluhannya hamper menyerupai batuk berdahak.

Bronkitis

Penyakit bronchitis yang bersifat ringan bisa sembuh dengan sempurna. Namun bagi penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya jantung, paru-paru) bronchitis bisa menjadi penyakit yang serius. Tetapi bila anda jeli dalam menyikapinya maka penyakit bronchitis akan mudah terdeteksi pada awal dan akan mempemudah proses penyembuhan.

Penyebab Bronkitis

Banyak penyebab yang bisa memicu timbulnya penyakit bronchitis. Bronkitis infeksiosa disebabkan oleh virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumoniae dan Chlamydia). Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru dan saluran pernapasan menahun. Infeksi berulang bisa diakibatkan oleh:

  • Sinusitis kronis
  • Bronkiektasis
  • Alergi
  • Pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak.

Bronkitis iritatif bisa disebabkan oleh:

  • Berbagai jenis debu
  • Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin
  • Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida
  • Tembakau dan rokok lainnya.
  • Polutan yang mengandung polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs), seperti asap knalpot dan asap pembakaran sampah

Gejala Bronkitis

Gejala awal yang biasa dirasakan oleh penderita bronchitis memang menyerupai bapil biasa namun yang membedakan adalah warna dahak yang dihasilkan. Berikut beberapa gejala bronchitis yang bisa anda waspadai.

  • batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan)
  • sesak napas ketika melakukan olahraga atau aktivitas ringan
  • sering menderita infeksi pernapasan (misalnya flu)
  • bengek
  • lelah
  • pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan
  • wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan
  • pipi tampak kemerahan
  • sakit kepala
  • gangguan penglihatan.

Cara Mengatasi Bronkitis

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut diatas ada beberapa cara. Baik secara alami maupun dengan menggunakan obat-obatan dari dokter. Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan paru-paru dari bronchitis dan terbukti sangat ampuh diantaranya kacang-kacangan, brokoli, the hijau, kunyit dan masih banyak lagi. Berikut akan kita paparkan cara mengatasi bronkitis dengan mudah dan cepat.

Baca Juga:

1. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko bronkitis kronis adalah merokok. Sekitar 9 dari 10 orang yang terkena bronkitis kronis adalah mereka yang biasa terpapar oleh asap rokok atau perokok. Bila perokok mengalami batuk yang berlangsung lama (kronis), bisa jadi itu merupakan pertanda paru-paru mengalami kerusakan. Yang patut diperhatikan adalah kerusakan yang terjadi kemungkinan tidak bisa disembuhkan sepenuhnya.

2. Berolahraga Secara Teratur

Keuntungan melakukan olahraga secara teratur adalah memperkuat otot-otot yang dapat membantu proses pernapasan. Jika ingin melakukan olahraga khusus untuk memperbaiki kualitas paru-paru, maka program rehabilitasi paru bisa menjadi pilihan. Latihan ini melibatkan fisioterapis. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai program ini, konsultasikan kepada dokter atau ke rumah sakit.

3. Menjaga Kelembapan Ruangan

Penderita bronkitis kronis sering mengalami sesak napas, maka jadikan suhu ruangan rumah lebih nyaman. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan pelembap ruangan atau humidifier, terutama di kamar tidur. Pastikan juga mesin pelembap ruangan yang digunakan selalu dibersihkan secara rutin.

4. Mengupayakan Waktu Yang Cukup Untuk Istirahat

Penderita bronkitis kronis pada dasarnya membutuhkan lebih banyak tenaga untuk bernapas. Bahkan dapat menghabiskan energi 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan orang yang memiliki paru-paru sehat. Untuk itu, perlu mencukupi istirahat, agar tetap sehat, bertenaga, dan terhindar dari kelelahan.

5. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kelebihan berat badan bisa membuat seseorang kesulitan bergerak, kesulitan berolahraga, dan sesak napas. Khusus untuk penderita bronkitis kronis, badan yang terlalu kurus juga tidak baik. Miliki berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, daging rendah lemak, ikan, ayam, produk olahan susu, dan berolahraga secara teratur.

6. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang dipercaya mampu membersihkan paru-paru. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat anti inflamasi yang mampu melawan infeksi dan peradangan. Oleh karena itu, bawang putih bisa menurunkan risiko penyakit bronkitis.

Selain itu, bawang putih juga dapat membantu meredakan gejala asma dan mengurangi risiko terkena penyakit paru-paru. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengonsumsi bawang putih secara teratur agar mendapatkan hasil yang optimal.

7. Teh Hijau

Cara mengatasi bronkitis secara alami berikutnya dengan mengonsumsi teh hijau. Pasalnya teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting dalam membersihkan peradangan paru-paru.

Tidak hanya itu, teh hijau juga dinilai efektif dalam menjaga jaringan paru-paru dari dampak bahaya polusi udara. Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengonsumsi teh hijau secara teratur didampingi dengan menjaga pola hidup sehat.

8. Buah Apel

Tidak hanya menggunakan teh hijau, buah apel juga dipercaya mampu mengatasi gejala bronkitis. Beberapa kandungan yang terdapat pada apel dipercaya efektif untuk membersihkan paru-paru.

Buah apel memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem pernapasan. Di samping itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

9. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur juga dapat berfungsi efektif dalam membantu mengatasi beberapa jenis penyakit paru-paru, termasuk bronkitis. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung kadar hemoglobin yang mampu menyebarkan oksigen secara optimal. Sehingga hal ini mampu membersihkan paru-paru dan mencegah datangnya berbagai macam penyakit.

10. Kunyit

Masyarakat Indonesia sering menjadikan kunyit sebagai bahan dasar pembuatan jamu tradisional. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan pada kunyit dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh, salah satunya mengatasi bronkitis.

Dilansir dari laman Healthline, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki efek anti inflamasi. Sehingga senyawa ini berperan penting dalam membantu meredakan peradangan dalam saluran pernapasan yang disebabkan karena penyakit asma.

Mengonsumsi ekstrak kunyit secara rutin dan teratur dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah berbagai penyakit kronis lainnya.

11. Brokoli

Salah satu sayuran yang dapat mengatasi bronkitis secara alami ialah mengonsumsi brokoli. Beberapa kandungan yang terdapat brokoli dipercaya mampu membersihkan paru-paru.

Melansir dari laman Healthline, brokoli memiliki kandungan vitamin C, fitokimia dan folat yang dapat mencegah kerusakan paru-paru. Selain itu. Brokoli juga mengandung senyawa aktif bernama L- sulforaphane yang mampu memberi efek anti inflamasi dan dapat menjaga kesehatan pernapasan.

Simak Juga:

Biasakan untuk tetap hidup sehat , mengkonsumsi makanan sehat, olah raga teratur agar berbagai penyakit tidak datang menjangkiti tubuh kita. Stop kebiasaan merokok, karena asap rokok mampu menempel pada baju dan secara tidak sengaja akan terhirup. Hal tersebut sangat disayangkan bagi anda yang memiliki balita dan anak-anak. Semoga ulasan diatas bermanfaat.